NEWS

Citroen New E-C3: Hatchback Elektrik Plus Personalisasi Unik

Citroen New E-C3: Hatchback Elektrik Plus Personalisasi Unik Citroen New E-C3: Hatchback Elektrik Plus Personalisasi Unik

Mengusung slogan “Express Your E-Style”, Citroen New E-C3 menawarkan kesempatan untuk merayakan ekspresi Anda yang bebas dan berkelanjutan.

SUV mungil alias hatchback ini memiliki pilihan kustomisasi yang luas, persis seperti Citroen C3 sebelumnya. Hanya saja, versi E-C3 ini menggunakan motor listrik dan mendapat beberapa tambahan fitur.

Seperti apa keunikan hatchback elektrik dari Citroen ini?

Mari bedah dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fitur yang tersedia.

Spesifikasi

Spesifikasi Citroen New E-C3 menggunakan mesin Permanent Magnet Synchronous Motor berkekuatan 57 PS dan torsi 143 Nm.

Tenaga dari motor disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis 1 percepatan. Untuk itu, motor ini mendapat sokongan baterai 29,2 kWh berbahan high energy density Li-ion.

Dengan kapasitas tersebut, Citroen C3 elektrik ini mampu menempuh 320 km dalam sekali pengisian penuh. Adapun untuk pengisiannya, hanya butuh 57 menit untuk menambah energi dari 10% ke 80%, menggunakan DC Fast Charging.

Spesifikasi tersebut membuat varian elektrik ini memiliki torsi yang lebih besar dan daya maksimal yang lebih kecil dari varian mesin bensin. Perbandingannya sebesar 57 : 82 PS dan 143 : 115 Nm.

Spesifikasi Mesin

New E-C3

Tipe

PMSM

Daya Maksimum

190 PS

Torsi Maksimum

239 Nm

Kapasitas baterai

29,2 kWh

Jangkauan

320 km

 

Performa

Torsi instan khas mobil listrik dan suspensi generasi terbaru dengan coil spring menghadirkan performa Citroen New E-C3 yang andal dan nyaman.

Akselerasi E-C3 untuk kecepatan 0-60 km/jam tercapai hanya dalam 6,8 detik. Bahkan, untuk ke 100 km/jam, hanya di kisaran 9 detik saja.

Meski demikian, top speed New E-C3 hanya di kisaran 107 km/jam. Capaian ini sesuai dengan spesifikasinya yang memiliki torsi besar, tapi daya maksimal sedikit lebih rendah.

Performa

New E-C3

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

9

Top speed (km/jam)

107

Performa meyakinkan ini didukung oleh suspensi Mac Pherson & Twist Beam dengan coil spring yang nyaman. Tambah motor listrik yang sunyi dan tanpa getaran, hasilnya serasa naik permadani terbang.

Sayangnya, mobil ini hanya memiliki 2 mode berkendara: Eco dan Standar.

Eksterior

Eksterior Citroen New E-C3 serupa dengan C3 bensin. Hanya saja ada beberapa tambahan aksen.

Meski tergolong hatchback, bodi New E-C3 terbilang cukup bongsor.

Fasia depan menampilkan grill dengan logo khas Citroen. Lampu depan dengan DRL bergaya 3D, sama seperti style lampu belakang.

Body moulding persis seperti C3 versi bensin. Velg alloy berukuran 15” membuat SUV mungil ini lebih cocok untuk jalan perkotaan.

Di belakang, terdapat emblem E-C3 yang menandakan SUV ini tipe elektrik. Adapun slot charging-nya terdapat di sisi samping, tepatnya di atas roda belakang.

Yang paling menarik, E-C3 menawarkan kustomisasi eksterior yang bervariasi. Ada 4 kombinasi warna monotone, 9 dual tone, dan 3 customization packs. Variasi ini membuatnya jadi hatchback yang unik dan personal.

Interior

Interior Citroen New E-C3 memiliki 2 variasi interior trims: orange dan grey.

Meski termasuk hatchback, kabin New E-C3 terbilang lega dan nyaman untuk 5 orang. Secara dimensi, persis sama dengan C3 versi konvensional. Bahkan, bagasinya juga sama 315 liter.

Dimensi

New E-C3

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.981 x 1.733 x 1.586

Ground Clearance (mm)

180

Jarak Poros Roda (mm)

2.540

 

Interiornya menggunakan konsep dual tone dengan variasi warna anodized orange dan grey. Dasbornya terasa sporty dan nyaman dengan dukungan sistem infotainment menggunakan layar 10”.

Adapun untuk fitur kenyamanan, tak ada bedanya seperti C3 bensin. Ada AC yang disetel khusus untuk daerah tropis, interior ambience, sistem audio, hingga kamera belakang.

Fitur Keselamatan

Fitur Citroen New E-C3 cukup mumpuni belum memiliki sistem pertolongan pengemudi yang canggih (ADAS).

Turun di kelas entry level B-SUV, New E-C3 sudah dilengkapi dengan dual fitur kontrol rem elektronik (ABS+EBD+BA). Jumlah airbag ada 2 untuk penumpang depan.

Sayangnya, belum ada fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS). Sebagai gantinya, sudah ada rear parking sensor dan rear parking camera yang membantu Anda mendapatkan info benturan dari belakang.

Adapun untuk fitur keamanan berupa alarm dan immobilizer sudah terpasang secara default (bawaan) di hatchback ini.

Harga

Harga Citroen New E-C3 di kisaran Rp399 jutaan untuk OTR Jabodetabek. Adapun versi konvensionalnya yang berbahan bakar bensin berkisar di Rp225 jutaan.

Disparitas harganya cukup terasa. Tapi, mengingat kendaraan listrik bakal jadi standar masa depan, perbedaan ini terasa masuk akal.

Keunggulan utama mobil ini ada di teknologi listrik, keunikan desain, dan prestige dari brand Citroen. Karena itu hatchback ini sangat cocok untuk milenial atau generasi Z yang dinamis, berjiwa bebas, dan urban.

Saat ini, New E-C3 2024 masih dalam proses PO dan akan mulai distribusi ke pemiliknya di awal 2024 nanti.

Jangan sampai ketinggalan! Dapatkan Citroen New E-C3 Anda melalui MUF Online Auto Show agar lebih cepat, mudah, dan terjangkau.

< Kembali