NEWS

Chery Tiggo 5X: SUV Desain Klasik Teknologi Modern

Chery Tiggo 5X: SUV Desain Klasik Teknologi Modern Chery Tiggo 5X: SUV Desain Klasik Teknologi Modern

Mengusung slogan “Classic Design, Champions Quality”, Chery Tiggo 5X elegansi sebuah SUV klasik dengan performa dan fitur juara.

Setelah sebelumnya mendapat sambutan yang baik  di kelas premium dengan Tiggo 8 dan 7 Pro, Chery meluaskan pasar di Indonesia dengan Tiggo 5X.

Seperti apa keistimewaan SUV yang membidik pasar dewasa muda urban ini? Simak review Chery Tiggo 5X 2024 dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fitur berikut.

Spesifikasi

Spesifikasi Chery Tiggo 5X mengusung mesin 1.5L dengan aspirasi natural, tanpa teknologi turbo.

Chery Tiggo 5X adalah SUV kompak 5-seat yang berasal dari pabrikan China dan mendapat sambutan hangat di pasar internasional.

Mesinnya yang memiliki kapasitas 1.500cc (naturally aspirated) mampu menyemburkan daya hingga 113 PS dan membangkitkan torsi hingga 138 Nm.

Spesifikasi Mesin

Tiggo 5X

Tipe

1.5L NA

Isi Silinder (cc)

1.496

Daya Maksimum (PS/rpm)

113/6.000

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

138/4.500

Tiggo 5X hadir dalam 2 varian, Classic dan Champion, semuanya menggunakan mesin dan transmisi CVT 8-percepatan yang sama. Bedanya hanya pada tambahan fitur yang tersemat di masing-masing varian.

Tidak ada mode berkendara pada SUV ini. Sebagai gantinya, ada steering mode. Ini adalah fitur yang mengatur beban putaran setir. Mode Comfort untuk putaran nyaman dan mode Sport untuk putaran berat agar gerakan kendaraan lebih stabil.

Performa

Tanpa teknologi Turbocharged, performa Tiggo 5X terbilang standar, cukup untuk commuting di wilayah perkotaan.

Dengan mesin 1.5L, lumrah untuk mengharapkan Tiggo 5X memiliki performa yang impresif. Tapi, hasil pengujian menunjukkan performanya cukup standar.

Akselerasi Chery Tiggo 5X 0-100 km/jam membutuhkan waktu di atas 10 detik. Cukup bagus, tapi kurang impresif. Meski demikian, top speed Tiggo 5X cukup oke dengan mampu tembus 180 km/jam.

Performa

Tiggo 5X

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

>10

Top speed (km/jam)

180

Konsumsi BBM (km/liter)

9-16

Kapasitas tangki (liter)

51

Tak adanya mode berkendara membuat Anda perlu mawas diri terhadap konsumsi BBM. Walau begitu, sebenarnya konsumsi BBM Chery Tiggo 5X tergolong cukup irit, antara 9-16 km/liter, tergantung gaya berkendara.

Untuk handling dan suspensi, terasa cukup nyaman, meski bagi sebagian orang mungkin merasa terlalu empuk.

Eksterior

Eksterior Chery Tiggo 5X mengusung gaya klasik yang elegan.

Wajah depan Tiggo 5X menampilkan gril hexagonal dengan aksen diamond khas Chery, termasuk embem logonya. Desain headlamp-nya juga beraksen diamond, mirip 7 Pro, tapi bentuknya sedikit lebih tinggi.

Di sisi samping, moulding body berwarna hitam glossy dengan aksen warna merah, membuat SUV ini makin sporty. Velg alloy 16” berdesain two tone juga menambah kesan tersebut.

Dimensi

Tiggo 5X

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.318x 1.830 x 1.670

Ground Clearance (mm)

180 mm

Jarak Poros Roda (mm)

2.630

Spoiler 2 warna di bagian belakang juga membuat SUV ini makin seksi. Apalagi jika Anda memilih varian Champion, ada sunroof yang membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Interior

Desain interior Chery Tiggo 5X dirancang memberikan kenyamanan dan kemewahan yang modern.

Kabin Tiggo 5X tergolong luas dan lapang untuk ukuran SUV kompak. Bahkan, masih tersedia 34 kompartemen penyimpanan. Nuansanya pun terasa modern dan sporty berkat sentuhan material premium dan aksen warna merah hitam.

Dasbor terlihat modern dengan panel instrumen full digital dan head unit capacitive touchscreen 10.25” yang mampu terkoneksi dengan Android dan CarPlay. Terdapat fitur 360 Camera View HD pada varian Champion.

Selain tampilan modern, fitur-fitur kenyamanan pada Tiggo 5X juga memanjakan. Di antaranya seperti Intelligent Voice Assistant yang aktif dengan sapaan “Halo Chery”, ambient light multi warna, dan AC dengan filter N95.

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan pada Chery Tiggo 5X sudah sangat mumpuni di kelasnya.

Baik varian Chery Tiggo 5X Classic maupun Champion sama-sama memiliki 6 SRS airbag sebagai pengamanan pasif.

Selain itu, fitur keselamatan standar mobil modern seperti ABS, EBD, BA, HA, hingga Hill Descent Control juga sudah tersedia. Begitu juga dengan kontrol stabilitas. Bahkan, ada juga Brake Override System dan TPMS (Tire Pressure Monitoring).

Sayangnya, untuk fitur ADAS yang terdiri atas 7 fitur penolong pengemudi canggih baru tersedia di varian Champion. Itu pun hitungannya sangat dermawan mengingat fitur ADAS jarang ada pada mobil di bawah harga Rp300 juta.

Harga

Harga Chery Tiggo 5X 2024 mulai dari Rp269 jutaan untuk varian Classic dan Rp299 juta-an untuk varian Champion.

Dengan harga tersebut, Tiggo 5X jelas sangat kompetitif mengingat desainnya yang menarik, interior yang mewah dan modern, serta fitur yang dermawan.

Jangan sampai Anda terlalu lama menunggu. Miliki segera SUV keren ini dengan kredit Tiggo 5X mulai dari hanya Rp5 jutaan per bulan. hanya di MUF Online Auto Show (MOAS).

Nikmati kenyamanan yang juara dengan desain klasik yang elegan dari Chery Tiggo 5X.

< Kembali