NEWS

Chery Omoda E5, SUV Listrik yang Super Nyaman & Responsif

Chery Omoda E5, SUV Listrik yang Super Nyaman & Responsif Chery Omoda E5, SUV Listrik yang Super Nyaman & Responsif

Indonesia menjadi pasar ASEAN pertama bagi Chery Omoda E5 yang rilis pada awal Februari 2024.

Menarik karena Chery terlebih dahulu mengumumkan SUV listrik ini beberapa hari lebih awal dari gelaran IIMS.

Strategi tersebut tampaknya cukup sukses karena 75% dari total pesanan yang PT CSI terima di IIMS 2024 berasal dari Omoda E5.

Di Indonesia sendiri, Omoda E5 menjadi kendaraan listrik pertama Chery setelah sebelumnya sempat ikut meramaikan pasar hybrid.

Penasaran seperti apa performa dan desainnya? Lanjutkan membaca untuk mengetahui apakah Chery Omoda E5 2024 layak Anda pilih.

Spesifikasi

PT CSI hanya membawa satu varian Omoda E5 ke Indonesia dengan tipe motor listrik PMSM yang ditenagai baterai LFP bermuatan 61 kWh.

Baterainya buatan BYD, sudah mengantongi sertifikat IP68 dan terlindungi oleh penutup dari bagian bawah.

Perlindungan tersebut membuat baterai Omoda E5 sangat tahan banting, seperti diperlihatkan pada sebuah video di acara peluncurannya.

Spesifikasi Chery Omoda E5 barusan secara teknis dapat mendorong mobil ini meraih tenaga hingga 201 HP dan torsi maksimum 340 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan dengan penggerak roda depan (FWD), dibantu oleh transmisi otomatis CVT yang mendukung pengoperasian intuitif.

Sementara itu, sasisnya menggunakan kerangka terbaru khusus mobil listrik keluaran Snapdragon.

Spesifikasi

Omoda E5

Tipe Motor

PMSM

Daya Maksimum (HP)

201

Torsi Maksimum (Nm)

340

Kapasitas Baterai (kWh)

61

Performa

Dalam peluncurannya, Chery langsung menampilkan data performa Omoda E5 agar tidak membuat konsumen penasaran.

Dari keterangan resminya, kinerja Chery Omoda E5 EV terbilang mengesankan. Selain punya akselerasi yang responsif, efisiensi baterainya juga baik.

Pertama-tama, Omoda E5 dapat melaju dari 0 hingga 100 kpj hanya dalam 7,6 detik. SUV ini juga menjanjikan kecepatan yang luar biasa dengan top speed 172 kpj.

Di samping itu, baterai LFP 61 kWh berkontribusi memberikan jangkauan yang luas. Sekali pengisian penuh baru akan habis setelah 430 km (WLTP).

Supaya Anda bisa bepergian jauh tanpa khawatir, sistem pengisian dayanya mendukung fitur fast charging.

Baterai akan terisi 80% dari 30% dengan waktu kurang dari setengah jam. Menurut klaim Chery hanya sekitar 28 menit.

Kabar baik lainnya, Omoda E5 dilengkapi V2L. Fitur ini membuat mobil berfungsi sebagai power bank berjalan untuk alat-alat elektronik Anda.

Performa

Omoda E5

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

7,2

Kecepatan Maksimum (kpj)

172

Jarak Penggunaan Baterai (km)

430-505

Pengisian Baterai 30-80% (menit)

28

Eksterior

Dimensi Omoda E5 memberikan proporsi seimbang, namun tetap elegan. Ground clearance yang tinggi memudahkan mobil melaju di berbagai medan.

Dari segi desain, Omoda E5 masih mempertahankan beberapa elemen desain dari versi non-elektriknya, yakni Omoda 5.

Namun, kali ini lebih kalem, mencirikan tampilan mobil listrik secara umum.

Desain eksteriornya membawa pendekatan modern dan futuristik. Salah satu yang paling menonjol adalah di bagian gril. Omoda E5 menggunakan gril tertutup berdesain “X”.

Dari sisi samping, perbedaan lainnya adalah pada velg. Omoda E5 dibekali velg 18 inci yang sekarang lebih aerodinamis dengan desain lima spoke.

Kemudian, bagian belakang menampilkan kesederhanaan. Tidak ada logo Cherry, tetapi diganti dengan emblem “Omoda E5”. Di area ini, knalpot atau spoiler juga tidak terlihat begitu mencolok.

Sayangnya, warna Chery Omoda E5 baru tersedia satu pilihan di Indonesia, yaitu Aqua Green. Padahal, di pasar global Chery menyediakan tiga varian warna.

Eksterior

Omoda E5

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.424 x 1.830 x 1.588

Ground Clearance Minimum (mm)

131

Wheelbase (mm)

2.630

Velg (inci)

18

Interior

Desain interior Chery Omoda E5 menggabungkan tiga warna dengan material soft-touch bergaya panel kayu. Suasananya terasa mahal meski ini bukan SUV mewah yang harganya Rp1 miliar lebih.

Kabinnya luas, dapat menampung hingga 5 penumpang dengan kursi yang ergonomis untuk kenyamanan maksimal pada saat perjalanan jauh.

Bergeser ke dasbor, Omoda 5 memiliki layar lengkung super besar 24,6 inci sebagai hiburan sekaligus penyedia informasi berkendara. Sistem tersebut diotaki oleh chipset Qualcomm 8155 yang menjamin kinerja lebih cepat.

Selain itu, fitur-fitur canggih lainnya yang menjadi sorotan antara lain:

  • Jok dengan pengaturan suhu
  • Sunroof
  • Audio berkualitas dari Sony
  • Two zone AC
  • Wireless charger 50 Watt

Meskipun compact, mobil ini masih menyisakan ruang yang lega untuk penyimpanan. Kapasitas bagasinya mencapai 483 liter.

Fitur Keamanan

Terakhir, Anda juga perlu mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan.

Chery Omoda E5 Indonesia sudah memiliki fitur ADAS. Di dalamnya terdapat 17 fungsi untuk meningkatkan keselamatan pengguna serta mengurangi risiko kecelakaan.

Di samping itu, Omoda E5 juga memiliki 10 fitur asisten mengemudi standar, termasuk ABS, EBD, ESP, TPMS, sensor parkir, dan banyak lainnya.

Harga

Kesimpulannya, Omoda E5 adalah pilihan SUV listrik yang menarik karena selain performanya baik, fitur-fitur unggulannya juga sangat berguna.

Harga Chery Omoda E5 sendiri saat ini mulai Rp480 jutaan khusus 2.000 pembeli pertama. Saat promo berakhir, harganya akan kembali normal jadi Rp500 jutaan.

Jika Anda mencari promo untuk kredit Chery Omoda E5, jangan ragu untuk mengajukannya di MUF Online Autoshow (MOAS). Nikmati proses cepat, tenor fleksibel, dan cicilan bulanan terjangkau.

< Kembali