NEWS

Inovasi Daihatsu All New Xenia 2021, Next Level MPV Indonesia

Inovasi Daihatsu All New Xenia 2021, Next Level MPV Indonesia Inovasi Daihatsu All New Xenia 2021, Next Level MPV Indonesia

Mengusung slogan “The Next Level”, Daihatsu All New Xenia 2021 menawarkan peningkatan kualitas yang tak tanggung-tanggung.

Sering mendapat sebutan sebagai adik kembar Toyota Avanza, generasi terbaru Daihatsu Xenia kini terlihat lebih spesial dan berbeda. Perubahan desain dan penambahan fitur membuat New Xenia 2021 semakin layak mendapat predikat Sahabat Keluarga Indonesia.

Seperti apa spesifikasi, fitur, dan kelebihan MPV andalan Astra Daihatsu Motor ini?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Berdasarkan tipenya, spesifikasi Daihatsu All New Xenia menggunakan 2 jenis mesin, yaitu 1.3R dan 1.5R.

Mesin ini merupakan spesifikasi tertinggi untuk kelas MPV. Jadi, walaupun tidak beda dengan generasi Xenia sebelumnya, performanya tetap mumpuni.

Hanya saja, perbedaan kubikasi tentu memberikan pengaruh pada kekuatan tarikan mesin. Baik daya maksimum maupun torsi maksimum tipe 1.5R lebih tinggi dari tipe 1.3R.

Spesifikasi

Tipe 1.3R

Tipe 1.5R

Seri Mesin

1NR-VE

2NR-VE

Tipe Mesin

4 silinder, 16 katup, DOHC, dual VVT-i

4 silinder, 16 katup, DOHC, dual VVT-i

Isi Silinder

1.329 cc

1.496 cc

Daya Maksimum

98 PS/6.000 rpm

106 PS/6.000 rpm;

Torsi Maksimum

12,4 kgm/4.200 rpm

14 kgm/4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Direct injection

Direct Injection

Sekilas terlihat, basis mesin New Xenia 2021 memang tidak beda dengan sebelumnya. Akan tetapi, ternyata secara kemampuan, mesin Xenia terbaru mengalami peningkatan dari pendahulunya.

Sebut saja tipe mesin 1.5R, sebelumnya torsi dan daya maksimumnya hanya 13,7 kgm/4.200 rpm & 104 PS/6.000 rpm. Kini, pada rpm yang sama, nilainya berturut-turut menjadi menjadi 14 kgm & 106 PS.

Perbedaan ini tentu meningkatkan performa All New Xenia keseluruhan.

Performa

Meski berada pada kelas Low MPV, kemampuan dan performa dari New Xenia 2021 tak perlu diragukan.

Penerapan Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan penggunaan transmisi D-CVT memberikan kesempurnaan dalam hal efisiensi, kestabilan, dan performa.

Hal ini terlihat pada konsumsi BBM. Jika generasi sebelumnya “hanya” 10-13 km/liter, maka konsumsi BBM New Xenia 2021 mencapai 15-18 km/liter.

Performa

New Xenia 2021

Konsumsi BBM (rute gabungan)

15-18 km/liter

Kapasitas tangki

43 liter

Selain itu, keraguan akan performa Xenia muncul pada kekuatannya melibas tanjakan. Hal ini karena generasi terbaru MPV ini pertama kalinya menggunakan sistem penggerak depan, FWD.

Namun, hal ini dapat tertanggulangi dengan adanya fitur Hill Start Assist yang sudah jadi standar pada MPV saat ini. Selain itu, faktor lain seperti arsitektur DNGA dan transmisi D-CVT memastikan tarikan mobil ini tetap optimal saat di tanjakan.

Hal ini terbukti melalui pengujian melewati jalur kelok 44 maupun jalur Cangar-Malang. New Xenia 2021 terbukti mampu melahap tanjakan tipe long continues slop tersebut dengan mudah, bahkan dengan kondisi penumpang full.

Dimensi

Dimensi New Xenia 2021 mengalami peningkatan daripada Grand Xenia generasi sebelumnya. Sekarang, PxLxT generasi terbaru mencapai 4.395 x 1.730 x 1.700 mm dengan jarak poros roda 2.750 mm.

Dimensi

Generasi Sebelumnya

New Xenia 2021

Panjang (mm)

4.190

4.395

Lebar (mm)

1.660

1.730

Tinggi (mm)

1.665

1.690 - 1.700

Ground Clearance (mm)

200

195 - 205

Jarak Poros Roda (mm)

2.655

2.750

Dimensi yang lebih besar ini memungkinkan Xenia untuk menyediakan kenyamanan lebih, baik bagi pengemudi maupun penumpang. Di antaranya berupa peningkatan ruangan kaki bagi pengemudi maupun penambahan fitur untuk kenyamanan.

Desain Eksterior

Eksterior New Xenia 2021 kini terlihat lebih gagah dari versi sebelumnya..

Fasad depan berbentuk double trapezoid dengan bagian bawah lebih lebar. Pada varian 1.5R, terdapat aksen merah yang membentang dari full LED headlamp kanan ke kiri.

Di sisi samping, garis tegas memanjang dari front lamp ke rear lamp. Di atasnya, desain jendela meruncing di ujung belakang, memberikan kesan sporty yang dinamis.

Untuk bagian belakang, desain LED rear lamp combination yang membentuk garis tegas tampak lebih modern dan macho dari sebelumnya. Semua aksen sekarang berada di bagian bawah, mengingatkan pada model SUV yang sporty.

Desain Interior

Selain eksterior yang lebih sporty, interior New Xenia 2021 juga menjanjikan penampilan yang modern dan sporty.

Dashboard yang modern dengan floating head unit 9” yang canggih memberikan tampilan yang futuristik. Aksen merah di bagian dashboard sebagai pemanis juga menampilkan kesan tegas dan sporty.

Nuansa sporty juga terasa dari desain jok yang ergonomis untuk bagian depan. Roda kemudinya pun sudah menggunakan tilt steering yang makin membuat driver nyaman.

Selanjutnya, seat adjuster baris 1 dan 2 bisa diatur lebih fleksibel membentuk sofa untuk kenyamanan dan kebutuhan ruangan yang lebih lapang. Di bagian atas, blower desain yang flat semakin menambah kesan lapang di kabin Xenia generasi terbaru ini.

Secara keseluruhan, bisa dibilang interior Daihatsu All New Xenia 2021 terasa sangat nyaman untuk keluarga.

Fitur Keamanan

Dari segi keamanan, fitur New Xenia 2021 sudah sangat mumpuni untuk kelas Low MPV.

Khusus varian tertinggi (1.5R CVT ADS) sudah mengadopsi sistem keamanan Advance Safety System dari Daihatsu. Fiturnya mencakup:

  1. Collision Warning
  2. Vehicle Departure Warning
  3. Pedal misoperation Control
  4. Lane Departure Warning
  5. Lane Departure Prevention
  6. Hill Start Assist

Selain varian tersebut bagaimana?

Memang belum menerapkan teknologi Advance Daihatsu Safety Sense. Namun, semua varian sudah menyediakan fitur keamanan standar mobil modern. Di antaranya mencakup:

  1. ABS + EBD +  BA untuk pengereman yang akurat;
  2. VSC (Vehicle Stability Control) untuk kestabilan saat berbelok;
  3. Security Alarm; dan
  4. Immobilizer.

Semua spesifikasi dan fitur tersebut cukup untuk membuat Daihatsu All New Xenia menjadi MPV sahabat keluarga yang tangguh dan nyaman.

Harga New Xenia 2021

Dengan berbagai upgrade tersebut, All New Xenia termasuk mobil keluarga yang termurah di kelasnya.

Harga Daihatsu Xenia terbaru mulai dari Rp 190 juta-an, termasuk dalam kategori termurah untuk kelas MPV.

Jika Anda ingin mendapatkan promo spesial untuk MPV andalan ini, Anda bisa membelinya melalui MUF Online Auto Show (MOAS). Dapatkan cashback hingga Rp 1 juta dan bunga mulai 2,3% serta gratis layanan darurat 24 jam selama 1 tahun jika memesan sekarang.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Daihatsu yang disajikan MOAS.

Yuk, hubungi segera customer service kami untuk menjadwalkan test drive dan menjajal keandalan Daihatsu All New Xenia di dealer terdekat di kota Anda.

< Kembali