NEWS

Daihatsu New Sirion, Hatchback dengan D-CVT yang Irit BBM

Daihatsu New Sirion, Hatchback dengan D-CVT yang Irit BBM Daihatsu New Sirion, Hatchback dengan D-CVT yang Irit BBM

Daihatsu New Sirion adalah mobil hatchback yang sangat cocok untuk Anda yang berjiwa muda.

Dirilis oleh PT ADM pada Juni 2022, New Sirion menonjolkan konsep “Smart and Active” dengan beberapa pembaruan dari generasi sebelumnya.

Jadi, mobil ini merupakan model facelift, yang menawarkan desain sporty, fitur canggih,serta kenyamanan berkendara tinggi.

Di Indonesia sendiri, PT ADM menjual dua varian New Sirion dengan lima pilihan warna di pasaran, yakni X CVT dan R CVT.

Apa saja keunggulannya? Simak ulasan lengkap All New Daihatsu Sirion berikut ini.

Spesifikasi

Secara teknis, tidak ada perbedaan antara kedua spesifikasi Daihatsu New Sirion, baik dari segi mesin maupun transmisi.

Daihatsu membekali mesin DOHC empat silinder berkode 1NR-VE dengan kapasitas 1,3 L dan tentunya diperkuat teknologi Dual VVT-i.

Menurut klaim di situs resmi Daihatsu Indonesia, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 95 PS serta torsi puncak 120 Nm.

Efisiensi bahan bakarnya juga baik, yaitu sekitar 5% lebih hemat daripada mesin dengan transmisi otomatis konvensional. Itu karena New Sirion sudah dibekali Daihatsu transmisi bertipe D-CVT.

“Keunggulan transmisi D-CVT adalah tidak perlu sering-sering melakukan perawatan. Daihatsu menyarankan penggantian oli setidaknya setelah 80.000 km.”

Spesifikasi

X CVT

 R CVT

Tipe Mesin

DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder (cc)

1.329

Daya Maksimum (PS)

95

Torsi Maksimum (Nm)

120

Performa

Selanjutnya, mari lihat seberapa baik performa mesin Daihatsu Sirion terbaru.

Pertama, New Sirion mampu meraih 0-100 kpj dalam waktu 12,9 detik. Bahkan pada uji coba lainnya, waktu yang tercatat lebih singkat, yakni 10 detik saja.

Mesin 1NR-VE juga membantu New Sirion meraih top speed hingga sekitar 170 kpj.

Namun, performa tersebut bukan hanya karena mesin, melainkan dibantu oleh transmisi D-CVT yang patut diacungi jempol.

Selain itu, transmisi ini sangat berpengaruh pada efisiensi BBM. Rata-rata jarak tempuh per liter di dalam kota yaitu 15,4 km, sedangkan di jalan tol sampai 21,5 km.

Misalnya, Anda melakukan perjalanan jauh. Pada saat mengisi tangkinya penuh sebesar 36 liter, maka Anda bisa menempuh jarak sekitar 774 km. Irit sekali, bukan?

Terakhir, soal kenyamanan berkendara, New Sirion memiliki konfigurasi suspensi yang mendukung keseimbangan mobil saat bermanuver.

Performa

X CVT

R CVT

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

10-12,9

Kecepatan Maksimum (kpj)

170

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

15,4

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

21,5

Kapasitas tangki (liter)

36

Eksterior

Tampilan model facelift Sirion sangat memukau dengan desain eksterior yang modern dan dinamis. Di sinilah terdapat beberapa perbedaan antara dua variannya.

Bagian depan dan samping Daihatsu New Sirion R CVT agak berbeda dari varian lainnya. Daihatsu menambah kesan eksklusif pada model ini dengan body kit berwarna silver.

Ringkasnya, varian R CVT membawa fitur-fitur seperti LED headlamp, body kit, spion hitam, velg dual-tone, side skirt, dan spoiler.

Secara keseluruhan, kesan sporty pada eksterior R CVT memang lebih menonjol. Sementara itu, varian X hanya mengusung eksterior standar.

Eksterior

X CVT

R CVT

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.895 x 1.735 x 1.525

Ground Clearance (mm)

150

Wheelbase (mm)

2.500

Velg (inci)

15

Interior

Dari luar sudah oke, selanjutnya masuk ke bagian dalam untuk melihat interior Daihatsu Sirion.

Anda akan disambut dengan kemewahan rancangan interior baru dari Daihatsu yang memberikan pengalaman berkendara istimewa.

Desain futuristik di area dasbor menjadi pembeda utama antara varian R dengan X.

Varian X CVT menyajikan kepraktisan dan fungsionalitas. Sementara perbedaan varian R yakni adanya penambahan fitur air purifier, aksen silver pada bagian setir, serta jahitan kursi.

Secara umum, mobil ini memiliki ruang kabin yang lega. Kapasitas bagasinya 245 liter dan bisa diperluas hingga 1.035 liter dengan melipat kursi belakang.

Fitur Keamanan

Tampilan kabin baris depan dan belakang Daihatsu New Sirion, di bagian depan digambarkan posisi kemunculan airbag.

Indikator seatbelt menjadi salah satu fitur keamanan penumpang yang tersedia pada dua varian. Kemudian keduanya juga memiliki empat buah airbags di sisi kanan dan kiri.

Di samping itu, Daihatsu melengkapi New Sirion X dan R dengan berbagai fitur keselamatan serta asisten berkendara. Fitur-fitur tersebut meliputi ABS, EBD, sensor parkir, sistem imobilisasi, dan lampu rem tambahan.

Lima fitur utama keselamatan dan asisten berkendara Daihatsu New Sirion, HSA, ABS< EBD, VSC, TRC, dan front rear stabilizer.

Khususnya di R CVT, Anda juga mendapat tambahan berupa HSA, VSC, TRC, LED headlamp dengan fitur auto on, leveling adjuster, dan follow me home.

Fitur

X CVT

R CVT

Audio with smartphone connection

Airbag

Body kit

 

LED headlamp

 

HSC, VSC, TRC

 

Harga

Pertanyaan terakhir, berapa harga Daihatsu New Sirion?

Saat ini PT ADM membanderol dua variannya dengan selisih harga Rp9 jutaan. Varian termahal, R CVT, harganya di kisaran Rp239,5 jutaan untuk OTR Jakarta. Harga tersebut sudah mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena MUF Online Auto Show (MOAS) menawarkan program kredit Daihatsu New Sirion dengan angsuran ringan. Bunganya rendah, mulai 2,75% dan Anda bisa mengajukan kredit secara cepat.

Tunggu apa lagi? Dapatkan Daihatsu Sirion di jaringan MOAS terdekat di tempat Anda.

< Kembali