NEWS

BYD Dolphin, Hatchback Listrik dengan Daya Jelajah Tinggi

BYD Dolphin, Hatchback Listrik dengan Daya Jelajah Tinggi BYD Dolphin, Hatchback Listrik dengan Daya Jelajah Tinggi

BYD Dolphin dirilis di ajang IIMS 2024 sebagai salah satu dari tiga model kendaraan listrik terbaru pabrikan Tiongkok itu.

Dolphin adalah jenis hatchback listrik yang cocok untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan luar kota.

Sebagai pilihan, PT BYD Motor Indonesia mengkonfirmasi hadirnya dua varian Dolphin, yakni Dynamic dan Premium. Perbedaan kedua varian cukup signifikan.

Jadi, supaya tidak salah pilih, silakan baca terlebih dahulu review BYD Dolphin berikut ini.

Spesifikasi

Dolphin Dynamic dan Premium sama-sama menggunakan tipe motor listrik PMSM. Transmisi dan penggerak rodanya pun sama. Dolphin berpenggerak roda depan (FWD) dengan transmisi otomatis single speed.

Perbedaan mencolok keduanya adalah pada kapasitas baterai. Meski kelihatan sepele, tetapi ternyata sangat mempengaruhi performa masing-masing kendaraan.

BYD menyematkan baterai berjenis LFP yang teknologinya mereka kembangkan sendiri. Bedanya, varian Dynamic mendapat baterai 44,9 kWh, sedangkan varian Premium 60 kWh.

Bukan cuma jarak tempuh, perbedaan spesifikasi BYD Dolphin ini juga membuat kinerja motor listriknya terpaut jauh.

Dynamic menawarkan output maksimal 94 HP untuk tenaga dan torsi 180 Nm. Sementara itu, Premium jauh lebih tinggi dengan 201 HP dan torsi 310 Nm.

Spesifikasi

Dolphin Dynamic

Dolphin Premium

Tipe Motor

PMSM

PMSM

Daya Maksimum (HP)

94

201

Torsi Maksimum (Nm)

180

310

Kapasitas Baterai (kWh)

44,9

60,48

Performa

Hal pertama yang paling banyak membuat penasaran adalah range BYD Dolphin. Dengan kapasitas baterai yang berbeda, jarak tempuh kedua varian tentu tidak sama.

Jika menggunakan standar NEDC, Dolphin Dynamic dapat berjalan sejauh 410 km sampai baterainya habis. Sementara itu, varian Premium bisa lebih jauh hingga 490 km.

Dari sini, pertimbangkan kebutuhan Anda, apakah butuh mobil untuk perjalanan dalam kota atau pulang pergi luar kota?

Kemudian untuk akselerasi 0-100 kpj, Premium mampu mencapainya dalam waktu 7 detik saja. Varian Dynamic, di sisi lain, membutuhkan waktu 12,3 detik.

Mengenai pengisian baterai, tersedia opsi charger Type 2 dan CSS 2. Estimasi durasi pengisian kira-kira 15 menit per 100 km.

Perbedaan lainnya adalah suspensi bagian belakang. Premium menggunakan multi-link, sedangkan Dynamic didukung oleh Torsion Beam.

Performa

Dolphin Dynamic

Dolphin Premium

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

12,3

7

Kecepatan Maksimum (kpj)

160

160

Jarak Penggunaan Baterai (km)

340–410

427–490

Eksterior

Selanjutnya, mari bahas desain eksterior BYD Dolphin EV, yang secara umum desainnya sama, kecuali pada bagian kaki-kakinya dan atap.

Perbedaan utamanya adalah velg alloy 17 inci dengan tipe ban 205/50 yang hanya tersedia untuk varian Premium. Dynamic sendiri hanya mendapatkan ban lebih kecil, yaitu 195/60 dan velg berukuran 16 inci.

Untuk bagian atap, Premium dibekali panoramic glass, sedangkan Dynamic tidak.

Bagian depan menampilkan garis bodi yang aerodinamis. Disini, BYD membawa desain gril khas dengan logo mereka di tengahnya. Meskipun tidak berfungsi sebagai intake udara, tetapi ini menjadi identitas visual Dolphin.

Lampu depan LED kristal berbentuk L juga membuat tampilan depan semakin terlihat modern.

Di sisi belakang, Dolphin menampilkan stoplamp memanjang berteknologi LED. Lampu belakang ini terinspirasi dari gerakan lumba-lumba yang dinamis.

Desain eksteriornya mengacu pada konsep “Marine Aesthetics” yang diadopsi sebagai bahasa desain Dolphin.

Secara keseluruhan desain eksterior Dolphin sangat menarik perhatian, penuh inovasi dan modern, mencerminkan sebuah kendaraan listrik masa kini.

Eksterior

Dolphin Dynamic

Dolphin Premium

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.290 x 1.770 x 1.570

Ground Clearance Minimum (mm)

130

Wheelbase (mm)

2.700

Velg (inci)

16

17

Interior

Desain interior BYD Dolphin menawarkan kenyamanan dari berbagai sisi.

Dimulai dari kabin penumpang yang lega dengan ruang kepala dan kaki yang memadai. Alasannya hatchback 5 penumpang ini dibangun di atas e-Platform 3.0, sehingga memberikan lebih banyak ruang berkat wheelbase panjang.

Selanjutnya, baik varian Dynamic maupun Premium memiliki layar sentuh yang bisa berputar berukuran 12,8 inci sebagai pusat kendali utama. Layar ini menyediakan akses mudah ke sistem infotainment maupun navigasi kendaraan.

Dari segi fitur, varian Premium mendapatkan ekstra berupa wireless charger, pengaturan elektrik jok, dan jok berbahan kulit sintetis berkualitas.

Fitur Keamanan

Selain nyaman, penumpang tentunya juga berharap mobil ini juga aman. Jadi, BYD juga menyematkan berbagai fitur keamanan yang mumpuni.

BYD Dolphin indonesia total memiliki 32 fitur pendukung keamanan dan keselamatan. Beberapa fitur paling krusial antara lain airbag dari tiga sisi untuk pengemudi maupun penumpang.

Kemudian ada juga asisten mengemudi yang membantu mencegah terjadinya insiden dalam berbagai situasi, meliputi LCW, RCTA, RCTB, ACC, AEB, BSD, dll.

Fitur

Dolphin Dynamic

Dolphin Premium

Velg Alloy     

Panoramic Glass Roof

 

Wireless Charging

 

Ventilasi Jok Depan

 

Harga

Jadi, apakah Anda merasa Dolphin adalah kendaraan listrik yang sesuai dengan kebutuhan?

Jika tertarik, harga resmi BYD Dolphin OTR Jakarta saat ini mulai Rp425 jutaan untuk tipe Premium.

Sayangnya, belum ada pengumuman terkait harga Dolphin Dynamic di Indonesia. Namun, jika mengacu pada harga di Tiongkok, mungkin akan dibanderol sekitar Rp330 jutaan.

MUF Online Autoshow (MOAS) menyediakan program kredit BYD Dolphin dengan bunga rendah dan angsuran yang fleksibel. Silakan simulasikan kredit Anda untuk mengetahui detailnya lebih lanjut.

< Kembali