NEWS

Hyundai Santa FE, SUV Menengah yang Nyaman untuk Keluarga

Hyundai Santa FE, SUV Menengah yang Nyaman untuk Keluarga Hyundai Santa FE, SUV Menengah yang Nyaman untuk Keluarga

Generasi teranyar Hyundai Santa FE telah meluncur di pasar global pada akhir 2023. SUV menengah pabrikan Korea tersebut juga akan segera rilis di Indonesia.

Namun, Santa FE baru dijadwalkan masuk ke Tanah Air pada paruh kedua tahun 2024. Saat ini, Hyundai Mobil Indonesia masih menjual edisi tahun 2021

Jadi, sambil menunggu ketersediaan generasi keenam, Anda bisa memesan FE Hyundai model facelift terakhir melalui dealer resmi Hyundai terdekat.

Mobil ini tersedia dalam enam varian dengan dua pilihan mesin. Seberapa baik performa dan fitur-fiturnya?

Simak ulasan berikut untuk menemukan alasan mengapa Hyundai Santa FE Indonesia adalah pilihan SUV yang tepat untuk keluarga Anda.

Spesifikasi

Hyundai menjual Santa FE bermesin bensin dan diesel. Keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda, tetapi sama-sama berpendorong roda depan (FWD).

Hyundai Santa FE bensin menggunakan mesin berjenis Theta III 2.5 L MPI empat silinder. Apa itu?

Secara singkat, Theta III MPI adalah mesin dengan teknologi injeksi bahan bakar multi-point, yang meningkatkan efisiensi dan performa mesin.

Terbukti, tenaga maksimumnya dapat mencapai 180 PS dan torsi 232 Nm. Khusus varian mesin bensin, Hyundai memasang transmisi otomatis 6-percepatan.

Kemudian untuk Hyundai Santa FE diesel, mesinnya adalah R 2.2 CRDi. Mesin berkapasitas 2,2 L ini dilengkapi dengan teknologi turbocharger. Performa mesinnya pun jadi lebih bertenaga.

Output mesin tersebut mencapai 202 PS pada puncaknya dan torsi 440 Nm. Berbeda dengan mesin bensin, Santa FE diesel menggunakan transmisi dual clutch 8-percepatan.

Fuel system jenis CRDi menghasilkan tenaga yang lebih tinggi pada putaran mesin rendah. Oleh karenanya, Santa FE bermesin diesel lebih bertenaga.

Spesifikasi

Bensin

Diesel

Tipe Mesin

DOHC, 4-cylinder, VIS

DOHC, 4 cylinder, Turbo

Isi Silinder (cc)

2.497

2.151

Fuel System

MPI

CRDi

Daya Maksimum (PS)

180

202

Torsi Maksimum (Nm)

232

440

Performa

Dengan dua tipe mesin berbeda, apakah perbandingan performa Hyundai Santa FE bensin vs diesel terpaut jauh?

Terlepas dari tipe mesin yang Anda pilih, nyatanya Santa FE menawarkan performa yang mengesankan.

Mobil Hyundai Santa FE mampu berakselerasi dengan responsif, mengonsumsi BBM secara efisien, dan nyaman untuk berkendara.

Pertama, untuk akselerasi Anda dapat memacu Santa FE mesin bensin dari 0-100 kpj dalam waktu 10,1 detik saja. Top speed-nya di angka 195 kpj.

Sementara itu, akselerasi Santa FE bermesin diesel 1,1 detik lebih cepat daripada tipe bensin. Kecepatannya bahkan bisa mencapai 205 kpj.

Angka-angka barusan menunjukkan bahwa Santa FE 2024 termasuk SUV tercepat di kelasnya. Pertanyaan utamanya, apakah itu membuat konsumsi BBM jadi boros?

Hasil dari uji coba Hyundai di Korea Selatan dan AS menyatakan konsumsi BBM keduanya relatif irit.

Dalam hal itu, Santa FE diesel paling irit dengan 15,38 km/liter. Di sisi lain, mesin bensin dapat menempuh 11,11 km/liter.

Tidak ketinggalan, performa mantap Santa FE didukung oleh suspensi yang nyaman, yakni MacPherson Strut dan Multi-Link.

Fitur-fitur bawaan lainnya juga sangat berguna untuk membantu meningkatkan stabilitas berkendara, khususnya ketika bermanuver.

Performa

Bensin

Diesel

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

10,1

9

Kecepatan Maksimum (kpj)

195

205

Konsumsi BBM rata-rata (km/liter)

11,11

15,38

Kapasitas tangki (liter)

67

67

Eksterior

Selain tersedia dalam dua pilihan mesin, New Hyundai Santa FE di Indonesia dijual dalam tiga varian, yakni Style, Prime, dan Signature.

Ketiga varian tersebut berbalut desain eksterior yang identik dengan hanya sedikit perbedaan dalam lima opsi warna. Seperti apa tampilannya?

Secara keseluruhan, New Santa FE tampil menawan, sporty, dan modern. Mobil ini juga terlihat gagah karena memiliki dimensi yang besar.

Perubahan langsung terlihat pada bagian depan. Grill menjadi lebih besar dan memiliki desain yang berani. Kemudian lampu utama yang menyambung langsung ke grill menambah kesan modern pada mobil ini.

Bergeser ke bagian samping mobil, terdapat pula beberapa perubahan ornamen. Namun, yang paling menarik di sini adalah velg 18 inci dengan desain barunya.

Sementara pada bagian belakang, bagasinya sudah bisa dibuka otomatis (Signature). Lampu belakangnya juga menyambung dengan grill, sama halnya seperti di depan.

Dengan desain tersebut, Hyundai cukup sukses menyegarkan tampilan Santa FE. Fokus desainnya benar-benar mencerminkan SUV kelas premium.

Eksterior

Style, Prime, Signature

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.785 x 1.900 x 1.710

Ground Clearance (mm)

176

Wheelbase (mm)

2.765

Velg (inci)

18

Interior

Salah satu alasan mobil ini cocok untuk keluarga yaitu karena kabinnya luas. Total, Santa FE berkapasitas tujuh kursi. Dua baris kursi belakang bisa Anda lipat jika ingin menambah kapasitas bagasi hingga 60%.

Selain itu, interior Hyundai Santa FE juga membawa fitur-fitur pendukung kenyamanan yang canggih.

Hyundai mengadopsi model kontrol tengah. Secara umum, dasbornya berbalut bahan soft touch, aksen karbon, dan aksen krom.

Di situ terdapat layar instrumen digital, lengkap dengan sistem hiburan yang support koneksi nirkabel ke ponsel.

Namun, pada varian Style, layar TFT cluster-nya cuma berukuran 4,2 inci. Hanya dua varian lainnya yang mendapatkan layar TFT berukuran 12,3 inci.

Selanjutnya, semua varian menggunakan 6 speaker yang bisa dikontrol melalui unit AVN berukuran 8 inci. Speaker utama ditempatkan secara strategis di pintu depan untuk memberikan pengalaman audio yang baik.

Fitur-fitur khusus, seperti remote engine start dan pengaturan AC untuk kursi depan menambah kenyamanan pengemudi.

Di antara semua bagian interior, satu fitur yang hanya dimiliki varian Signature adalah Rain Sensor.

Di luar dasbor, material lain, seperti kulit jok, juga berkualitas. Desain tempat duduk yang ergonomis memberikan dukungan terbaik selama perjalanan Anda.

Khususnya pada varian Signature, Hyundai memberikan opsi interior two-tone, selebihnya hanya warna hitam tunggal.

Fitur Keamanan

Terakhir, fitur keamanan dan keselamatan tidak luput dari perhatian Hyundai.

Sebagai perlindungan keamanan aktif, Santa FE menciptakan satu set fitur-fitur bernama Hyundai SmartSense (Signature).

Adanya Hyundai Smart Entry juga memudahkan pengguna untuk mengakses mobil secara aman.

Kemudian bagaimana dengan varian yang tidak mendapat SmartSense?

Tidak perlu khawatir, karena Anda tetap mendapat fitur keamanan utama yang lengkap, mulai airbags, ABS, EBD, ESC, HAC, DAW, dan kamera belakang.

Fitur

Style

Prime

Signature

Drive Mode Select

Smart Key

4.2” Supervision TFT LCD

 

 

12.3” Supervision TFT LCD

 

TPMS

 

SmartSense

 

 

Rain sensor

 

 

Smart Power Tailgate

 

 

Harga

Kesimpulannya, Santa FE merupakan salah satu pilihan SUV menengah terbaik untuk keluarga. Performanya baik, desainnya juga ciamik.

Harga Hyundai Santa FE bervariasi, tergantung tipe mesin dan variannya. Santa FE termurah dibanderol Rp570 jutaan, sedangkan varian termahal harganya mencapai Rp730 jutaan.

Sambil menunggu Hyundai resmi merilis generasi keenam, Santa FE edisi ini layak menjadi opsi mobil keluarga Anda.

Pesan unit Hyundai Santa FE segera melalui program kredit MUF Online Auto Show (MOAS) yang memberikan kemudahan, kecepatan, serta kenyamanan kredit.

< Kembali