NEWS

Honda CR-V vs Toyota C-HR : Persaingan yang Ketat

Honda CR-V vs Toyota C-HR : Persaingan yang Ketat Honda CR-V vs Toyota C-HR : Persaingan yang Ketat

Penggemar mobil sporty dan elegan di kalangan urban selalu menantikan terobosan terbaru dari kelas mobil crossover. Di antara semuanya, kompetisi antara Honda CR-V vs Toyota C-HR tentu yang paling mengundang perhatian.

Nama besar kedua pabrikan di bidang ini jelas menjadi salah satu pertimbangan. Baik Honda maupun Toyota sudah sering menjadi jaminan kualitas mobil yang memuaskan dengan harga yang terjangkau.

Lalu, bagaimana komparasi Honda CR-V vs Toyota C-HR? Mana yang lebih baik antara keduanya?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Honda CR-V vs Toyota C-HR

Hadir di kelas crossover, Toyota menyematkan mesin 2ZR-FBE berkapasitas 1,8L di seluruh varian All New C-HR. Mesin ini terkenal dengan keseimbangannya untuk menghasilkan tarikan yang bertenaga dengan konsumsi BBM yang terkontrol.

Di sisi lain, Honda telah memasang mesin VTEC Turbo berkapasitas 1,5 L di New CR-V terbaru. Meski begitu, di varian CR-V terendah tetap mengandalkan i-VTEC 2,0L karena masih ada permintaan pasar untuk varian tersebut.

Sejak kehadirannya di 2016, mesin V-TEC Turbo telah menjadi andalan Honda di kelas mobil crossover dan hatchback. Dengan ukuran kecil hanya 1,5 L, mesin Honda CR-V mampu memberikan 190 PS di 5.600 rpm.

Tak hanya unggul di putaran atas, di kecepatan rendah, mesin V-TEC Turbo pada New Honda CR-V juga mampu memberikan torsi maksimum 240 Nm.

Di atas kertas, spesifikasi Honda CRV tentu lebih unggul daripada mesin 1.798cc milik Toyota C-HR yang menghasilkan daya maksimal 140 PS pada 6.000 rpm. Begitu juga di putaran bawah yang torsi maksimumnya hanya sekitar 178 Nm pada 4.000 rpm

 

Perbandingan

Honda CR-V

Toyota C-HR

Seri Mesin

i-VTEC Engine / VTEC Turbo

2ZR-FBE

Tipe Mesin

2,0 L SOHC / 1,5 DOHC

In-line 4 Cylinders, 16 valve DOHC with VVT-i

Isi Silinder

2.000cc / 1.500cc

1.798cc

Daya Maksimum (Ps/Rpm)

154 PS / 190 PS per 5.600 rpm

140 / 6.000

Torsi Maksimum (Kgm/Rpm)

189 NM / 240 Nm per 2.000-5.000 rpm

178 / 4.000

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Fuel Injection

 

Performa Honda CR-V vs Toyota C-HR

Baik CR-V maupun C-HR sudah menggunakan teknologi CVT sehingga sangat nyaman dan halus untuk dikendarai.

Di atas kertas, mesin V-TEC Turbo dari Honda yang memiliki kubikasi lebih kecil sepatutnya menyajikan konsumsi BBM yang lebih irit. Untuk tiap liternya, Honda New CR-V mampu menempuh jarak 12 km dalam kota dan 14 km di luar kota.

Namun, ukuran mesin ternyata bukan penentu segalanya. Dengan konsumsi BBM yang sama, Toyota C-HR mampu menempuh jarak hingga 11 km untuk penggunaan dalam kota.

Konsumsi BBM

Honda CR-V

Toyota C-HR

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

12

11,5

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

14

13

Kapasitas tangki (liter)

58

50

 

Meskipun tetap lebih hemat, namun perbedaan ini tidak terlalu signifikan mengingat ukuran kubikasi yang berbeda cukup besar.

Dimensi CR-V vs C-HR

Salah satu yang mempengaruhi performa kedua mobil compact crossover ini mungkin karena dimensi dan bobotnya yang berbeda cukup jauh.

Honda CR-V memiliki bobot sebesar 1.654, alias  hampir 150 kg lebih berat dari Toyota New C-HR. Selain itu, dimensi panjang, lebar, dan tinggi keseluruhan dari CR-V juga sedikit di atas C-HR.

Perbandingan

Honda New CR-V

Toyota New C-HR

Panjang (mm)

4.584

4.360

Lebar (mm)

1.855

1.795

Tinggi (mm)

1.685

1.565

Ground Clearance (mm)

198

154

Jarak Poros Roda (mm)

2.660

2.640

Bobot (kg)

1.654

1.495

 

Secara sekilas, CR-V bakal lebih tangguh untuk melibas segala jenis Medan, dari genangan hingga jalan bergelombang. Di sisi lain, Toyota C-HR lebih memilih versi sporty yang mengutamakan gaya dan kecepatan sehingga cocok untuk daerah perkotaan.

Desain Eksterior CR-V vs C-HR

Kesan yang paling mudah muncul saat melihat eksterior Honda New CR-V adalah tangguh dan gagah. Dengan dimensi yang lebih besar dari kelas crossover kebanyakan, CR-V memberikan kesan yang mendominasi ke arah SUV.

Kesan ini tampak jelas dari bumper berbentuk trapezoid ke bawah di bagian depan. Begitu juga grill hexagram dengan chrome yang menonjolkan logo Honda di bagian atas.

Di sisi lain, eksterior depan Toyota New C-HR menampilkan wajah yang tajam dengan headlamp bersayap dan bumper bawah yang lebar. Dimensinya pun lebih cenderung ke tipe hatchback daripada SUV.

Secara keseluruhan, kesan mewah dan elegan tampak dari desain bodi iconic diamond shape ala mobil sport yang mengutamakan kecepatan.

Dari segi warna, New C-HR sedikit lebih unggul dengan menyediakan 6 variasi warna, masing-masing 3 varian untuk tipe single tone dan dual tone. Di sisi lain, Honda hanya menyediakan 4 varian yang terbatas pada warna hitam, putih, metallic, dan silver.

Desain Interior CR-V vs C-HR

Dari desain interior, Honda New CR-V bisa dibilang lebih layak sebagai Sport Utility Vehicle.

Dimensinya yang lebih lebar membuat interiornya terasa lebih lapang. Selain itu, jika Anda membeli versi Turbo, maka Anda akan mendapatkan 3 baris tempat duduk di interiornya.

Terlebih lagi, balutan leather di jok, knob, dan kemudi serta panel kayu di dashboard memberikan kesan mewah yang tak diragukan.

Tak kalah dari CR-V, interior Toyota New C-HR juga menghadirkan desain black and brown asimetris yang nyaman dan mewah.

Meski begitu, New CR-V sedikit lebih unggul dengan menambahkan panoramic sunroof di bagian atap serta dual some AC untuk pengemudi dan penumpang.

Fitur Kenyamanan

Mendekati kelas SUV, Honda new CR-V mengusung banyak fitur yang memanjakan. Mulai dari HFT switch di kemudi, layar TFT yang multifungsi, hingga handsfree power tailgate yang bisa menutup dan membuka bagasi hanya dengan ayunan kaki.

Selain itu, ada pula fitur New Remote Engine Start yang menyalakan mesin dan AC sebelum pengemudi masuk. Juga Walk Away Auto Lock yang otomatis mengunci pintu saat pengemudi berjalan menjauh.

Sementara itu, meski sudah mengusung HFT switch dan layar TFT yang informatif, Toyota New C-HR belum dilengkapi dengan fitur pembuka bagasi otomatis.

Sebagai gantinya, C-HR sudah menerapkan isofix Child Restraint System yang memberikan keamanan lebih saat membawa anak-anak berkendara.

Fitur Keamanan

Sebagai mobil di kelas harga Rp 400 - 500 juta-an, baik Honda New CR-V maupun Toyota New C-HR sudah memiliki fitur keamanan yang mumpuni.

Fitur keamanan ABS+EBD+BA sudah menjadi standar yang pasti ada. Begitu pula dengan Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control.

Meski begitu, fitur Honda CRV sedikit lebih unggul dengan menambahkan beberapa fitur keamanan lainnya. Di antaranya Driver Attention Monitor yang mengingatkan daya tahan pengemudi, serta Auto Brake Hold yang otomatis menahan rem saat parkir atau kondisi miring.

Di sisi lain, Toyota melengkapi New C-HR dengan 7 SRS airbag, sedikit lebih banyak dari New CR-V dengan 6 SRS airbag.

Harga Honda New CR-V vs Toyota New C-HR

Jadi, honda CRV vs Toyota CHR mana yang lebih baik?

Membandingkan antara harga dengan spesifikasi dan fitur yang didapat, agaknya Honda New CR-V menawarkan keseimbangan lebih ideal. Pasalnya, dengan harga mulai dari Rp 470 - 550 juta-an, performa dan fiturnya jelas sangat memuaskan.

Sementara harga Toyota CHR sedikit lebih tinggi atau berada di kisaran mulai dari Rp 517 - 561 juta-an. Meski demikian, Toyota New C-HR memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri.

Apapun pilihan Anda antara Honda CR-V vs Toyota C-HR, dapatkan skema pembiayaan yang lebih terjangkau melalui MUF Online Auto Show (MOAS).

Ajukan kredit Honda CR-V atau kredit  Toyota C-HR dengan DP murah mulai dari 15% dan bunga ringan mulai dari 2,45%. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan layanan darurat 24 jam gratis selama 1 tahun.

Ingin mendapatkan harga yang lebih murah? Gunakan fasilitas tukar tambah, serta lakukan test drive untuk kepuasan Anda. Hubungi call center atau online chat MUF Online Auto Show dari Mandiri Utama Finance.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Honda dan kredit mobil Toyota yang disajikan MOAS.

< Kembali