NEWS

Hyundai IONIQ 6, Sedan Listrik dengan Jarak Tempuh 500+ Km

Hyundai IONIQ 6, Sedan Listrik dengan Jarak Tempuh 500+ Km Hyundai IONIQ 6, Sedan Listrik dengan Jarak Tempuh 500+ Km

Sedan listrik Hyundai IONIQ 6 berhasil menarik perhatian konsumen Indonesia dengan desainnya, teknologi yang canggih, dan baterai berkapasitas besar.

Setelah terlebih dahulu diperkenalkan Hyundai di Korea Selatan dan Eropa pada tahun 2022, akhirnya IONIQ 6 memasuki pasar Tanah Air.

PT HMID juga sudah membuka pemesanan sejak Agustus 2023 di seluruh dealer mereka. Menariknya, kali ini hanya ada satu varian dengan harga yang fantastis.

Bagaimana performa, fitur, dan kenyamanan IONIQ 6? Daripada penasaran, langsung saja simak review lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi

Sebelum membahas performa, Anda harus tahu dulu spesifikasi Hyundai IONIQ 6, terutama dapur pacunya.

Dari luar terlihat kalem, tetapi nyatanya mobil ini bertenaga badak. Itu karena IONIQ 6 memakai dua motor listrik yang menggerakkan semua roda (AWD).

Hyundai membekalinya dengan motor tipe PMSM yang ditenagai baterai 77,4 kWh.

Kedua motor listrik tersebut memberikan tenaga yang sangat besar dengan output mencapai 326 PS dan torsi puncak 65 Nm.

Di atas kertas, tenaganya bahkan melebihi beberapa mobil sport konvensional. Jadi, bisa dibilang IONIQ 6 merupakan sedan listrik paling powerful saat ini.

Dengan motor listrik yang dijelaskan tadi, IONIQ 6 menawarkan pengalaman mengemudi luar biasa, nyaman, dan efisien.

Spesifikasi

IONIQ 6

Tipe Motor

PMSM, depan dan belakang

Daya Maksimum (kW)

326

Torsi Maksimum (Nm)

605

Baterai (kWh)

77,4

Performa

Kapasitas baterai yang besar membuat jarak tempuh mobil listrik semakin jauh. Itulah kelebihan utama yang ingin ditonjolkan Hyundai pada IONIQ 6.

Jarak tempuh Hyundai IONIQ 6 sendiri kira-kira 519 kilometer. Jika Anda pergi dari Jakarta ke Magelang (510 km), berarti hanya butuh sekali mengisi daya.

Kemudian, ketika baterai menipis, mobil dapat di-charge dari 10% hingga 80% dalam waktu 18 menit saja. Syaratnya harus menggunakan charger 350 kW.

Kelebihan lainnya yaitu IONIQ 6 termasuk mobil listrik yang sangat responsif saat berakselerasi. Buktinya, Hyundai mengklaim bahwa IONIQ 6 dapat meraih kecepatan 100 kpj dari kondisi berhenti dengan catatan waktu 5,1 detik.

Performa yang superior dan penggunaan daya yang efisien menempatkan IONIQ 6 sebagai pilihan menarik di segmen mobil listrik. Apakah Anda berminat?

Performa

IONIQ 6

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

5,1

Kecepatan Maksimum (kpj)

185

Jarak Penggunaan Baterai (km)

519

Eksterior

Sebagai pertimbangan tambahan, lihat apa spesial dari desain eksterior Hyundai IONIQ 6 Indonesia.

Di sini Hyundai masih menggunakan platform E-GMP. Pabrikan Korea Selatan itu fokus pada aerodinamika yang dapat mengurangi hambatan udara.

Dari segi tampilan, salah satu detail yang menjadi ciri khas IONIQ 6 adalah penggunaan corak piksel di beberapa bagian. Dual projector LED headlamp menggunakan detail piksel, begitu pula dengan lampu belakang yang melebar dari kiri ke kanan.

Bagian eksterior menarik lainnya adalah katup di bagian depan mobil. Katup ini dapat terbuka atau tertutup, tergantung pada kebutuhan pendinginan motor.

Dari sisi samping, Anda juga dapat melihat desain velg alloy baru berukuran 20 inci. Kemudian di atas IONIQ 6, terdapat antena sirip hiu semi-transparan yang menambah estetika desainnya secara keseluruhan.

Sampai sini saja sudah bisa dinilai mobil ini punya konsep futuristik dan premium. Kabar baiknya, Anda bisa memilih lima varian warna di Indonesia.

Eksterior

IONIQ 6

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.855 x 1.880 x 1.495

Ground Clearance (mm)

141

Wheelbase (mm)

2.950

Velg (inci)

20

Interior

Selanjutnya, desain interior Hyundai IONIQ 6 tidak kalah epik. Kabin berkapasitas 5 tempat duduk ini menawarkan kemewahan yang modern.

Fakta uniknya, kabin IONIQ 6 mengadopsi bentuk kepompong. Jadi, begitu Anda masuk ke dalam, suasananya terasa minimalis.

Interior juga dilengkapi dengan dua layar sentuh 12,3 inci yang menggabungkan instrumen informasi dan head unit.

Kemudian, saat duduk, joknya nyaman dan empuk, dilengkapi dengan pengaturan elektrik. Bagi penumpang di baris kedua, ruang kakinya cukup pas untuk postur rata-rata orang Indonesia.

“Di luar interiornya yang nyaman dan mewah itu, Hyundai juga menggunakan material ramah lingkungan dalam desainnya.”

Secara umum, desain interior IONIQ 6 mencerminkan pendekatan Hyundai terhadap mobilitas masa depan.

Fitur Keamanan

Terakhir, IONIQ 6 tentunya membawa teknologi keamanan dan keselamatan yang canggih. Yang utamanya meliputi kamera 360 derajat, Traffic Jam Assist, serta Forward Collision Mitigation.

Selain itu, fitur-fitur keamanan lainnya termasuk ESC, HAC, MCB, TCS, VSM, ESS, MSLA, TPMS, VESS, sensor parkir. Ada pula enam buah airbags di beberapa sisi untuk pengemudi maupun penumpang.

Jadi, mobil ini bukan cuma ramah lingkungan, tetapi juga menawarkan perlindungan terbaik.

Harga

Kesimpulannya, dari review di atas, sedan listrik IONIQ 6 rasa-rasanya memang layak dibanderol lebih tinggi daripada IONIQ sebelumnya.

Di Indonesia, harga Hyundai IONIQ 6 hampir menyentuh 1,2 miliar Rupiah. Ini masuk kategori mobil mewah yang bisa Anda kredit melalui MUF Online Autoshow (MOAS).

< Kembali