NEWS

All New Mazda 3 Hatchback, Penantang di Kelas Premium

All New Mazda 3 Hatchback, Penantang di Kelas Premium All New Mazda 3 Hatchback, Penantang di Kelas Premium

PT EMI merilis All New Mazda 3 Hatchback pada Juli 2019. Mobil ini melengkapi line up premium Mazda sekaligus jadi penantang serius di segmen hatchback.

Pada pertengahan 2022 Mazda 3 sempat mendapat pembaruan minor. Tampilan terlihat semakin clean dan sporty, sementara fitur interiornya sangat lengkap.

Mesinnya masih sama dengan generasi 2019, yang mana juga digunakan di All New Mazda 3 Sedan.

Penasaran bagaimana spesifikasi, performa dan desainnya? Langsung saja simak Mazda 3 Hatchback review berikut ini.

Spesifikasi

Saat ini cuma tersedia satu varian untuk masing-masing All New Mazda 3, yaitu transmisi otomatis enam percepatan.

Untuk mesin, baik hatchback maupun sedan, menggunakan SKYACTIV-G 2.0L berpenggerak roda depan. Akan tetapi, justru terjadi sedikit penurunan di sini.

Dari generasi sebelumnya, Mazda tampaknya mencoba mengefisienkan mesin dengan cara mengurangi output kekuatan maksimal.

Hasilnya, power yang dapat dikeluarkan mentok di 155 PS dan torsi puncaknya 200 Nm.

Menurut Mazda penurunan tenaga mesin bertujuan mengurangi emisi sehingga memenuhi persyaratan masuk ke negara tertentu.

Spesifikasi

All New Mazda 3

Tipe Mesin

SKYACTIV-G

Isi Silinder (cc)

1.998

Daya Maksimum (PS/rpm)

155/6.000

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

200/4.000

Performa

Secara umum perubahan pada mesin tidak terlalu berpengaruh pada performa. Mesin Mazda 3 terbaru justru membuatnya lebih irit.

Dari segi kecepatan hanya terpaut sedikit dari generasi terdahulu. Ini sudah dibuktikan dalam uji akselerasi 0-100 km/jam dengan hasil 9,9 detik.

Dibandingkan mesin Mazda 3 yang masih 165 PS, bedanya cuma 0,2 detik. Sebenarnya itu cukup impresif karena mobil ini tidak menggunakan mesin turbo.

Selanjutnya, konsumsi bahan bakarnya terbukti tidak boros. Untuk rute dalam kota mencapai 12,3 km/liter (kecepatan rata-rata 22 km/jam). Sedangkan perjalanan di tol bisa sampai 19,8 km/liter.

Ditambah lagi sasisnya sangat mendukung pengendalian Anda terutama saat memacunya dengan kecepatan tinggi.

Performa

All New Mazda 3

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

9,9

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

12,3

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

19,8

Kapasitas tangki (liter)

51

Eksterior

Mazda 3 Hatchback 2022 menawarkan enam pilihan warna.

Eksteriornya tidak terlalu jauh berbeda dari versi 2019, yang mana masih mempertahankan KODO next generation.

Bagian depan Mazda 3 terlihat agresif dengan grill lebar dan bentuk lampu yang sipit. Headlamp-nya sudah LED projie, support DRL serta auto leveling.

Tidak ada foglamp, melainkan hanya aksen hitam memanjang di bawah grill. Selebihnya, tampilan depan Mazda 3 sangat clear.

Dari sisi samping, kaca belakang terasa agak kecil karena pilar C-nya yang kebesaran. Bagaimanapun, katanya ini menambah kesan sporty.

Kemudian pada velg, Mazda menggunakan alumunium Alloy berwarna dark silver berukuran 18 inci.

Di bagian belakang terdapat dua buah knalpot. Desainnya yang padat berguna untuk mendukung kelincahan mobil dalam kecepatan tinggi.

Sebagai tambahan, ada pula sunroof elektrik seperti di mobil-mobil premium.

Eksterior

All New Mazda 3

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4,460 x 1.435 x 2.725

Ground Clearance (mm)

140

Jarak Poros Roda (mm)

2.725

Interior

Mazda 3 Hatchback interior berkapasitas lima orang. Namun, rasa-rasanya lebih nyaman menampung empat orang saja terutama jika menempuh perjalanan jauh.

Mazda menggunakan bahan semi kulit dan soft touch yang cukup tebal untuk interiornya. Saat di dalam kabin, rasanya mirip seperti masuk mobil A-Class.

Posisi duduknya memang cenderung rendah, tetapi semua dapat diatur secara elektrik maupun manual. Termasuk setirnya yang sudah telescopic.

Semua fitur pendukung kenyamanannya mudah dijangkau. Tombol kontrol tidak jauh-jauh dari setir sehingga tidak mengganggu fokus pengemudi.

Kemudian sistem hiburannya juga canggih dan modern. Terdapat layar 8,8 inci yang dapat terintegrasi ke HP, serta sistem audio dengan delapan speaker.

Terakhir, konfigurasi kursi belakangnya sudah sangat pas sehingga bagasinya punya ruang yang luas pada saat pintu ditutup.

Fitur Keamanan

All New Mazda 3 memiliki fitur keselamatan canggih dan menyeluruh. Mulai dari yang paling mendasar seperti ABS, EBD, BA, airbag, hingga satu set fitur keselamatan bernama i-Activsense.

i-Activsense terdiri dari beberapa fitur untuk melindungi penumpang serta meminimalkan dampak jika terjadi kecelakaan.”

Di dalam i-Activsense antara lain termasuk monitor titik buta, peringatan untuk pengemudi mengantuk, LDWS, dan LAS. Dua fitur terakhir berguna ketika melaju di jalan tol.

Selain itu support keamanannya juga sangat baik. Mobil ini sudah dilengkapi penguncian otomatis dan alarm pencurian.

Harga

Saat pertama kali hadir pada 2019, All New Mazda 3 dibanderol Rp490 jutaan. Sedangkan Mazda 3 Hatchback bekas saat ini harganya di kisaran Rp430 jutaan.

Setelah pembaruan tahun 2022, ada kenaikan harga cukup tinggi. Harga Mazda 3 Hatchback 2022 sekarang kisaran Rp523 jutaan untuk OTR Jakarta.

Jika Anda ingin memilih tiga warna eksklusif metallic, harganya tambah Rp4 juta. Mazda juga menawarkan personalisasi dengan menambah aksesori tertentu.

Jika Anda tertarik dengan Mazda 3 Hatchback, segera ajukan kredit di MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan cicilan ringan dan berbagai promo menarik.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Mazda yang disajikan MOAS.

< Kembali