NEWS

Honda Civic Type R 6: Hatchback Sport Nyaris Sempurna

Honda Civic Type R 6: Hatchback Sport Nyaris Sempurna Honda Civic Type R 6: Hatchback Sport Nyaris Sempurna

Mengusung tagline “Just Wow”, Honda Civic Type R 6 2023 seolah ingin mengatakan bahwa sedan hatchback sporty ini sudah sempurna.

Dengan mesin turbocharged, sistem suspensi adaptif, desain yang menarik perhatian dan fitur unggulan, agaknya klaim ini tidak mengada-ada.

Ingin tahu lebih jauh tentang mobil sport hatchback Honda ini? Simak review Honda Civic Type R 6 dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fitur berikut.

Spesifikasi

Civic Type R generasi ke-6 masih mengandalkan mesin K-series yang berspesifikasi sama dengan generasi sebelumnya.

Spesifikasi Honda Civic Type R 2023 menggunakan mesin K20C1, dengan 4 silinder inline dan kubikasi 2.0L. Mesin ini sudah mengadopsi teknologi turbo sehingga mampu memberikan daya dan torsi yang lebih tinggi dari mesin lain di kelasnya.

Di Jepang dan Eropa, power output mobil ini mampu mencapai 330 PS. Tapi, untuk Honda CIvic Type R 6 Indonesia memiliki daya maksimum 319 PS dan torsi 400 Nm.

Mobil sport ini hanya memiliki 1 varian di Indonesia, yaitu yang menggunakan manual transmission (MT) 6 percepatan. Transmisinya sudah mengadopsi fitur rev-match control sehingga down shift jadi terasa lebih mulus.

Spesifikasi Mesin

Civic Type R 6

Tipe

K20C1, DOHC, 4 silinder inline, Turbocharged

Isi Silinder (cc)

1.996

Daya Maksimum (PS/rpm)

319/6.500

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

400/2.500-4.500

Performa

Performa Civic Type R 6 melebihi generasi sebelumnya dengan memecahkan rekor 0,873 detik lebih cepat di sirkuit Suzuka, Jepang.

Meski bertipe hatchback dengan 4 kursi, mobil sport ini memiliki DNA racing yang tak diragukan.

Top speed Honda CIvic Type R 6 ini mampu mencapai 272 km/jam, menjadikannya salah satu mobil hatchback tercepat di dunia. Bahkan, akselerasi 0-100 km/jam tercapai hanya dalam 5,3 detik.

Penyempurnaan transmisi dengan rasio lebih pendek dan mesin berteknologi VTEC (Valve TIming & Electronic Control) menjadikanya lebih responsif dan beringas.

Performa

Civic Type R 6

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

5,3

Top speed (km/jam)

272

Kapasitas tangki (liter)

47

Pada pengujian di sirkuit Suzuka, mobil ini mencatatkan waktu 2 menit 23,120 detik untuk menempuh 5,807 km dengan 18 tikungan. Catatan ini lebih unggul dari generasi sebelumnya yang butuh 2 menit 23,993 detik (selisih nyaris 1 detik).

Selain itu, mobil ini juga memiliki teknologi adaptive suspension. Jadi, respon transmisi dan suspensi dapat menyesuaikan mode berkendara Anda, apakah itu: Comfort, Sport, +R, atau Individual (custom).

Eksterior

Eksterior Civic Type R generasi ke-6 cenderung kurang agresif, tapi lebih elegan dan stylish dari generasi sebelumnya.

Fasad depan mobil ini memiliki bumper lebar dengan lubang udara di bumper dan kapnya. Posisi lubang udara sedikit bergeser ke depan, memberikan kesan yang lebih kalem dari versi sebelumnya.

Spoiler belakang tetap dipertahankan. Sementara itu, velg 19” black matte membuatnya tampak lebih mewah, dan triple exhaust system menjadikannya terlihat makin sporty.

Hatchback sport generasi ke-6 type R ini memiliki dimensi yang lebih kecil, tapi lebih berat dari generasi sebelumnya. Ground clearance-nya hanya 117, membuatnya lebih stabil dan aerodinamis.

Dimensi

Civic Type R 6

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.595 x 1.890 x 1.405

Ground Clearance (mm)

117

Jarak Poros Roda (mm)

2.735

 

Interior

Secara keseluruhan, interior Civic Type R 6 memberikan kesan canggih dan sporty.

Desain dasbor hatchback sport ini relatif simpel, tapi futuristik dengan head unit 7” yang canggih. Anda bisa mengakses berbagai fitur dari sini, termasuk Apple Play, Android Auto, 4 mode berkendara, dan Honda LogR System.

Meter cluster sudah TFT berukuran 10” dengan fitur interaktif. Kemudi dari Alcantara® dan sudah dilengkapi dengan steering switches. Anda dapat mengakses berbagai fitur advanced dari sana, termasuk cruise control dari Honda Sensing.

Jok bertipe bucket dengan sentuhan warna merah membuat interior Civic Type R generasi ke-6 ini memancarkan aura mobil sport. Posisi duduk rendah tapi cukup nyaman, tombol-tombol yang mudah dijangkau.

Fitur Keamanan

Honda Civic Type R 6 sudah menggunakan teknologi Honda Sensing yang canggih sebagai asisten keselamatan.

Mobil sport ini memiliki 8 SRS airbag, fitur Isofix, dan fitur keselamatan aktif yang standar seperti Electronic Braking System serta Stability Control.

Sebagai mobil sport berharga lumayan, tentu fitur safety advanced Honda Sensing juga sudah tersedia. Fitur ini meminimalisasi potensi kecelakaan sehingga Anda bisa lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Harga

Harga Honda Civic Type R 6 2023 mulai dari Rp1,4 miliar, dan hanya ada 1 tipe dengan 5 pilihan warna.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik, Anda bisa memesannya melalui MOAS (MUF Online Autoshow). Kredit Honda Civic Type R mudah dengan bunga spesial 2,0% plus bonus tambahan lainnya.

Miliki mobil sport yang menarik perhatian setiap orang di jalan raya ini dengan mudah. Gunakan fasilitas pembiayaan untuk mempercepat Anda membawa pulang Honda Civic Type R 6 ke garasi rumah Anda.