NEWS

BMW 320i M Sport: Paduan Sempurna Gaya dan Performa

BMW 320i M Sport: Paduan Sempurna Gaya dan Performa BMW 320i M Sport: Paduan Sempurna Gaya dan Performa

Mengusung slogan “Driving the Legend”, BMW 320i M Sport mengizinkan Anda merasakan paduan sempurna gaya, kenyamanan, dan performa tanpa tanding.

Sedan BMW  Seri 3 2024 hanya hadir dalam 2 varian: 320i M Sport, dan 330i M Sport Pro. Spesifikasinya serupa, tapi memiliki sedikit perbedaan pada performa, sentuhan desain, dan sedikit fiturnya.

Artikel kali ini akan mengulas keunggulan BMW 320i M Sport dari sisi spesifikasi, performa, desainnya yang klasik dan timeless, dan fitur-fiturnya yang canggih.

Spesifikasi

Spesifikasi BMW 320i M Sport mengandalkan mesin yang sama pada varian 320i generasi sebelumnya.

Mesin pada 3 varian BMW seri 3 ini sama memiliki kapasitas 1.998cc, 4 silinder, dan 4 katup dan berteknologi TwinPower Turbo. Hasilnya, mesin sedan legendaris ini memiliki power yang di atas rata-rata.

Meski demikian, tenaga dan torsi maksimalnya sedikit berbeda. Tenaga maksimal dan torsi untuk 320i M Sport yaitu 180 hp dan 300 Nm. Adapun untuk varian 330i M Sport Pro, lebih tinggi, yaitu di angka 258 hp dan 400 Nm.

Spesifikasi Mesin

New 320i M Sport

Tipe

TwinPower Turbo, 4 silinder, 4 katup

Isi Silinder (cc)

1.998

Daya Maksimum (hp)

180

Torsi Maksimum (Nm)

300

Transmisi

otomatis 8-percepatan

Semua tipe menggunakan transmisi 8 percepatan steptronic yang dikembangkan sendiri oleh BMW. Transmisi ini membolehkan Anda memilih 3 mode: full auto, manual/sport menggunakan paddle shift, dan sport+.

Mode full auto sangat cocok saat berkendara santai, sedangkan mode manual/sport memberikan Anda pengalaman berkendara yang responsif.

Performa

Sedan BMW Seri 3 ini memiliki performa buas, tapi juga cukup menyenangkan menggunakannya untuk perjalanan santai.

Top speed BMW 320i M Sport mampu mencapai 235 km/jam, termasuk tertinggi di kelas sedan sport mewah. Meski sangat kecil kemungkinan Anda berkendara di kecepatan ini di jalanan Indonesia, tapi ini tentu keunggulan luar biasa.

Selain itu, akselerasinya juga tembus 7,2 detik untuk mencapai 100 km/jam dari posisi berhenti. Bahkan, untuk varian 3301 M Sport Pro bisa tembus di kisaran 5,8 detik dan top speed 250 km/jam. Jadi, tak perlu ada keraguan dari sisi performa.

Meski memiliki performa buas, ternyata mesinnya juga lumayan efisien dan rendah emisi. Konsumsi BBM BMW 320i bisa dapat 12-17 km/liter (rerata 15 km/liter) dengan emisi hanya 147 g CO2 per kilometernya.

Performa

New 320i M Sport

Akselerasi 0-100 km/jam

7,2 detik

Top speed

235 km/jam

Konsumsi BBM

12-17 km/liter

Emisi CO2

147 g/km

Handling-nya juga ringan dan relatif mudah berkat sistem canggih yang mengatur kekuatan mesin dan rem secara sempurna. Apalagi juga sudah memiliki sistem ABS, cornering brake control, dan dynamic control stability.

Desain Eksterior

Eksterior BMW 320i M Sport memiliki desain ikonik yang legendaris dengan fasia depan yang khas.

Wajah depan tetap mengandalkan grill ginjal yang sudah ikonik, khas BMW. Bilah vertikal dan bingkai krom menyambung ke headlight LED adaptif dengan teknologi high beam assistant. Tampak elegan dan fungsional.

Sementara itu, bumper 320i M Sport ini memiliki air intake yang sedikit lebih lebar dari versi 320i. Tapi, patronnya serupa sarang lebah.

Desain bintang ganda sentuhan two tone membuat velg 18” alloy terlihat sporty dan dinamis. Cat metalik dengan shadow line yang tegas dan dinamis menguatkan kesan sedan ini sebagai mobil sport yang cepat dan stabil.

Rear combi lamp di belakang cukup unik. Tapi, bagian menarik justru terlihat dari dual exhaust pipe yang mengapit bumper belakang. Bumpernya bergaya sama dengan yang depan yang terasa agresif.

Tersedia fitur welcome staging, automatic locking/unlocking saat berjalan menjauh/mendekat, dan power tailgate otomatis.

Desain Interior

Interior BMW 320i M Sport mewah dan sporty dengan fitur convenience canggih dan material berkualitas tinggi.

Dasbor berorientasi pada pengemudi dengan live cockpit plus. Display curve and frameless dengan 14.9” wide touch screen menggunakan BMW OS 8, menyatu dengan layar instrumen 12.3”. Nuansanya modern, futuristik, dan canggih.

Apalagi dengan dukungan konektivitas smartphone, BMW voice control, Wi-Fi/bluetooth interface, dan Wi-Fi charging. Konsol tengah juga terlihat modern dengan touch based yang rapi.

Seat bergaya sport dengan lapisan leather premium dari Alcantara/Sensotec yang mewah, lembut, awet (tahan noda dan gesekan). Glass sunroof dengan power elektrik makin menambah kenyamanan.

Fitur convenience lain berupa ambient light, BMW stereo 6 speakers, 3-zone automatic AC dengan rear control terpisah juga siap memanjakan Anda.

Fitur Keselamatan

Sebagai sedan kelas atas, BMW 320i M Sport memiliki fitur keselamatan lengkap, dari tingkat standar hingga paling canggih.

Fitur umumnya ada 8 SRS airbag, seat belt limiter, ISOFIX, serta sistem kontrol rem, traksi, dan stabilitas yang mumpuni.

Untuk fitur lanjutannya, tersedia driving assistant canggih yang bisa “menyetir sendiri”. Termasuk di dalamnya active cruise control yang bisa menjalankan fungsi Stop & Go dan reverse assistant.

Selain itu, ada sensor dan camera view, tire dan driver monitor, lane assist, collision warning dengan braking function dan lainnya. Total ada lebih dari 20 fitur keselamatan dan keamanan pada sedan ini.

Harga

Harga BMW 320i M Sport di Indonesia sekitar Rp1,145 miliar, lebih murah Rp100 jutaan dari varian tertinggi saat ini, 330i M Sport Pro.

Harga tersebut sebanding dengan performa, fitur, dan terutama, prestise mengendarai sedan legendaris ini.

Dapatkan penawaran menarik dengan kredit BMW 320i dari MUF Online Auto Show (MOAS). Mulai dari Rp20 jutaan, Anda bisa menikmati hebatnya pengalaman mengemudi BMW 320i M Sport selamanya.

< Kembali