Lupakan sejenak desain mobil yang itu-itu saja. Citroën Basalt bisa menjadi opsi menarik dengan perpaduan nyentrik antara SUV dan coupe.
Mobil ini pertama diperkenalkan di Indonesia pada ajang GJAW 2024,[1] tetapi baru resmi dijual di GIIAS 2025.[2] Tersedia opsi One-Tone, Two-Tone, dan Dark Edition.
Unit yang masuk Indonesia sendiri adalah impor dari India.[3] Bedanya, Citroën Indonesia hanya menjual varian mesin turbo.

Mari mulai review Citroën Basalt kali ini dari dapur pacunya. Semua varian Basalt menggendong mesin yang sama, yaitu PureTech Turbo 1.2L.
Konfigurasi 3-silindernya terkenal ringan dan efisien dalam hal konsumsi bahan bakar. Berkat tambahan turbocharger, performanya juga makin mengesankan.
Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 110 PS. Di sisi lain, torsi puncaknya mencapai 205 Nm, yang sudah terasa padat sejak putaran mesin rendah, mulai 1.750 rpm.[4]
Seluruh tenaga tersebut kemudian didistribusikan ke roda depan (FWD) menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan yang responsif.
|
Spesifikasi |
Basalt |
|
Tipe Mesin |
1.2L PureTech Turbo, 3-silinder, 12 katup |
|
Isi Silinder (cc) |
1.199 |
|
Daya Maksimum (PS) |
110 |
|
Torsi Maksimum (Nm) |
205 |

Beberapa data resmi mengenai performa Citroën Basalt Indonesia memang belum rilis. Akan tetapi, model dari India bisa memberi gambaran cukup jelas.
Pertama, torsi besar di putaran bawah membuat mobil ini sangat lincah bermanuver di lalu lintas perkotaan. Akselerasi dari 0-100 kpj berada di rentang 9,95[5] hingga 12 detik saja.[6] Sementara kecepatan puncaknya mampu menyentuh 190 kpj.
Soal efisiensi, Citroën mengklaim Basalt dengan varian mesin 1.2L turbo memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata di angka 18,7 kpl.[7]
Kenyamanan juga menjadi prioritas dengan suspensi MacPherson di depan dan Twist Beam di belakang dengan teknologi advanced comfort suspension.[8]
Kombinasi transmisi otomatis yang halus serta minimnya jeda turbo turut berkontribusi membuat pengalaman berkendara Anda lebih menyenangkan.
|
Performa |
Basalt |
|
Akselerasi 0-100 kpj (detik) |
9,95 - 12 |
|
Top Speed (kpj) |
190 |
|
Konsumsi BBM Rata-Rata (kpl) |
18,7 |
|
Kapasitas tangki (liter) |
45 |

Inilah daya tarik utama Basalt. Desainnya berani, menggabungkan gaya SUV dan coupe yang sangat berbeda.
Secara umum, semua varian punya siluet yang sama. Perbedaannya hanya pada skema warna dan aksen.
Varian Two-Tone hadir dengan atap hitam, sedangkan Citroën Basalt Dark Edition tampil serba hitam dilengkapi aksen dark chrome yang menawan.

Dari depan, Basalt memancarkan terlihat mirip saudaranya, C3 Aircross.[9] Namun, tarikan garis di ujung lampu yang masuk ke dalam membuatnya terlihat lebih modern.
Lampu utamanya juga sudah menggunakan proyektor LED dengan X-Shaped Split DRL premium.
Aksen merah vertikal di depan pada varian Dark Edition memperkuat karakter SUV-nya. Lalu, aksen merah horizontal di belakang merepresentasikan siluet coupe.
Saat melihatnya dari samping, nuansa coupe-nya makin kuat berkat garis atap yang melandai. Sementara di bagian kaki-kakinya, Citroën menyematkan velg 16 inci berdesain diamond cut.

Selanjutnya, pada desain bagian belakang, atapnya landai tanpa mengorbankan ruang kepala penumpang. Lampu 3D Blade Tail Lamps juga memberikan kesan yang futuristik.
Sebagai SUV ala coupe, pintu bagasinya tentu juga menggunakan model liftback yang praktis.

|
Eksterior |
Basalt |
|
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
4.352 x 1.765 x 1.593 |
|
Ground Clearance (mm) |
180 |
|
Wheelbase (mm) |
2.651 |
|
Velg (inci) |
16 |

Saat membuka pintu, lalu duduk di kursi depan, interior Citroën Basalt mungkin terasa familiar, khususnya bagi Anda yang pernah mengemudikan C3 Aircross.
Secara umum, keduanya memang berbagi platform dasar, tetapi Basalt mempunyai sentuhan lebih premium.
Pada varian Dark Edition, interiornya bernuansa serba hitam. Joknya dari kulit sintetis dihiasi jahitan kontras berwarna Lava Red. Selebihnya tidak terlalu berbeda dengan varian standar.[10]
Dasbor berbalut material soft touch. Panel instrumen 7 inci full digital, head unit 10,1 inci layar sentuhnya juga sudah support konektivitas Apple CarPlay serta Android Auto.[11]

Dari segi kenyamanan, Citroën tidak pernah berkompromi. Ruang baris pertama maupun kedua sama-sama terasa lega untuk rata-rata postur orang Indonesia.
Di baris kedua, tersedia pula sandaran tangan, ventilasi AC, hingga dua port USB. Lantainya yang rendah membuat posisi duduk jadi lebih rileks.
Terakhir, dengan kapasitas bagasi 470 liter, Basalt menjadi salah satu SUV coupe paling praktis di kelasnya.

Selain eksterior dan interiornya, tidak ada perbedaan lain antara Dark Edition dengan versi standar. Untuk urusan keselamatan, seluruh varian Citroën Basalt 2025 mendapatkan standar fitur yang sama lengkapnya.
Fitur keselamatan pasif mencakup 6 titik airbag dan ISOFIX. Sementara fitur aktifnya didukung oleh ESP, Hill Hold Assist, ABS, EBD, dan TPMS.
Beberapa fitur pendukung seperti kamera belakang serta pengingat sabuk pengaman di semua kursi juga sudah menjadi standar.
Semua itu membawanya mendapatkan rating bintang empat dari Bharat NCAP (India) pada 2024.[12]
|
Fitur |
One Tone |
Two-Tone |
Dark Edition |
|
Upholstery Kulit Sintetis |
|
|
✓ |
|
Jahitan Merah Lava Red di Interior |
|
|
✓ |
|
ABS, EBD, ESP |
✓ |
✓ |
✓ |
|
Kamera Belakang |
✓ |
✓ |
✓ |
Citroen berhasil membawa konsep SUV coupe, yang biasanya hanya ada di mobil premium, ke segmen harga yang jauh lebih terjangkau.
Ya, harga Citroën Basalt varian standar di Indonesia mulai Rp359 jutaan sampai Rp364 jutaan saja. Sebagai edisi khusus, Dark Edition menjadi varian tertinggi dengan banderol sekitar 370 jutaan.
Secara keseluruhan, mobil ini menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda. Jika Anda mendambakan mobil berdesain unik yang standout di jalanan, Citroën Basalt adalah jawabannya.
Wujudkan keinginan tersebut melalui program kredit Citroën Basalt dari MUF Online Autoshow (MOAS).