NEWS

BMW Z4 M40i Roadster dengan Desain Ikonik & Teknologi Modern

BMW Z4 M40i Roadster dengan Desain Ikonik & Teknologi Modern BMW Z4 M40i Roadster dengan Desain Ikonik & Teknologi Modern

Pada Maret 2023, lima tahun setelah peluncuran pertamanya, BMW Z4 M40i Roadster mendapat pembaruan. BMW Indonesia meluncurkan mobil ini bersama dengan satu model seri Z4 lainnya.

BMW menunjukkan komitmennya menciptakan mobil mewah yang canggih melalui facelift roadster terbaiknya, Z4 M40i. Yang terbaik dari mobil ini, atap kainnya bisa dilipat secara elektronik.

Di Indonesia tersedia total lima warna yang dapat menjadi pilihan. Secara keseluruhan, desainnya yang ikonik sangat menunjukkan aura sporty khas roadster.

Jika Anda tertarik, kenali lebih jauh jeroannya, performa serta detail tampilan mobil satu ini. Langsung saja simak review BMW Z4 M40i Roadster berikut.

Spesifikasi

Mesin Z4 M0i tidak mengalami perubahan dari versi sebelumnya. BMW masih mempertahankan mesin 3 liter dengan enam silinder yang disusun segaris.

Di sektor dapur pacu, teknologi M Performance TwinPower Turbo menjadi salah satu kelebihan Z4 M40i. Itu membuat mobil ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 387 HP dan torsi maksimal 500 Nm.

“M Performance adalah deretan mobil BMW yang telah disesuaikan teknis dan desainnya oleh divisi motorsport BMW.”

Kemudian, pendistribusian tenaganya menggunakan transmisi otomatis Sport Steptronic delapan percepatan terbaru yang lebih halus. Berikut spesifikasinya:

Spesifikasi

Z4 M40i

Tipe Mesin

3L 6-silinder

Isi Silinder (cc)

2.998

Daya Maksimum (HP)

387

Torsi Maksimum (Nm)

500

Performa

Pada website resminya, BMW menampilkan catatan kinerja mesin dengan teknologi TwinPower Turbo ini.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa akselerasi BMW Z4 M40i Roadster 0-100 kpj rata-rata 4,5 – 4,1 detik saja. Sementara kecepatan maksimumnya sampai dengan 250 kpj. Impresif, bukan?

Di samping itu, mesin bensin pada Z4 M40i sudah berstandar Euro 6d-TEMP. Artinya, emisi yang dihasilkan terbilang rendah sehingga lebih ramah lingkungan.

“BMW menuliskan, Z4 M40i hanya menghasilkan CO2 sebesar 171 gram setiap kilometer.”

Untuk konsumsi bahan bakar sendiri masih tergolong irit. Salah satunya berkat adanya mesin turbo. Anda hanya akan menghabiskan 7,5 liter untuk menempuh perjalanan sekitar 100 km.

Intinya, BMW benar-benar meningkatkan pengalaman berkendara pada versi facelift kali ini.

Performa

Z4 M40i

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

4,5 – 4,1

Konsumsi BBM (km/liter)

13,3

Kapasitas tangki (liter)

52

Eksterior

Setelah performa, sekarang tengok juga tampilan eksterior BMW Z4 M40i Roadster facelift.

Z4 M40i Roadster tampil sporty dengan lekukan-lekukan yang tajam. Grille bagian depannya ikonik, dilengkapi desain headlamp yang agresif.

Tepat di bawah bumper terdapat aksesori untuk meningkatkan aerodinamika. Sementara dari sisi samping, Z4 M40i mempunyai rongga udara pada ban depan untuk lebih mengefisienkan performa.

Di sisi belakang, knalpot ganda bergaya krom gloss semakin mengukuhkan kesan sporty pada mobil ini.

“Meskipun mengusung bahasa desain baru, tapi konsep roadster tetap melekat. Atapnya menggunakan kain kanvas yang dapat dikendalikan secara elektrik.”

Eksterior

Z4 M40i

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.324 x 1.864 x 1.304

Ground Clearance (mm)

114

Jarak Poros Roda (mm)

2.470

Interior

Selanjutnya, BMW Z4 M40i Roadster 2023 membawa beberapa penyegaran di dalam kabin.

Berkapasitas dua tempat duduk, kabinnya sangat nyaman bagi penumpang dan pengendara. Ditambah lagi, kapasitas bagasi kini jauh lebih besar.

Roadster satu ini dilengkapi fitur-fitur canggih seperti media infotainment serta konektivitas ke seluruh sistem mobil.

Berbagai fitur tersebut dapat diatur melalui control display layar sentuh berukuran 10,25 inci. Unitnya sudah menggunakan sistem operasi BMW terbaru.

Selebihnya, terdapat banyak tombol fungsi di area dasbor, setir dan center panel. Di versi facelift juga sudah ada fitur wireless charging.

Untuk desain interior, BMW ingin menonjolkan kursi M Sport, setir berbahan kulit dan sistem suara Kardon Surround Sound System. Pastinya, terasa sangat berkelas.

Fitur Keamanan

Segala macam fitur keamanan yang bersifat opsional bisa Anda atur melalui control display. Di antaranya Lane Departure Warning, Blind Spot Monitor hingga Cross-Traffic Alert.

Penunjang keselamatan lainnya pun cukup lengkap. Misalnya, sistem pengereman sudah didukung Brake Assist. Ada pula Electronic Stability Control untuk menjaga stabilitas.

Cruise Control dengan fungsi Stop & Go juga semakin memudahkan Anda ketika melakukan perjalanan.

“Handling kendaraan lebih friendly karena BMW menggunakan suspensi Adaptive M Sports.”

Terakhir, yang tidak kalah penting yaitu fitur keselamatan airbag untuk pengemudi dan penumpang.

Harga

Harga BMW Z4 M40i Roadster di Indonesia saat ini mulai 1,7 miliar (off-the-road), sedangkan harga on-the-road sekitar 1,9 miliar. Untuk mengetahui harga pasti di daerah Anda masing-masing silakan hubungi dealer terdekat.

Ajukan kredit mobil BMW Z4 M40i Roadster idaman Anda di MOAS (MUF Online Autoshow). Pembelian mobil merek premium seperti BMW bisa menggunakan MUF Premium. Bunga mulai 2.99% dengan opsi skema Smart Payment dan Grace Period.

< Kembali