KEBIJAKAN PRIVASI

Data pribadi Anda penting bagi PT Mandiri Utama Finance ("Kami"), dan Kami ingin memastikan Anda mengetahui cara Kami menggunakan dan melindunginya. Kebijakan Privasi ini merupakan standar yang diterapkan oleh Kami dalam melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pemrosesan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan Undang - Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang “Pelindungan Data Pribadi” dan Peraturan Lainnya yang mengatur tentang Pelindungan Data Pribadi.

  1. Legalitas dari Pemrosesan Data Pribadi
    Kami didirikan pada tanggal 21 Januari 2015 dan mulai beroperasi penuh pada tahun 2016 sebagai anak perusahaan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kami telah berizin dan diawasi oleh Regulator yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang dimana sudah tercantum dalam Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-81/D.05/2015 perihal “Izin Pembiayaan Konvensional” dan Nomor KEP-36/NB.223/2018 perihal “Izin Pembiayaan Syariah”.

    Visi
    Kami adalah “To be the Most Reputable Company in Offering Innovative Financing Solutions and Enabling Value Creation for Our Ecosystem Through Digitalization”.

    Misi Kami adalah “Brings Tomorrow Today”.
  2. Dasar Hukum Pemrosesan (Lawfull Basis Processing)
    Kami melaksanakan Pemrosesan Data Pribadi, apabila telah memenuhi salah satu Dasar Pemrosesan Data Pribadi yang telah ditentukan pada Undang – Undang No 27 Tahun 2022, yaitu sebagai berikut:
    1. Telah mendapatkan persetujuan dari Anda secara sah dan explisit untuk diproses sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.
    2. Pelaksanaan kewajiban atas perjanjian yang telah disepakati antara Kami dan Anda.
    3. Dalam rangka untuk melaksanakan perintah dari otoritas/lembaga/instansi pemerintah yang berwenang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Apa Saja Data Pribadi Anda yang Kami proses?
    1. Umum
      1. Nama lengkap;
      2. Jenis kelamin;
      3. Kewarganegaraan;
      4. Status perkawinan;
      5. Alamat;
      6. Tempat dan tanggal lahir;
      7. Nama gadis ibu kandung;
      8. Pekerjaan; dan
      9. Data pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang, seperti nomor telepon seluler dan IP Address;
    2. Spesifik
      1. Data biometrik yang memungkinkan identifikasi unik terhadap individu, seperti gambar wajah;
      2. Data keuangan pribadi, dan
      3. Data lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  4. Pada Saat Kapan Kami memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi?
    Kami memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi Anda pada saat:
    1. Mendaftar dan/atau membuka Layanan Kami melalui Sistem Elektronik dan/atau Form Aplikasi Pengajuan Pembiayaan yang Kami sediakan;
    2. Dilakukannya proses identifikasi dan verifikasi atau Know Your Customer (KYC) dalam penggunaan layanan Kami;
    3. Membuat perjanjian, memberikan dokumen, atau memberikan informasi lain sehubungan dengan interaksi Anda dengan Kami;
    4. Berinteraksi dengan Kami, seperti melalui sambungan telepon, surat, pertemuan tatap muka, platform media sosial, dan e-mail;
    5. Menggunakan produk dan/atau Layanan melalui pihak ketiga (termasuk agen, vendor, mitra, dan pihak lainnya) yang bekerjasama dan melakukan tugas atas nama Kami.
    6. Mengakses Aplikasi Kami, baik melalui perangkat seluler maupun perangkat lainnya, maka Kami dapat mengumpulkan informasi tertentu secara otomatis, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, jenis perangkat yang Anda gunakan, ID unik perangkat yang digunakan, alamat Internet Protocol, jenis sistem operasi, jenis penelusuran yang Anda gunakan, pengidentifikasi perangkat unik, dan data diagnostik lainnya. Setiap informasi dan data tersebut di atas dihasilkan dan/atau diberikan kepada Kami selama Anda mengakses Sistem Elektronik dan melakukan aktivitas di dalamnya;
      Contohnya: username Anda yang terdaftar, history pencarian atas produk dan/atau layanan kami, catatan transaksi, maupun jawaban/respone Anda atas pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan untuk proses verifikasi;
    7. Memberikan izin terhadap akses Lokasi termasuk namun tidak terbatas pada data geografis real time, titik koordinat lokasi dan lokasi Wifi;
    8. Menggunaan produk dan/atau Layanan secara lengkap, terdapat beberapa hal lain yang kami butuhkan yaitu dalam Keadaan tertentu, Kami dapat meminta Anda untuk menyerahkan atau memberikan informasi menyangkut Pihak Lain dari Anda untuk tujuan-tujuan yang tidak dilarang oleh peraturan perundang- undangan yang berlaku. Informasi pihak lain sebagaimana dimaksud, termasuk Data Pribadi pihak-pihak yang mewakili Anda, seperti:
      1. Jika Anda merupakan pihak orang perserorangan, maka terdapat data lain yang dibutuhkan seperti namun tidak terbatas pada Data Pribadi pasangan, anggota keluarga, dan/atau kolega Anda;
      2. Jika Anda merupakan pihak berbentuk badan hukum ataupun berbentuk persekutuan perdata lainnya, maka terdapat data lain yang dibutuhkan seperti namun tidak terbatas pada Data Pribadi Direktur, Dewan Komisaris, Karyawan.
  5. Bagaimana Kami Menggunakan Data Pribadi Anda?
    Kami akan memproses Data Pribadi Anda untuk tujuan sebagai berikut :
    1. Menjalankan prinsip Customer Due Diligence (CDD) sesuai ketentuan hukum yang berlaku;
    2. Melakukan verifikasi dan/atau memastikan akurasi, kelengkapan dan konsistensi informasi Data Pribadi yang Anda diberikan untuk keperluan penyediaan layanan, termasuk melakukan proses CDD dan/atau penilaian kredit (credit scoring) apabila diperlukan;
    3. Mengidentifikasi penggunaan Anda atas produk dan/atau layanan-layanan Kami;
    4. Mengkomunikasikan kepada Anda terkait status pengajuan, informasi produk dan/atau layanan lainnya;
    5. Memproses transaksi yang Anda ajukan permohonannya;
    6. Melakukan evaluasi dan pemrosesan atas fitur dan layanan pada Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada Aplikasi pengajuan pembiayaan yang (mungkin) anda ajukan melalui Sistem Elektronik dan/atau Form Aplikasi Pengajuan Pembiayaan;
    7. Mengolah, memproses, menyelesaikan dan menanggapi keluhan, permasalahan, pertanyaan dan saran dari Anda;
    8. Mengembangkan, meningkatkan, dan menyediakan produk dan/atau layanan-layanan;
    9. Administratif internal, seperti pendokumentasian, audit, analisis data, laporan, rekaman-rekaman dalam database;
    10. Pengiriman informasi yang Kami anggap berguna untuk Anda termasuk informasi tentang layanan dari Kami (newsletter) setelah Anda memberikan persetujuan kepada Kami melalui Sistem Elektronik dan Anda tidak keberatan dihubungi mengenai layanan Kami;
    11. Kepatuhan terhadap ketentuan hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (APU-PPT dan PPPSPM);
    12. Kepatuhan dalam fungi pengawasan dan/atau pelaporan kepada Regulator; dan/atau
    13. Tujuan lainnya sepanjang tujuan tersebut tidak dilarang oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menghindari keraguan, Kami akan memberitahu Anda tentang tujuan lain tersebut ketika meminta persetujuan Anda, kecuali jika ditentukan lain oleh Peraturan perundang-undangan.
  6. Transfer Data Kepada Pihak Ketiga

    Kami dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada afiliasi Kami atau pihak ketiga yang bekerjasama dengan Kami. Kami akan senantiasa meminta kepada afiliasi Kami atau pihak lainnya yang bekerja sama dengan Kami untuk menjamin kerahasian data dan memenuhi kewajiban perjanjian kerjasama dalam halnya menjaga kerahasiaan dan keamanan atas Data Pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Pihak ketiga sebagaimana dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada:

    1. Pihak pelaksana proses identifikasi atau verifikasi seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Biro Kredit (PEFINDO) untuk melakukan verifikasi identitas seperti proses KYC (Know Your Customer);
    2. Regulator atau institusi pemerintahan jika disyaratkan atau diperintahkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan
    3. Agen, vendor, mitra, dan pihak lainnya yang memberikan layanan kepada Kami, melakukan tugas atas nama Kami, atau dengan siapa Kami melakukan kerja sama.
  7. Hak Subjek Data Pribadi
    1. Pemenuhan Hak Subjek Data Pribadi
      Anda sebagai penduduk yang tinggal di Indonesia memperoleh hak sebagai Subjek Data Pribadi, sebagai berikut:
      1. Mendapatkan informasi tentang kejelasan identitas, dasar kepentingan hukum, tujuan permintaan dan penggunaan Data Pribadi;
      2. Melengkapi, memperbaharui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakuratan Data Pribadi;
      3. Mendapatkan akses dan memperoleh salinan Data Pribadi;
      4. Mengakhiri pemrosesan, menghapus dan/atau memusnahkan Data Pribadi yang tersimpan dalam sistem penyimpanan Kami sesuai masa rentesi yang telah diatur oleh peraturan perundang – undangan dan/atau pada saat telah berakhirnya perikatan hukum untuk Pihak Ketiga yang telah bekerjasama;
      5. Menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi atas penggunaan produk dan/atau layanan;
      6. Mengajukan keberatan atas tindakan pengambilan keputusan yang hanya didasarkan pada pemrosesan secara otomatis;
      7. Menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proposional;
      8. Menggugat dan menerima ganti rugi atas pelanggaran pemrosesan Data Pribadi;
      9. Mendapatkan dan/atau menggunakan Data Pribadi dari Pengendali Data Pribadi dalam bentuk yang sesuai dengan struktur dan/atau format yang lazim digunakan atau dapat dibaca oleh sistem elektronik; dan
      10. Menggunakan dan mengirimkan Data Pribadi ke Pengendali Data Pribadi yang lainnya.
      Catatan:
      Kami berhak menolak permintaan Anda di atas baik sebagian atau seluruhnya dalam hal:
      1. Terdapat kewajiban dari Subject Data Pribadi yang belum terpenuhi secara seluruhnya;
      2. Permintaan Anda tersebut tidak relevan dengan Data Pribadi yang disimpan oleh Kami, seperti antara lain: jika Anda meminta Data Pribadi atas pihak lain yang mana Anda tidak berwenang atas Data Pribadi tersebut; dan
      3. Kami tidak diperkenanan oleh Otoritas Berwenang dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk melaksanakan permintaan Anda.
    2. Pengecualian Pemenuhan Hak Subjek Data Pribadi
      Pengecualian ini berdasarkan ketentuan yang telah diatur di dalam Undang – Undang No 27 Tahun 2022 tentang “Pelindungan Data Pribadi” pada Pasal 15, disebutkan:
      1. Kepentingan pertahanan dan keamanan nasional;
      2. Kepentingan proses penegakan hukum;
      3. Kepentingan umum dalam rangka penyelenggaraan negara;
      4. Kepentingan pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran dan stabilitas sistem keuangan yang dilakukan dalam rangka penyelenggaraan negara; atau
      5. Kepentingan statistik dan penelitian ilmiah.
  8. Bagaimana Kami Melindungi Data Pribadi Anda?

    Kami akan melindungi dan mengamankan Data Pribadi Anda, baik Data Pribadi Umum maupun Data Pribadi Spesifik yang tersimpan dalam sistem Kami. Pemrosesan Data Pribadi Anda hanya akan dilakukan dengan tata cara yang diizinkan dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang telah disesuaikan dengan ketentuan Pelindungan Data Pribadi. Kami berkomitmen menjaga keamanan Data Pribadi secara maksimal, salah satu caranya adalah dengan membatasi akses ke informasi Data Pribadi hanya kepada Karyawan yang melakukan pemprosesan Data Pribadi sesuai dengan kewenangannya. Hal tersebut menjadi langkah mitigasi dari tindakan Pemrosesan Data Pribadi oleh pihak-pihak yang tidak berwenang dan dari tindakan Pemrosesan Data Pribadi yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Salah satu upaya nyata yang kami lakukan untuk melindungi Data Pribadi Anda yaitu telah tersertifikasi ISO/IEC 27001:2022 Information Security Management dan menerapan Undang – Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang “Pelindungan Data Pribadi” pada seluruh jaringan Kantor.

  9. Retensi Data Pribadi
    Kami menyimpan Data Pribadi Anda selama jangka waktu yang ditentukan oleh Kami untuk tujuan Pemrosesan Data Pribadi dan pemenuhan atas hukum yang berlaku. Kriteria yang digunakan untuk menentukan periode retensi Kami meliputi:
    1. Jangka waktu Kami menjalin hubungan berkelanjutan dengan Anda dan menyediakan produk dan/atau layanan kepada Anda (misalnya, selama Anda tetap menggunakan produk dan/atau Layanan kami);
    2. Terdapat kewajiban hukum yang harus Kami patuhi (misalnya, undang-undang tertentu mengharuskan Kami menyimpan catatan transaksi Anda selama jangka waktu tertentu sebelum Kami dapat menghapusnya); atau
    3. Retensi disarankan mengingat posisi hukum Kami (misalnya sehubungan dengan litigasi, investigasi dan/atau putusan pengadilan).
  10. Bagaimana Anda Dapat Menghubungi Kami?
    Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau Anda ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi Anda, silahkan hubungi:
    1. Telephone       : 1500824
    2. Whatsapp       : 082111824010
    3. Email               : mufcare@muf.co.id
  11. Ketentuan Lain-lain

    Kami senantiasa berkomitmen untuk menjaga keamanan dan privasi informasi Anda. Oleh karena itu, Kami akan melakukan pembaharuan Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan pelaksanaan Kami dalam pemrosesan Data Pribadi serta sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

     

< Kembali