NEWS

Beda 3 Juta, Pilih Toyota All New Vios vs Honda All New City

Beda 3 Juta, Pilih Toyota All New Vios vs Honda All New City Beda 3 Juta, Pilih Toyota All New Vios vs Honda All New City

Toyota All New Vios vs Honda All New City 2023 kembali meneruskan perseteruan abadinya di kelas sedan 1.5L.

Hanya selisih Rp3 juta tentu membuat Anda mempertimbangkan dengan hati-hati sebelum melakukan pembelian.

Mana kah yang lebih baik dan lebih worth it untuk Anda beli di kelas ini? Sedan garapan Toyota atau Honda? Artikel berikut ini akan memperbandingkan keduanya dari sisi:

  • Spesifikasi mesin dan performa,
  • Keunikan desain eksterior dan interior,
  • Keunggulan fitur kenyamanan dan keselamatan.

Simak review New Honda City vs New Toyota Vios 2023 ini sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi New Honda City vs  New Toyota Vios memiliki tenaga dan torsi yang sedikit lebih besar.

Turun di kelas sedan 1.5L, New Vios 2023 mesti mengakui keunggulan mesin dari rivalnya, New City 2023 tersebut.

Sedan andalan Toyota ini menggunakan mesin yang sama dengan di Avanza, 2NR-VE, 4 silinder, 16 katup, VVT-i.

Di sisi lain, sedan milik Honda ini menggunakan mesin 1.498cc dengan silinder inline. Perbedaan kecil tersebut membuat New City mampu mengungguli New Vios dengan selisih daya 16 PS dan torsi 7 Nm.

Spesifikasi

All New Vios

All New City

Tipe Mesin

2NR-VE, 4 silinder, Dual VVT-i

4 silinder segaris, i-VTEC

Isi Silinder (cc)

1.496

1.498

Daya Maksimum (PS)

105

121

Torsi Maksimum (Nm)

138

145

Performa

Performa mesin New Honda City juga sedikit lebih bagus dari New Toyota Vios dari sisi tenaga. Tapi soal keiritan bahan bakar, kurang lebih setara.

Di atas kertas, New Honda City seharusnya memiliki performa yang sedikit lebih baik. Ternyata, hasil pengujian juga membuktikan hal tersebut.

Pada uji 0-100 km/jam, New City 2023 mampu mencatatkan waktu akselerasi hanya 10,7 detik, sedangkan New Vios 2023 butuh 11,2 detik. Selisihnya hanya 0,5 detik saja.

Pada uji top speed, New City juga mampu mencatatkan kecepatan maksimum hingga 190 km/jam, selisih 20 poin dari New Vios.

Sementara itu, New Vios cukup irit soal bahan bakar. Konsumsi BBM New Vios 2023 hanya 14,8 km/liter, itupun untuk jalur dalam kota. Kalau luar kota, bisa tembus 22 km/liter.

Di sisi lain, konsumsi BBM New Honda City juga tergolong irit dengan catatan konsumsi 15,9 km/liter. Dengan catatan, itu untuk rute campuran.

Performa

All New Vios

All New City

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

11,2

10,7

Kecepatan Maksimum (kpj)

170

190

Konsumsi BBM

14,8-22

15,9

Kapasitas tangki (liter)

40

40

Desain Eksterior

Desain eksterior New Toyota Vios 2023 memberikan tampilan yang lebih segar dari eksterior New Honda City yang terkesan klasik.

Kedua sedan ini sebenarnya memiliki desain eksterior yang sama-sama keren dan gagah. Hanya saja, punya Vios 2023 ini lebih fresh dengan sedikit mengadopsi unsur desain dari Toyota Camry.

Fasad depan Vios  lebih berani dengan kisi angin yang lebih tinggi dan horizontal line yang menyatu dengan grille. Selain itu, velgnya juga lebih besar, pakai R17.

Sementara itu, fasad depan City terlihat klasik dengan horizontal line yang tebal dan headlamp LED yang tajam. Velgnya juga lebih kecil, R16.

Walau begitu, kedua sedan sudah tampak canggih dengan mirror LED turning signal. Hanya saja, Vios tampak lebih unik dengan memisahkan jendela samping terakhir dari pintu sehingga memberikan ilusi kabin lebih panjang dan nyaman.

Padahal, justru secara dimensi, New Honda City 2023 sedikit lebih besar dari New Toyota Vios 2023. Walaupun, untuk wheelbase memang sedikit lebih panjang milik Vios.

Eksterior

All New Vios

All New City

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.410 x 1.740 x 1.480

4.553 x 1.748 x 1.467

Ground Clearance (mm)

160

165

Wheelbase (mm)

2.620

2.600

Desain Interior

New Toyota Vios 2023 menawarkan lebih banyak keunggulan pada desain interiornya, baik dari sisi tampilan, sensasi, maupun fitur.

Dasbor jadi bagian yang selalu menarik perhatian di sisi interior. Untuk hal ini, New Vios 2023 bisa berbangga diri karena tampilan dasbornya yang lebih ramai, elegan, dan canggih.

Head unit bertipe floating dengan layar 9” jelas membuatnya tampak lebih baik dari rivalnya itu. Lebih lagi, sudah tertanam fitur T-intouch. MID-nya sudah digital dengan tampilan semi-analog yang memberikan kesan unik dan canggih.

Di sisi lain, New City 2023 menggunakan head unit tipe tanam 8”. Meski sudah terkoneksi dengan smartphone, tapi terbatas pada fitur pesan, hands free, dan GPS saja. Tampilan MID-nya analog dan terlihat klasik.

Selanjutnya, kabin New Vios juga terkesan lebih elegan dengan sentuhan soft pad dan leather premium di  beberapa tempat. Namun, desain seat depan dengan side bolsters pada New City membuatnya tampak lebih nyaman, meski berbahan fabric.

Untuk fitur kenyamanan, masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

New Vios 2023 memiliki tilt & telescopic steering, electric parking brake, air purifier dan instrumen digital yang canggih. Sementara itu, New City 2023 mengandalkan remote engine start dan pengaturan AC 2nd row yang terpisah sebagai pembeda.

Walau demikian, kedua sedan juga banyak memiliki kesamaan fitur. Contohnya, seperti one push button, read camera view, hingga paddle shift dan cruise control.

Fitur Keselamatan

New Toyota Vios 2023 memiliki safety features yang lebih melimpah dari New Honda City 2023, terutama berkat hadirnya sistem canggih Toyota Safety Sense.

Sebagai sedan kelas new entry, Toyota cukup jor-joran dengan menyematkan fitur ADAS (Advanced Driver Assistance Systems) Toyota Safety Sense (TSS) di New Vios.

Fitur canggih ini termasuk:

  1. Adaptive Cruise Control,
  2. Pre-Collision Warning,
  3. Pre-Collision Braking,
  4. Lane Departure Warning,
  5. Lane Departure Prevention,
  6. Front Departure Alert,
  7. Pedal Misoperation Control,
  8. Automatic High Beam,
  9. Blind Spot Monitoring System, dan
  10. Rear-Cross Traffic Alert.+

Di sisi lain, Honda hanya menyisipkan fitur Multi-angle Rear-view Camera dan Cruise Control yang belum adaptif sebagai fitur lanjutan.

Meski begitu, keduanya sudah memiliki fitur keselamatan standar yang mumpuni, baik aktif maupun pasif. Contohnya seperti 6 SRS airbag, Electronic Brake Control (ABS+EBD+AB), Hill Assist, Stability Control, dan lain-lain.

Rekomendasi dan Harga

Meski berada di rentang harga yang sama, yakni hanya berbeda Rp3 jutaan, hal ini menandakan, bahwa kedua sedan menarget pasar yang berbeda.

Jika Anda lebih menyukai sensasi berkendara dengan kenyamanan lebih, maka All New Honda City mungkin lebih sesuai. Tapi, jika Anda lebih mengutamakan fitur dan kepraktisan, maka memilih All New Toyota Vios jelas tak butuh pertimbangan lagi.

Untuk mengenal masing-masing sedan lebih jauh, Anda bisa melihat review keduanya di bawah ini:

Harga New Honda City 2023 sendiri berada di kisaran Rp373 jutaan. Sedangkan harga New Toyota Vios 2023 dibanderol di kisaran Rp376 jutaan. Keduanya untuk varian tertinggi dan area Jabodetabek. Jadi, bisa berbeda untuk daerah dan varian yang lain.

Setelah menyimak komparasi Toyota All New Vios vs Honda All New City, tentu Anda tak lagi bingung memilih yang mana. Setelah menentukan pilihan, hubungi MUF Online Autoshow (MOAS) untuk mendapatkan penawaran dan promo terbaik bagi Anda.

< Kembali