NEWS

BMW M4 Competition Coupé, Mobil Sport Spek Balap Dua Pintu

BMW M4 Competition Coupé, Mobil Sport Spek Balap Dua Pintu BMW M4 Competition Coupé, Mobil Sport Spek Balap Dua Pintu

BMW M4 Competition Coupé adalah salah satu model terbaru dari seri M yang dikenal sebagai mobil sport berperforma tinggi.

Mobil pabrikan Jerman menawarkan sensasi berkendara ala pembalap dengan mesin yang bertenaga. Desain eksterior dan interior pun super sporty.

Di situsnya, BMW menyoroti empat poin utama pada M4 Competition Coupé, yaitu desain, power train, suspensi, serta output. Seperti apa kinerjanya?

Berikut ulasan singkat tentang BMW M4 Competition 2023 tipe Coupé.

Spesifikasi

M4 Competition Coupé menggunakan mesin TwinPower Turbo 6 silinder segaris berkapasitas 3 liter.

Output yang dihasilkan sangat mengesankan. Pada puncaknya, mesin berkode S58B30T0 ini mampu memuntahkan daya sampai 510 HP dan torsi 650 Nm.

Mesin terbaru di seri M dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan M Steptronic. Fitur Drivelogic-nya memberikan akselerasi yang lebih responsif.

Kemudian untuk sistem penggerak, mobil ini hanya menawarkan pilihan RWD.

Ringkasan spesifikasi BMW M4 Competition Coupé sebagai berikut:

Spesifikasi

M4 Competition Coupé

Tipe Mesin

Twin Turbo 6-silinder

Isi Silinder (cc)

2.993

Daya Maksimum (HP)

510

Torsi Maksimum (Nm)

650

Performa

Selanjutnya, bagaimana performa M4 Competition Coupé yang ditenagai mesin twin turbo? Jawabannya, di atas rata-rata.

Akselerasi BMW M4 Competition 0-100 kpj mencatatkan waktu hanya 3,5-3,9 detik. Sementara itu, kecepatan maksimalnya sampai 250 kpj.

Performa gahar itu diimbangi penggunaan bahan bakar yang relatif hemat. Walaupun, biasanya faktor ini tidak menjadi kekhawatiran bagi pemiliknya.

Konsumsi BBM M4 Competition Coupé yaitu 7,6 km per liter. Jadi untuk melakukan perjalanan sejauh 100 km, kurang lebih Anda membutuhkan 9,6 liter.

Efisiensi tarikan mesin serta efisiensi konsumsi BBM menjadikan M4 Competition Coupé cocok untuk aktivitas sehari-hari maupun di trek balap.

Performa

M4 Competition Coupé

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

3,9

Konsumsi BBM (km/liter)

7,6

Kapasitas tangki (liter)

59

Eksterior

M4 Competition Coupé memang berkapasitas empat tempat duduk, tetapi hanya memiliki dua pintu.

“Istilah Coupé pada nama BMW M4 Coupé artinya mobil dengan dua pintu. Meskipun demikian, setiap pabrikan dapat mendefinisikannya secara berbeda.”

Kesan sporty sangat melekat pada seluruh bodi. Mulai dari bagian depan, BMW menyematkan kidney grille yang ikonik, frameless untuk pertama kalinya.

Headlamp mobil sudah menggunakan teknologi LED adaptif. Terdapat pula fitur BMW Laserlight yang dapat menyesuaikan cahaya sesuai kondisi jalan.

Masih di sisi depan, bumpernya memiliki lubang udara sebagai penyokong aerodinamika mobil.

Namun, area yang paling menarik perhatian yaitu bagian belakang.

Lekukan-lekukannya tampak begitu atletis. Ditambah lagi knalpot mobilnya menggunakan sistem empat saluran berwarna hitam krom dengan suara menggelegar.

“Untuk roda, Anda bisa melakukan kustomisasi saat memesan dengan velg alloy bicolour berukuran 19 inci atau 20 inci.”

Eksterior

M4 Competition Coupé

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.794 x 2.081 x 1.393

Ground Clearance (mm)

120

Jarak Poros Roda (mm)

2.857

Interior

Setelah membahas tampilan luar, mari mengintip ke dalam interior BMW M4 Competition Coupé yang mewah.

Jok depannya adalah M Carbon berbahan kulit premium. Bentuknya ergonomis, dilengkapi penyangga samping agar lebih nyaman saat perjalanan jauh atau balapan.

Sorotan lainnya yaitu deretan fitur canggih yang ada di dasbor. Pertama, Anda akan mendapat layar sentuh 10,25 inci yang terhubung dengan sistem mobil.

Anda bisa mengoperasikannya dengan sentuhan di layar, suara atau gestur tangan. Layar kontrolnya juga sudah support Android Auto dan Apple CarPlay tanpa kabel.

Lalu pada bagian setir, balutan kulit membuatnya semakin elegan dan nyaman digenggam. Di sekitarnya ada banyak tombol-tombol fungsi sekaligus paddle shifters.

Di balik setir, terdapat panel instrumen digital 12,3 inci yang menampilkan informasi mengemudi.

Fitur Keamanan

Fitur keamanan dan keselamatan pasif yang dibawa oleh M4 Competition Coupé terbilang lengkap.

Pertama, airbags tersedia untuk dua kursi depan. Ada pula perlindungan dari samping bagi penumpang.

Selanjutnya, sistem pengeremannya ABS dengan brake assist (BA) dan cornering brake control (CBC).

Jika Anda suka bermanuver, M4 Competition Coupe juga memiliki kontrol stabilitas dinamis (DSC). Sistem ini menjaga stabilitas dan traksi mobil saat Anda menikung.

Kemudian seperti dikatakan di awal, BMW menonjolkan fitur suspensi. Di sini Adaptive M Suspension dapat disesuaikan dengan mode berkendara Anda.

Terakhir, berbagai fitur bantuan berkendara (Driving Assistant) dapat diatur melalui display control yang terkoneksi.

Harga

Harga BMW M4 Competition Coupé yakni Rp2,57 miliar (on-the-road), sedangkan harga off-the-road di dealer sekitar Rp2,2 miliar. Anda akan mendapat  garansi 60 bulan tanpa batas jarak tempuh serta layanan BSI selama lima tahun atau 60.000 km.

Jika Anda tertarik membeli unit BMW M4 Competition Coupé dengan sistem kredit, cek penawaran MOAS (MUF Online Autoshow). Ajukan kredit merek mobil premium dengan sistem Balloon Payment atau Grace Period. Cicilan mulai Rp44,7 jutaan per bulan.

< Kembali