PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya membawa masuk generasi teranyar Honda Civic RS e HEV ke Indonesia per bulan Mei 2025.[1]
Mobil ini bukan hanya menggantikan Civic Turbo, tetapi menjadi versi upgrade. Dengan performa lebih tinggi, efisien, dan membawa fitur-fitur modern, Civic RS e HEV layak jadi pilihan di segmen sedan medium hybrid.
Lebih lengkapnya, simak review Honda Civic RS e HEV berikut ini.

Peningkatan utama Honda Civic RS e HEV 2025 adalah dari sektor mesin. Honda tidak lagi memasarkan versi 1,5 liter di pasar Indonesia seperti generasi ke-10 dan ke-11.
Konfigurasi dapur pacu terbaru mendukung sistem hybrid seri-paralel, gabungan antara mesin bensin 2 liter dengan tambahan motor listrik.
Mesin bensinnya menyumbang tenaga hingga 141 PS dan torsi 182 Nm. Sementara itu, motor listrik dengan baterai 1,05 kWh memberi dorongan tambahan sebesar 184 PS dan 315 Nm.
Output tenaga ini langsung disalurkan ke roda depan melalui transmisi e-CVT.
Secara total, kombinasi tenaga dari sistem hybrid Civic RS e HEV ini mencapai 203 PS, lebih tinggi dari Civic Turbo.
|
Spesifikasi |
Civic RS e HEV |
|
Tipe Mesin |
Mesin 2.0L DOHC i-VTEC + Motor Listrik |
|
Isi Silinder (cc) |
1.993 |
|
Daya Maksimum Kombinasi (PS) |
203 |
|
Torsi Maksimum Kombinasi (Nm) |
315 |

Meskipun tanpa teknologi turbo, performa Civic RS e HEV tetap mengesankan. Ini berkat respons instan dari motor listrik dan transmisi e-CVT yang halus.
Akselerasinya sangat lincah layaknya mobil sport. Dalam salah satu pengujian, 0–100 kpj bisa diraih dalam waktu 7,14 detik saja.[2]
Dari segi efisiensi, konsumsi BBM Honda Civic RS e HEV pun terbilang irit, yakni 25 kmpl.[3] Dengan tangki 40 liter, jarak tempuh maksimal bisa sampai 1.133 km.[4]
Artinya, ini jauh lebih unggul dibandingkan dengan beberapa kompetitor terdekatnya atau bahkan mobil listrik yang daya jelajah terbatas.
Ingin mengutamakan performa atau kenyamanan? Anda bisa atur sendiri.
Pasalnya, Honda menyediakan empat mode berkendara, dari mode ECON untuk hemat bahan bakar, Normal, Sport, dan Individual untuk setelan tenaga custom.
|
Performa |
Civic RS e HEV |
|
Akselerasi 0-100 kpj (detik) |
7,14 |
|
Top Speed Honda Civic RS e HEV (kpj) |
180[5] |
|
Konsumsi BBM Kombinasi (kmpl) |
25 |
|
Kapasitas tangki (liter) |
40 |

Secara visual, desain sedan Honda Civic RS e HEV mempertahankan dimensi dan proporsi generasi terdahulu. Namun, ada beberapa sentuhan baru.
Pertama, gril depan kini menggunakan model honeycomb hitam. Bumper depan lebih tajam dan lampu utama sudah full LED lengkap dengan Auto High Beam. Yang jelas, kali ini tidak ada foglamp untuk memberi kesan lebih minimalis.

Kemudian dari sisi samping, desain baru velg 17 inci berwarna Black Matte menyempurnakan gaya sporty khas Civic.
Sementara di belakang, lampu beraksen smoke dan emblem e:HEV menjadi pembeda utamanya.

Selain itu, tersedia empat pilihan warna eksterior baru khusus untuk varian ini. Intinya, facelift di bagian eksterior tidak terlalu signifikan.
|
Eksterior |
Civic RS e HEV |
|
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
4.678 x 1.802 x 1.415 |
|
Ground Clearance (mm) |
134[6] |
|
Wheelbase (mm) |
2.735 |
|
Velg (inci) |
17 |

Begitu Anda masuk kabin, suasana langsung terasa berbeda. Kabin Civic RS e HEV, yang berkapasitas 5-seater, dirancang elegan, tenang, dan driver-oriented.
Material joknya menggunakan kombinasi kulit dan suede dengan jahitan merah.
Di baris depan, posisi duduk pengemudi sangat ergonomis. Visibilitas luas, dan semua tombol berada dalam jangkauan tangan.

Tepat di hadapan pengemudi, layar 10.2 inci dengan tampilan custom menyajikan berbagai informasi penting dalam visual yang tajam.
Selanjutnya, di tengah dasbor terdapat head unit 9 inci sebagai pusat hiburan. Ini sudah Google built-in sehingga Anda bisa mengakses aplikasi tanpa perlu tersambung ke ponsel.
Tak hanya itu, fitur Honda CONNECT juga memungkinkan Anda memantau serta mengontrol mobil dari jarak jauh via ponsel.
Untuk meningkatkan kualitas hiburan, Civic RS e HEV akhirnya punya sistem audio premium, yakni BOSE 12 speaker.

Di baris kedua, ruang kaki dan kepala cukup lega berkat wheelbase yang panjang. Port USB Type-C pun tersedia di belakang.
Terakhir, ruang bagasinya luas, lengkap dengan ban serep full size. Anda juga bisa melipat jok belakang 40:60 jika ingin menambah kapasitas penyimpanan.

Soal keselamatan, Honda tidak main-main. Mereka menyematkan fitur ADAS lengkap pada mobil ini.
Berikut daftar fitur Honda Civic RS e HEV e-CVT Honda Sensing yang berbasis kamera tunggal di bagian depan:[7]
Fitur keamanan lainnya meliputi enam buah airbag, LaneWatch untuk membantu visibilitas saat berpindah jalur, Walk Away Auto Lock, dan Rear Seat Reminder.
Dengan segala pembaruan tadi, harga Honda Civic RS e HEV saat ini ada di kisaran Rp699 juta, naik Rp63 jutaan dari versi Turbo.
Akan tetapi, jika melihat dari apa yang bisa Anda dapatkan, kenaikan harganya sangat masuk akal.
Apabila Anda tertarik memiliki mobil ini, program kredit Honda Civic RS e:HEV dari MUF Online Autoshow (MOAS) bisa menjadi cara paling praktis untuk mewujudkannya. Ajukan kredit Anda sekarang untuk segera membawa pulang Civic RS Hybrid, sedan hybrid paling cerdas saat ini!