NEWS

Daihatsu All New Terios : SUV Murah, Irit dan Kaya Fitur

Daihatsu All New Terios : SUV Murah, Irit dan Kaya Fitur Daihatsu All New Terios : SUV Murah, Irit dan Kaya Fitur

Daihatsu All New Terios sering mendapat sebutan sebagai Toyota New Rush versi terjangkau. Posisinya seperti Daihatsu Xenia terhadap Toyota Avanza.

Walau begitu, tentunya ada kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh Daihatsu Terios sehingga mampu penjualannya mampu mengekor tepat di bawah Toyota Rush.

Seperti apa kelebihan Daihatsu All New Terios 2022 ini? Bagaimana spesifikasi, desain, dan fitur dari SUV level new entry dari Daihatsu ini?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi

Seperti kakak kembarnya dari Toyota, spesifikasi Daihatsu All New Terios juga menggunakan basis mesin 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc. Mesin tersebut memiliki 4 silinder dan 16 katup dengan teknologi DOHC dan dual VVT-i.

Tentu saja, di atas kertas, performanya tidak berbeda. Daya maksimumnya tembus di 104 PS pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 139 Nm di 4.200 rpm.

Spesifikasi

All New Terios

Seri Mesin

2NR-VE

Tipe Mesin

4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder

1.496 cc

Daya Maksimum

104 PS/6.000 rpm;

Torsi Maksimum

139 Nm/4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel injection

Performa

Seperti slogannya, more fuel efficient and environmentally friendly, pengembangan Daihatsu Terios tampak lebih mengarah ke efisiensi.

Ini membuat performanya di bidang akselerasi dan kecepatan tidak begitu menonjol. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi berhenti, LSUV ini membutuhkan 14,9 detik. Sedikit lebih lambat dari Rush yang butuh 14,4 detik.

Meski demikian, keunggulannya di bidang efisiensi jelas tak bisa dipungkiri. Dengan kapasitas penumpang penuh 7 orang, hasil pengujian menunjukkan konsumsi BBM All New Terios mencapai 12-13 km/liter. Padahal itu melewati banyak jalan macet.

Di sisi lain, pada penggunaan luar kota dengan kecepatan stabil di 90-100 km/jam, konsumsi bahan bakar mencapai 16 km/liter.

Performa

All New Terios

Akselerasi 0-100 km/jam

14,9 detik

Konsumsi BBM (dalam kota)

12-13 km/liter

Konsumsi BBM (luar kota)

16 km/liter

Kapasitas tangki

45 liter

Salah satu kuncinya adalah fitur ECO-idle yang mampu mematikan mesin saat sedang dalam posisi berhenti karena macet. Selanjutnya fitur ini langsung menyalakan mesin saat akan jalan kembali.

Dimensi

Secara dimensi, Terios tergolong lumayan besar untuk kategori Low SUV. Jika Anda bandingkan, hampir tak ada bedanya dengan dimensi Toyota Rush.

Dimensi PxLxT-nya ada di 4.435 x 1.695 x 1.705 mm. Sedangkan jarak wheelbase-nya ada di 2.685 mm. Dengan ground clearance = 220 mm, SUV ini tergolong tinggi dan aman untuk menjelajah berbagai medan.

Dimensi

All New Terios

Panjang (mm)

4.435

Lebar (mm)

1.695

Tinggi (mm)

1.705

Ground Clearance (mm)

220

Jarak Poros Roda (mm)

2.685

Desain Eksterior

Tak hanya soal dimensi, desain eksterior pun mirip-mirip dengan Toyota Rush.

Fasad depan menonjolkan bentuk trapezoid yang terbagi 2 dengan perbandingan 60 grill: 40 bumper. Desain sporty ini berpadu dengan cover fog lamp yang glossy dan tampak mewah.

Sementara itu, bagian samping terlihat lebih dinamis dengan aksen merah yang memanjang ke belakang. Solid rail roof yang cantik di atas dan stone guard di bawah juga menambahkan kesan dinamis.

Desain Interior

Interior Daihatsu All New Terios semakin lapang berkat tren pemindahan ban cadangan ke bawah. Jadi, meski berisikan 7 penumpang, tak ada sensasi pengap yang tidak nyaman.

Nuansa interior terasa sporty dengan sentuhan two tone pada dasbor dan pintu. Sementara itu, pengemudi makin merasa nyaman dengan tilt steering, desain jok ergonomis dan head unit 7” yang multifungsi.

Selain itu, ada pula fitur keyfree yang mengunci dan membuka otomatis berdasarkan jarak. Sedangkan bagi penumpang, ada fasilitas charger di setiap baris untuk pengisian energi perangkat Anda.

Fitur Keamanan

Sebagai kelas Low SUV, Daihatsu All New Terios tentu sudah menyematkan fitur keamanan mobil standar masa kini. Contohnya seperti: ABS+EBD, Hill Assist, dan Vehicle Stability Control.

Sayangnya, SUV ini belum menyematkan fitur Daihatsu Advanced Safety Assist. Begitu juga jumlah airbag New Terios hanya ada 2. Ini yang menjadikan harganya lebih murah dari Toyota Rush.

Meski demikian, All New Terios sudah memiliki fitur immobilizer + alarm built in, remote key, dan Emergency Stop Signal.

Harga

Secara kenyamanan dan efisiensi, All New Terios cukup mumpuni untuk sebuah Low SUV. Walaupun, secara fitur keamanan sedikit tertinggal dari rivalnya.

Akan tetapi, itu juga yang membuat harga Daihatsu All New Terios 2022 termasuk paling murah di kelasnya. Varian terendah bisa Anda bawa pulang dengan harga mulai Rp 205 juta-an.

Jika Anda ingin mendapatkan promo spesial untuk SUV termurah ini, Anda bisa membelinya melalui MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan bunga mulai 2,3% serta gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun jika memesan sekarang.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Daihatsu yang disajikan MOAS.

Yuk, Segera jadwalkan test drive dan coba kenyamanan dan efisiensi dari Daihatsu All New Terios dengan menghubungi layanan pelanggan kami.

< Kembali