NEWS

Citroën E-C4: Hatchback Listrik Modern, Canggih, dan Dinamis

Citroën E-C4: Hatchback Listrik Modern, Canggih, dan Dinamis Citroën E-C4: Hatchback Listrik Modern, Canggih, dan Dinamis

Mengusung slogan “Dare to be 100% Electric”, Citroën E-C4 adalah hatchback elektrik bertenaga baterai yang menawarkan pengalaman tak tertandingi.

Tak hanya soal mesin, desain dan fiturnya juga menawarkan keagungan dan kemewahan khas mobil flagship. Tak heran Citroën dipercaya sebagai brand mobil premium.

Seperti apa keunggulan mobil listrik Citroën besutan pabrikan asal Prancis ini? Simak review Citroën E-C4 2023 dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fitur.

Spesifikasi

Spesifikasi Citroën E-C4 menggunakan motor listrik dengan tenaga 136 daya kuda dan torsi 260 Nm dengan kapasitas baterai 50 kWh.

Tak seperti mobil lain yang memiliki opsi pilihan kapasitas baterai (ex: Wuling Air EV), E-C4 hadir hanya dalam 1 varian baterai berkapasitas 50 kWh.

Dengan kapasitas tersebut, Anda akan bisa menempuh hingga 350 km dengan sekali pengisian 100%. Hal ini berkat adanya rem tambahan regenerative braking yang mengisikan daya kembali ke baterai.

Kapasitas 80% bisa tercapai hanya dalam 30 menit pengisian menggunakan stasiun pengisian umum (20 kW). Untuk pengisian di rumah, Anda bisa menggunakan “wall box” yang mampu mengisi 0 sampai 100% dalam 5 jam.

 

Spesifikasi

E-C4

Tipe mesin

Permanent Synchronous Motor

Penggerak roda

FWD

Daya maksimum

100 kW (136 hp)

Torsi maksimum

260 Nm

Kapasitas baterai

50 kWh

Charging time

40 menit (20 kW)/5 jam (11 kW)

 

Citroën memberikan garansi hingga 8 tahun atau 160.000 km untuk kapasitas baterai 70%. (Maksudnya: setelah 8 tahun atau 160.000 km, kapasitas baterai masih bisa menyimpan minimal 70% dari kapasitasnya di awal).

Performa

Torsi instan motor listrik pada E-C4 memberikan performa yang sangat memuaskan.

Kalau dibandingkan dari sisi daya, motor listrik pada E-C4 setara kira-kira dengan mesin 2.000 cc. Tapi, dari sisi torsi, kira-kira setara dengan mesin bensin 2.500 cc.

Dari sini, terlihat seberapa bertenaganya E-C4. Citroën mengklaim SUV kompak ini mampu mencapai 100 km/jam dalam waktu 9,7 detik.

Lebih lagi, konsumsi listriknya juga irit. Per kWh, Anda bisa menempuh hingga setidaknya 7 km.

 

Performa

E-C4

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

9,7

Konsumsi listrik (km/kWh)

 7

 

Selain itu, satu hal yang unggul dari E-C4 adalah suspensi hidrolik cushion-nya yang empuk. Tambah motor listrik, Anda mendapatkan kabin kedap suara dan kedap getaran yang memberikan pengalaman berkendara tak tertandingi.

Desain Eksterior

Desain eksterior E-C4 mengkombinasikan gaya hidup tingkat tinggi dengan lekukan aerodinamis untuk performa yang memuaskan.

Fasad depan menampilkan grill khas Citroën dengan sentuhan krom premium. LED headlamp memiliki pencahayaan 2 tingkat, sedangkan rear lamp mendapatkan sentuhan black glossy yang mewah.

Bentuk fastback dengan lekuk aerodinamis menggabungkan gaya dan bentuk coupe dengan ketinggian jok SUV. Sedangkan ground clearance 156 mm memberikan pengalaman berkendara yang baik.

 

Dimensi

E-C4

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.360 x 1.800 x 1.520

Ground Clearance (mm)

156

Jarak Poros Roda (mm)

2.670

 

Di atas, ada atap sunroof yang ciamik. Di bawah, velg alloy 18” dengan ujung diamond cut memberikan kesan mewah dan modern.

Desain Interior

Interior Citroën E-C4 menghadirkan nuansa modern dan ergonomis dan bahan dan teknologi tinggi.

Tampilan dasbor terlihat canggih dengan layar sentuh 10”, head up display, dan kemudi yang multifungsi untuk akses fitur-fitur mobil dengan mudah.

Jok sangat nyaman dengan berbagai optimasi: padding, armrest, busa berdensitas tinggi, hingga pemanas terintegrasi yang memberikan efek pijatan.

Yang tak terduga, ruang kabin cukup lapang untuk 5 orang, plus bagasi 380 liter.

Fitur lainnya yang akan membuat Anda lebih nyaman seperti: Smart Pad Support, USB socket type A & C, AC dual zone, wireless charging, sistem informasi navigasi.

Tak lupa, fitur Highway Driver Assist yang sangat membantu saat Anda berkendara di jalan tol. Fitur ini termasuk adaptive cruise control dan lane keeping assist untuk menahan mobil Anda di kecepatan dan jalur tanpa lelah pada tangan dan kaki.

Fitur Keselamatan

Citroën E-C4 Indonesia sudah dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan terbaik.

Ada sensor parkir depan dan belakang serta kamera belakang lengkap dengan sistem traffic sign recognition untuk memantau trafik. Juga crash sensor untuk mencegah benturan.

Untuk kecepatan tinggi, ada cruise control adaptif dan lane keep assist, active safety brake, pengingat pemakaian sabuk pengaman, serta airbag depan dan samping.

Bagi yang memiliki anak, ada fitur power door locks, central locking, child safety locks.

Untuk security, sudah tersemat engine immobilizer, alarm mobil, dan anti theft device bawaan.

Harga

Harga Citroën E-C4 berkisar di angka Rp1 miliar (Rp1.090.000.000) wilayah Jabodetabek. Angka ini mungkin berbeda sesuai wilayah.

Dengan harga tersebut, tak salah jika E-C4 termasuk hatchback flagship. Apalagi dengan melihat spesifikasi, performa, desain, dan fitur yang tersedia. Segera hubungi layanan pelanggan kami untuk menjadwalkan test drive. Jadilah pionir yang merasakan masa depan mobil listrik melalui Citroën E-C4.

< Kembali