NEWS

All New Nissan Leaf, Kelas Dunia yang Hadir di Indonesia

All New Nissan Leaf, Kelas Dunia yang Hadir di Indonesia All New Nissan Leaf, Kelas Dunia yang Hadir di Indonesia

Mengusung tagline “World Class Electric Vehicle”, All New Nissan Leaf menjelma sebagai kendaraan listrik dengan kualitas kelas dunia.

Setelah terjual hingga lebih dari 500 ribu unit di 59 negara, kini mobil listrik asal Jepang ini bisa Anda miliki di Indonesia.

Lalu, bagaimana spesifikasi, fitur, dan kelebihan hatchback keluaran Nissan ini?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Turun di segmen mobil hatchback, Nissan Leaf mengandalkan mesin EM57 AC3 Synchronous yang memiliki daya maksimum hingga 150 PS. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 320 Nm.

Spesifikasi

Nissan Leaf

Tipe Mesin

AC3 Synchronous Motor

Daya Maksimum

150 PS

Torsi Maksimum

320 Nm

Transmisi

Single Speed Reduction Gear

Spesifikasi tersebut mendapat dukungan tenaga dari baterai lithium-ion 40 kWh. Ini memungkinkan Anda untuk mengendarainya hingga 300 km sebelum harus melakukan pengisian ulang.

Teknisi Nissan mengembangkan sendiri baterai tersebut sehingga berani memberikan garansi hingga 8 tahun atau 160.000 km. Untuk pengisian ulang, Anda bisa menggunakan 3 mode pengisian dengan fast charging 90 menit untuk daya 50 kW.

Performa

Mobil listrik terkenal dengan tarikan mesin yang responsif sejak kecepatan rendah. Hal ini berlaku juga untuk Nissan Leaf 2022.

Akselerasi Nissan Leaf Indonesia untuk kecepatan 0-100 km/jam mampu menembus angka 7,9 detik. Ini jauh mengungguli kebanyakan mobil hatchback bermesin fosil yang rerata butuh lebih dari 10 detik untuk mencapai kecepatan yang sama.

Performa

Nissan Leaf

Akselerasi 0-100 km/jam

7,9 detik

Konsumsi listrik

7,7 km/kWh

Kapasitas baterai

40 kWh

Tak hanya performa, handling Leaf pun terasa stabil dan responsif dengan traksi yang kuat. Untuk pengalaman mengemudi yang maksimal, lebih baik jangan gunakan mode ECO, kecuali Anda ingin menghemat daya baterai.

Meski demikian, sebenarnya konsumsi energi mobil ini tergolong irit dan hemat.

Anggap biaya charge listriknya Rp 2.000/kWh. Maka, untuk mengisi penuh baterai Leaf sebesar 40 kWh perlu biaya Rp 80.000. Ini bisa untuk menempuh jarak hingga 300 km.

Bandingkan dengan mobil hatchback di kelas yang sama dengan konsumsi BBM 20 km/liter. Maka butuh 15 liter untuk jarak 300 km. Jika 1 liter BBM = Rp 12.500, maka butuh biaya sebesar Rp 187.500 untuk menempuh jarak yang sama.

Hematnya lebih dari 2x lipat dan tanpa emisi!

Desain Eksterior

Dari segi desain, eksterior Nissan Leaf terlihat simpel dengan kontur bodi yang aerodinamis.

Bagian depan mengusung V-Shape closed grill dengan headlight LED DRL yang menyipit khas mobil listrik.

Sementara itu, rear lamp mengambil bentuk bumerang dengan aksen Leaf dan Zero Emission pada pintu yang mencirikan mobil listrik Nissan.

Desain Interior

Meski eksteriornya terlihat biasa, namun interior Nissan Leaf terbilang impresif.

Dashboardnya terlihat canggih dan elegan dengan digital cokcpit yang futuristik. Kemudinya juga sudah mengadopsi bentuk D-shape yang memberikan ruang lebih nyaman bagi pengemudi.

Bagian kabin tergolong cukup lapang untuk ukuran sebuah mobil hatchback. Ukuran bagasinya bahkan mencapai 435 liter.

Dimensi

Nissan Leaf

P x L x T

4.480 x 1.790 x 1.540 mm

Ground Clearance

150 mm

Jarak Poros Roda

2.700 mm

Bagasi

435 liter

Tempat duduk Leaf terlihat mewah dengan sentuhan black leather. Bagian belakang mengadopsi desain 60/40 dan bisa dilipat untuk menyediakan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Fitur Keamanan

Nissan Leaf sudah mengadopsi fitur keamanan aktif standar seperti ABS+EBD+BA serta Hill Assist. Selain itu, ada juga fitur Trace Control yang membantu menjaga kestabilan saat berbelok.

Untuk fitur keamanan pasif, mobil hatchback ini sudah terpasang 6 SRS airbag sebagai pelingung jika terjadi benturan. Unit seatbelt pun sudah mengadopsi teknologi load limiter untuk mengurangi tekanan pada tubuh yang berisiko cedera.

Adapun fitur keamanan advance pada Leaf mencakup 3600 camera, collision warning, dan emergency braking. Sayangnya, Leaf dari Nissan Indonesia belum terdapat fitur cruise control yang umumnya sudah ada pada mobil bensin di rentang harga yang sama.

Walau begitu, ini wajar saja mengingat investasi utama pada teknologi zero emisi dan keawetan komponennya.

Harga

Nissan Leaf memiliki 1 tipe dengan 2 varian warna: one tone dan two tone. Harganya hanya berbeda Rp2 juta saja.

Untuk harga Nissan Leaf 2022, Anda bisa memiliki mobil listrik kelas dunia ini dengan hanya kisaran Rp728 juta untuk varian one tone. Harga All New Nissan Leaf ini tergolong murah karena Nissan memberikan garansi:

  • kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km
  • free service selama 5 tahun atau 70.000 km
  • baterai selama 8 tahun atau 160.000 km

Hubungi asisten kami di WA 0821-11824010 sekarang untuk menjadwalkan test drive dan mencoba sendiri performa All New Nissan Leaf ini. Rasakan performa mobil kelas dunia yang zero emisi ini langsung lewat genggaman Anda.

Jika memesannya melalui MUF Online Autoshow (MOAS), Anda bisa mendapatkan tambahan layanan darurat gratis 24 jam selama 1 tahun. Selain itu, Anda juga bisa memilih kredit Nissan Leaf dengan bunga super rendah, hanya 2,38%.

< Kembali