NEWS

Inovasi Y-Connected Pada Yamaha All New NMAX

Inovasi Y-Connected Pada Yamaha All New NMAX Inovasi Y-Connected Pada Yamaha All New NMAX

Yamaha all new NMAX kini sudah dilengkapi dengan sistem canggih Yamaha Connected yang bisa membuat pengendara memantau kondisi motor secara langsung melalui ponsel. Sistem itu terdiri dari Communication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi ponsel Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) via bluetooth.

Selain bisa memantau kondisi motor, Yamaha Connected juga memungkinkan dashboard Nmax menampilkan notifikasi ponsel seperti panggilan telepon, pesan masuk, atau email.

Sistem seperti Yamaha Connected diklaim Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai yang pertama digunakan di motor di Indonesia.

Cara pakai Yamaha Connected cukup mudah. Sebelum menggunakannya, pengguna Nmax Connected/ABS harus lebih dulu mengunduh aplikasi Y-Connect pada ponsel.

Aplikasi tersebut dapat diunduh di Play Store untuk sistem operasi Android atau App Store buat iOS. Pada Play Store aplikasi ini dapat diunduh dengan kapasitas penyimpanan 15 Mb.

Setelah aplikasi terunduh, pengguna harus mendaftar menggunakan alamat email. Pada tahap itu disebut bluetooth ponsel pengguna akan aktif, namun aplikasi belum dapat digunakan.

Ada tiga cara menghubungkannya, pertama scan QR Code pada perangkat CCU. Kedua pilih koneksi melalui scan barcode nomor rangka motor yang berada di dalam bagasi. Ketiga, memasukkan nomor rangka secara manual, emboss nomor rangka tertera di bagian behel atau pegangan tangan penumpang di bagian belakang motor.

Setelah selesai CCU bakal mulai mencari koneksi dengan ponsel apabila kunci kontak diputar ke posisi on.

Jika sudah terhubung ditandai dengan munculnya indikator Y-Connect dan baterai smartphone pada layar spidometer. Satu ponsel untuk satu motor, kalau mau gunakan ponsel lain, harus log out ponsel pertama dulu. Biar maksimal, sinyal ponsel juga harus stabil ya. 

Informasi yang disajikan di Y-Connect pada layar ponsel merupakan data-data langsung kondisi motor yang diambil dari CCU dan Electronic Control Unit (ECU).

Data teknis yang ditampilkan di antaranya konsumsi bahan bakar. Ini akan membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara, baik secara harian atau bulanan, bahkan tahunan.

Selain itu Y-Connect juga menginformasikan kondisi oli mesin dan voltase baterai (aki), serta memberikan rekomendasi perawatan. Informasi juga bisa lebih detail lagi, misalnya menampilkan data sudut bukaan throttle perputaran mesin, akselerasi, dan berkendara ekonomis. Ada juga notifikasi malfungsi melalui aplikasi Y-Connect dan email jika terjadi masalah pada motor. 

Segera miliki Yamaha New Nmax melalui MUF Online Autoshow sekarang.

< Kembali