NEWS

Duel Rival Toyota All New Veloz vs Mitsubishi New Xpander

Duel Rival Toyota All New Veloz vs Mitsubishi New Xpander Duel Rival Toyota All New Veloz vs Mitsubishi New Xpander

Cari MPV yang nyaman dan mewah untuk keluarga? Pilih saja antara All New Veloz dan Mitsubishi New Xpander yang sedang laris di kelas LMPV ini.

Kompetisi di kelas LMPV tidak pernah jauh-jauh dari Toyota All New Veloz vs Mitsubishi New Xpander. Kedua mobil tersebut merupakan pilihan utama pembeli new entry yang ingin merasakan kemewahan lebih.

Hingga kini, penjualan All New Veloz selalu berada di posisi tertinggi. Tak heran karena Toyota melakukan banyak perubahan yang membuat calon pembeli begitu penasaran untuk segera menjajalnya.

Namun, meski secara penjualan lebih rendah, bukan berarti Mitsubishi New Xpander kalah fitur. Justru tampilan dan fitur varian terbarunya makin mewah dan kaya.

Bagaimana komparasi Veloz 2022 vs New Xpander dari segi spesifikasi, desain, dan fitur?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Dari spesifikasi, kedua mobil menggunakan mesin 1.5L, DOHC, dengan 4 silinder dan 16 katup.

Bedanya, silinder mesin Veloz 2022 memiliki desain in-line dan menggunakan dual VVT-i. Ini memberikan daya maksimum hingga 104 PS dan torsi maksimum hingga 139 Nm.

Di sisi lain, New Xpander menggunakan mesin berteknologi MIVEC yang mampu memberikan daya maksimum lebih besar, hingga 105 PS.

Selain itu, torsi maksimalnya juga di atas All New Veloz meski tidak berbeda jauh.

Spesifikasi

All New Veloz

Xpander

Seri Mesin

2NR-VE

MIVEC

Tipe Mesin

4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i

4 Cylinder, 16 Valves, DOHC, VVT

Isi Silinder

1.496 cc

1.499 cc

Daya Maksimum

104 PS/6.000 rpm;

105 PS/6.000 rpm

Torsi Maksimum

139 Nm/4.200 rpm

141 Nm/4.000 rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel injection

Fuel Injection

Performa

Baik All New Veloz maupun New Xpander telah menyematkan teknologi CVT pada varian tertingginya. Ini tentu membuat pengemudi semakin nyaman dengan perubahan transmisi yang lebih mulus.

Selain itu, keduanya juga kini sama-sama berpenggerak roda depan (FWD). Sebagai mobil yang ditujukan untuk penggunaan keluarga, ini tentu membuat fungsinya lebih efektif dan aman.

Dari segi performa, akselerasi New Xpander sedikit lebih unggul dengan perbedaan 0,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam. Akan tetapi, konsumsi BBM All New Veloz tetap lebih irit, berkat bobotnya yang lebih rendah.

Performa

All New Veloz

New Xpander

Akselerasi 0-100 km/jam

12,9 detik

12,4 detik

Konsumsi BBM (dalam kota)

15,1 km/liter

14,3 km/liter

Konsumsi BBM (luar kota)

18,2 km/liter

17,5 km/liter

Kapasitas tangki

45 liter

45 liter

Meski demikian, secara keseluruhan, performa keduanya jauh lebih unggul dari masing-masing generasi sebelumnya. Penggunaan CVT memberikan dampak yang benar-benar berpengaruh pada performa kedua LMPV ini.

Desain Eksterior

Dari segi desain, All New Veloz menyajikan banyak perubahan dari generasi sebelumnya. Tampilannya kini lebih mirip SUV dengan fasad depan trapezoid besar dengan aksen diamond cut. Begitu juga dengan desain foglamp dan air damp yang berukuran besar, membuatnya terlihat makin macho.

Di sisi lain, desain New Xpander menawarkan konsep T-cross yang banyak muncul di berbagai elemen eksterior. Mulai dari headlight, combination tail light, hingga velg alloy baru berukuran 17”.

Tak kalah dengan rivalnya, All New Veloz juga sudah menyematkan velg alloy 17 inch. Selain itu, rear combination light-nya tampak lebih progresif dengan full LED dan berdesain menyatu.

Walau begitu, New Xpander patut mendapatkan pujian dengan ukuran dimensi yang lebih besar. Dengan ground clearance dan jarak poros yang lebih besar, ia menjanjikan ruang kabin yang lapang dan kenyamanan lebih saat melibas jalanan.

Dimensi

All New Veloz

New Xpander

Panjang (mm)

4.475

4.595

Lebar (mm)

1.755

1.750

Tinggi (mm)

1.700

1.750

Ground Clearance (mm)

205

220

Jarak Poros Roda (mm)

2.750

2.775

Desain Interior

Untuk interior, All New Veloz mesti mengakui kemewahan New Xpander yang telah membungkus dasbor, door trim, dan joknya dengan material soft touch. Ini membuatnya tampak lebih elegan dan terasa nyaman dari material plastik pada dasbor Veloz.

Meski demikian, material new fabric leather dari All New Veloz pun tak kalah bagus. Terlebih head unit-nya di varian tertinggi sudah berukuran 9 inch, daripada New Xpander yang masih 8 inch.

Overall, Perbandingan Veloz dan Xpander dari sisi fitur cukup bersaing. Kemudi sudah tilt & telescopic, meter cluster sudah digital dan head unit-nya mampu terkoneksi dengan smartphone.

Selain itu, keduanya juga sudah mengadopsi fitur Electric Parking Brake dan Start-Stop Engine. Hanya saja New Xpander belum menyediakan fitur wireless charging untuk penumpang depan seperti pada Veloz.

Walau begitu, kemudi New Xpander sudah menyematkan tombol untuk fitur Cruise Control yang biasanya ada pada mobil premium. Sedangkan All New Veloz lebih memilih menyematkan tombol pengaturan audio di kemudinya.

Perbedaan lain yang signifikan tampak di fasilitas untuk penumpang. Sementara All New Veloz memberikan layar LCD untuk rear seat entertainment, New Xpander menyediakan charging port untuk setiap baris kursi penumpang.

Fitur Keamanan

Sebagai LMPV 200 juta-an, fitur keamanan Veloz vs Xpander cukup mumpuni, terutama pada varian tertinggi. Akan tetapi, Mitsubishi New Xpander perlu mengakui keunggulan Toyota All New Veloz dari segi fitur keamanan.

Masing-masing mobil sudah memiliki fitur Anti-Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution dengan Brake Assist. Selain itu, ada juga fitur Vehicle Stability Control dan Hill-Start Assist serta kamera belakang dan SRS Airbag.

Perbedaanya, New Veloz sudah menyematkan fitur Toyota Safety Sense pada varian tertingginya. Ini termasuk 6 fitur utama untuk mitigasi kecelakaan dan tabrakan, meliputi:

  1. Pre-Collision System
  2. Front Departure Alert
  3. Pedal misoperation Control
  4. Lane Departure Assist
  5. Rear Crossing Traffic Alert
  6. Blind Spot Monitoring.

Sedangkan New Xpander hanya menyediakan tambahan fitur Cruise Control yang tidak ada pada rivalnya itu.

Walau demikian, varian tertinggi New Veloz juga sudah menyediakan 6 SRS airbag, bandingkan dengan New Xpander yang hanya menyediakan dual airbag.

Harga Xpander vs Veloz

Dari komparasi mobil terbaru Mitsubishi Xpander dan Toyota Veloz tersebut, tampak bahwa kedua LMPV ini sangat bersaing, baik dari segi performa maupun fitur.

Yang lebih membuat bingung, harga varian terendah keduanya pun berbeda tipis-tipis di kisaran Rp 270 juta-an.

Meski begitu, harga Mitsubishi Xpander 2022 yang hanya Rp 270 juta-an sudah membuat Anda merasakan teknologi CVT. Ini mungkin bisa jadi pertimbangan karena  harga New Veloz 2022 termurah yang sudah CVT adalah Rp 300 juta-an.

Agar harga tidak menjadi masalah, Anda dapat memesan LMPV pilihan Anda melalui MUF Online Autoshow. Dapatkan bunga rendah mulai 2,38% untuk mobil baru dengan tenor sampai 7 tahun..

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas Emergency Road Assistance 24 jam, gratis selama 1 tahun jika memesan sekarang.

Jangan biarkan kebingungan memilih antara Toyota All New Veloz vs Mitsubishi New Xpander menghalangi Anda memiliki mobil untuk keluarga. Hubungi WA 0821-1182-4010 sekarang juga untuk konsultasi pembelian Anda.

< Kembali