NEWS

Chery Omoda 5 GT AWD dan FWD, SUV Crossover Bermesin Turbo

Chery Omoda 5 GT AWD dan FWD, SUV Crossover Bermesin Turbo Chery Omoda 5 GT AWD dan FWD, SUV Crossover Bermesin Turbo

Bulan September 2023 lalu, SUV Chery Omoda 5 GT AWD dan FWD akhirnya resmi dijual oleh PT CSI di pasar otomotif Indonesia.

Seperti yang tertera di namanya, seri GT membawa mesin yang lebih bertenaga daripada Omoda 5 biasa.

Dengan versi non GT menjadi penyumbang penjualan terbanyak, pihak Chery yakin bahwa Omoda 5 GT akan menarik perhatian konsumen.

Status mobilnya sendiri diproduksi di dalam negeri (CKD). Namun, jika Anda bertanya Chery Omoda 5 GT buatan negara mana, ini adalah pabrikan Tiongkok.

Supaya lebih tahu detail SUV futuristik ini, simak review lengkapnya.

Spesifikasi

Omoda 5 GT menawarkan dua pilihan sistem penggerak, yaitu FWD dan AWD. Keduanya menggunakan mesin yang sama.

Ya, sorotan utama spesifikasi Chery Omoda 5 GT yakni mesin 1.600 cc Turbo. Ini lebih besar daripada versi sebelumnya yang cuma berkapasitas 1.500 cc.

Output mesin Omoda 5 GT bisa sampai 197 HP dan torsi 290 Nm di puncaknya. Penggunaan Direct Injection Turbo juga memberikan tenaga ekstra.

Perubahan lainnya terletak pada transmisi, yang mana Chery kini beralih ke DCT 7 percepatan.

Spesifikasi

Omoda 5 GT

Tipe Mesin

1.6L TGDI

Isi Silinder (cc)

1.598

Daya Maksimum (HP)

197

Torsi Maksimum (Nm)

290

Performa

Meskipun agak berbeda, tetapi performa keseluruhan kedua varian Omoda 5 GT sama saja.

Pertama, transmisi otomatis dual-clutch telah meningkatkan percepatan secara signifikan. Hasilnya catatan waktu akselerasi 0-100 kpj cuma 8,8 detik.

Selain itu, mesin yang lebih besar juga mengefisienkan konsumsi bahan bakar. BBM yang dihabiskan untuk rute dalam kota yakni sekitar 12,5 kilometer per liter. Sementara di rute tol, penggunaannya memang agak lebih boros.

Chery sendiri mengklaim rata-rata konsumsi BBM Chery Omoda 5 GT AWD sekitar 14,7 kilometer per liter. Bedanya cuma 3% dengan varian FWD.

Perbedaan utamanya justru ada pada pilihan mode berkendara. Chery Omoda 5 GT FWD punya tiga opsi, sedangkan AWD enam opsi, termasuk off-road.

“Omoda 5 GT FWD lebih cocok untuk jalan aspal perkotaan. Di sisi lain, varian AWD memberikan traksi yang lebih baik di berbagai kondisi medan.”

Soal kenyamanan, Chery juga sudah memperbaiki sistem suspensi mereka dengan suspensi multilink. Jadi, Anda tinggal pilih variannya sesuai kebutuhan.

Performa

Omoda 5 GT AWD

Omoda 5 GT FWD

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

8,8

 

Konsumsi BBM rata-rata (km/liter)

14,7

15,14

Kapasitas Tangki (liter)

51

Eksterior

Omoda 5 GT menyajikan tampilan futuristik dan dinamis. Desain bodi yang lebar memberikan kesan sporty, sementara warnanya mencerminkan gaya kekinian.

Bagian yang membedakan eksterior Chery Omoda 5 GT hanya velg-nya. Omoda 5 GT AWD menggunakan velg 19 inci berwarna hitam doff, sedangkan varian FWD menggunakan velg 18 inci dengan aksen oranye.

Di luar itu, Omoda 5 GT memiliki tampilan luar yang menarik. Grill depannya lebih sederhana tanpa logo Chery, tetapi hanya tulisan Omoda di kap mesin. Motif bintang berlian menambah kesan elegan.

Emblem berwarna orange di bagian depan dan belakang juga menjadi penanda bahwa ini adalah varian GT.

Eksterior

Omoda 5 GT AWD

Omoda 5 FWD

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4400 x 1830 x 1588

Ground Clearance (mm)

220

Wheelbase (mm)

2.630

Velg (inci)

19

18

Interior

Sekarang, mari intip lebih jauh fitur-fitur canggihnya di bagian interior Chery Omoda 5 GT.

Mobil ini memiliki interior mewah yang dominan warna hitam. Namun, ambient light-nya bisa mengubah nuansa kabin sesuai mood.

Aksen rose gold yang konsisten di seluruh bagian juga memberikan sentuhan yang berbeda dibandingkan Omoda 5 1.500 cc.

Fitur-fitur menarik lainnya meliputi sistem audio premium (Sony), wireless charger (AWD), kursi dengan pengatur suhu, dan sunroof.

Jika ingin melakukan penyesuaian fitur, Anda tinggal mengatakan “Hello Chery” kepada layar multimedia 10,25 inci di dasbor. Praktis sekali, bukan?

Fitur Keamanan

Review terakhir, Omoda 5 GT bukan cuma menawarkan performa tinggi, tetapi juga perlindungan maksimal bagi pengemudi dan penumpang.

Dimulai dari fitur terpenting yaitu 6 airbags di sisi depan, samping dan tirai. Chery juga membekali fitur-fitur yang canggih, bahkan Omoda 5 sudah mendapat bintang lima ANCAP pada tahun 2022.

SUV crossover ini dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, EBD, BA. Selain itu, Omoda 5 GT memiliki total 11 fitur ADAS.

“Satu hal yang membedakan varian AWD yaitu Driving Monitoring Status. Fitur ini berfungsi untuk memonitor wajah Anda agar tetap fokus mengemudi.”

Fitur

Omoda 5 GT AWD

Omoda 5 GT FWD

Sony Premium Audio

E-PKB with Auto Hold

Driving Monitoring Status Camera

 

Smartphone Wireless Charger 50W

 

Harga

Dengan segala kelebihannya, harga Chery Omoda 5 GT ternyata tidak sampai Rp500 jutaan. Tipe AWD dijual mulai Rp480 jutaan sebagai tipe termahal, sedangkan FWD hampir Rp450 jutaan.

Bagi Anda yang tertarik memiliki mobil ini, manfaatkan program kredit online MUF Online Autoshow (MOAS) yang menawarkan bunga rendah. Cicilan bulanannya ringan, pengajuan mudah, dan Anda bisa memesan Chery Omoda 5 GT AWD dan FWD dari dealer manapun.

< Kembali