NEWS

Honda BR-V vs Toyota Rush, Mana yang Lebih Unggul?

Honda BR-V vs Toyota Rush, Mana yang Lebih Unggul? Honda BR-V vs Toyota Rush, Mana yang Lebih Unggul?

Sumber: topgear.com.ph

Permintaan terhadap Low Sport Utility Vehicles (SUV) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Dari sekian banyaknya SUV yang ada, Honda BR-V vs Toyota Rush paling menarik untuk dibahas.

Hal itu dikarenakan keduanya memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap penjualan mobil SUV di Indonesia. Kedua mobil pabrikan Jepang ini bisa menampung hingga 7 orang penumpang.

Toyota Rush dan Honda BR-V sama-sama menawarkan ruang kabin yang cukup luas. Bagasinya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen. Pola kursinya bisa dilipat sesuai keinginan untuk memaksimalkan ruang bagasi.

Seperti yang diketahui, Honda Prospect Motor (HPM) atau agen pemegang merek (APM) Honda merilis Honda BR-V di GIIAS 2015, kemudian dipasarkan pada 2016. Sementara untuk Toyota Rush dipasarkan oleh Toyota Astra Motor (TAM) sejak 2006, lalu mengalami penyegaran pada 2017 lalu. Saat ini, Toyota Rush dilengkapi dengan fitur lengkap dan modern.

Lalu, bagaimana dengan perbandingan spesifikasi antara keduanya? Berikut ini adalah perbandingannya :

Komparasi Honda BR-V vs Toyota Rush

Honda BR-V merupakan salah satu model keluaran Honda dengan panjang 4.456 mm dan lebar 1.735 mm, kemudian tingginya 1.666 mm. Jarak sumbu rodanya adalah 2.662 mm dengan ground clearance 201 mm.

Honda juga menawarkan beberapa tipe untuk BR-V, yaitu E M/T, S 6M/T, E CVT, dan Prestige. Seluruh tipe BR-V ditenagai oleh mesin i-VTEC 1,5 liter yang menghasilkan performa terbaik dengan tenaga maksimum 120 ps pada 6.600 rpm. Torsinya adalah 145 Nm pada 4.600 rpm.

Mobil SUV andalan Honda ini diklaim hemat bensin dan ramah lingkungan. Tenaganya disalurkan oleh roda bagian depan melalui manual 6 percepatan (CVT) dengan Earth Dreams Technology,

Sementara untuk Toyota Rush, panjangnya bertambah 230 mm dari versi sebelumnya. Meski bertambah sedikit, namun tidak ada lagi ban serep yang ada di bagian belakang.

Meski memiliki panjang 4.435 mm, tetapi panjangnya masih kalah dengan Honda BR-V. Dimensi lebar dan tinggi Toyota Rush tidak mengalami perubahan yang signifikan. Lebarnya adalah 1.695 mm dengan tinggi 1.705 mm, kemudian jarak sumbu rodanya adalah 2.685 mm dan ground clearance 220 mm.

Toyota juga menyematkan mesin baru sama seperti Avanza, yakni 2NR-VE, 16 Valves, 4 Cylinder in Line, DOHC, dan Dual VVT-i. Mobil ini juga bisa melaju dengan tenaga 104 ps pada 6.000 rpm, lalu torsi 136 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan oleh roda belakang melalui manual 5 percepatan/otomatis 4 percepatan.

Ban Honda BR-V versus Toyota Rush

Toyota Rush dibekali dengan pelek berukuran 17 inch. Berbeda dengan Honda BR-V, yaitu berukuran 16 inch. Dengan ukuran pelek yang lebih besar, Toyota Rush memiliki ground clearance lebih tinggi, yakni 220 mm. Sementara untuk Honda BR-V hanya 201 mm saja.

Artinya, sistem penggerak roda belakang dengan ground clearance tinggi memungkinkan Toyota Rush untuk menempuh jalan atau medan yang tidak bisa dilalui oleh Honda BR-V.

Berdasarkan penjelasan Honda BR-V vs Toyota Rush 2020, maka BR-V lebih bertenaga dibanding All New Rush. Namun, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Demikian sekilas ulasan mengenai Honda BR-V vs Toyota Rush. Tertarik memiliki salah satu diantaranya? Apapun pilihan Anda, jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil yang disajikan MOAS (MUF Online Autoshow). Selain itu, Anda juga bisa mengakses simulasi kredit mobil yang memudahkan Anda untuk menghitung pembiayaannya sesuai dengan budget yang Anda miliki.

< Kembali