NEWS

Jeep Gladiator Rubicon DC, Paling Tangguh di Segala Medan

Jeep Gladiator Rubicon DC, Paling Tangguh di Segala Medan Jeep Gladiator Rubicon DC, Paling Tangguh di Segala Medan

Jeep Gladiator Rubicon DC saat ini masih menjadi salah satu model double cabin termahal yang tersedia di pasar otomotif Tanah Air.

Sejak pertama diperkenalkan pada 2021 oleh PT DAS Indonesia Motor, Rubicon terbaru ini menawarkan kombinasi sempurna antara off-road dan kenyamanan.[1]

Bahkan, Gladiator Rubicon DC bukan cuma tangguh di medan berat, tetapi juga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Seperti apa detail lengkapnya? Simak ulasan berikut sampai akhir!

Spesifikasi

Spesifikasi Jeep Gladiator Rubicon DC mengandalkan mesin 3.6L Pentastar V6. Konfigurasi 6 silinder 24 katup DOHC menghasilkan performa yang luar biasa.[2]

Di Indonesia, mesin berkapasitas 3.604 cc ini merupakan satu-satunya opsi untuk lini Jeep Gladiator.

Kinerja mesinnya mengesankan, dapat dilihat dari daya maksimum 285 HP dan torsi puncak 353 Nm. Ini sangat cukup untuk menaklukkan berbagai medan sulit.

Selanjutnya, transmisi 8-speed otomatis menjadi pilihan Jeep untuk memastikan perpindahan gigi yang halus, ditambah dengan penggerak roda 4x4 (4WD).

Dengan spesifikasi tersebut, Gladiator Rubicon DC pasti dapat memberikan traksi yang maksimal, baik on-road maupun off-road.

Spesifikasi

Gladiator Rubicon DC

Tipe Mesin

3.6 Pentastar V6

Isi Silinder (cc)

3604

Daya Maksimum (HP)

285

Torsi Maksimum Mesin (Nm)

353

Performa

Jeep Gladiator Rubicon DC 4x4 akan langsung menunjukkan ketangguhannya begitu Anda menginjak pedal gas.

Akselerasi 0-100 kpj diraihnya dalam 9,2 detik saja pada mode 4x4 otomatis. Saat di jalan tol, Anda bahkan bisa mencapai kecepatan 179 kpj.[3]

Meskipun demikian, Gladiator Rubicon lebih optimal jika Anda menggunakannya pada kecepatan sedang guna memaksimalkan efisiensi.

Konsumsi BBM di dalam kota sekitar 6,6 kpl dengan kecepatan rata-rata 22 kpj.[4] Sementara itu, konsumsi BBM via jalan tol bisa mencapai 10,8 kpl pada kecepatan konstan 90-100 kpj.

Di sisi lain, keunggulan Jeep Gladiator Rubicon DC 3.6 tentu dari kemampuan off-road-nya.

Suspensi khususnya dari Fox untuk medan berat, yang berkolaborasi dengan sistem penggerak 4x4, membuat mobil ini mampu menaklukkan medan apapun.

Performa

Gladiator Rubicon DC

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

9,2

Kecepatan maksimum (kpj)

179

Konsumsi BBM kombinasi (kpl)

6,6 - 10,8

Kapasitas tangki (liter)

83

Eksterior

Jeep Gladiator Rubicon DC pick up terlihat sangat gagah dari sisi manapun.

Dimensinya bongsor dengan panjang total lebih dari 5,5 meter. Ground clearance-nya juga cukup tinggi, yaitu 254 mm.[5]

Untuk eksterior, di bagian depan Gladiator Rubicon DC menampilkan wajah khas Jeep dengan tujuh slot gril vertikal yang ikonik.

Bumper depan terbuat dari plastik keras, minimalis, tetapi fungsional. Dilengkapi pula dengan hook dan kisi-kisi udara yang memberikan kesan agresif.

Dari sisi kanan dan kirinya, lampu utama LED serta DRL menambah kesan modern pada tampilan depan.

Bergeser ke samping, garis bodi terlihat tegas dan berotot. Absennya footstep membuatnya makin minimalis sekaligus menegaskan karakter off-road.

Untuk profil ban, Jeep menggunakan ban 275/75 R17 dengan velg alloy 17 inci abu-abu yang dirancang khusus.

Bagian yang tak kalah penting dari mobil ini tentunya bak belakang. Ruang seluas 1,5 x 1,4 meter memberi keleluasaan membawa berbagai macam benda hingga 770 kg.

Sebagai aksesori resmi, terdapat penutup bak dari Mopar untuk melindungi muatan dari faktor alam.

Ingin merasakan sensasi berkendara yang lebih seru? Lepas saja atap dan pintunya untuk mengubah tampilan mobil jadi pick up terbuka.

Eksterior

Gladiator Rubicon DC

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

5.539 x 1.875 x 1.933

Ground Clearance (mm)

283

Wheelbase (mm)

3.487

Velg (inci)

17

Interior

Desain interior Jeep Gladiator Rubicon DC sekilas mirip Jeep Wrangler JL. Kapasitasnya lima penumpang dengan formasi tempat duduk 2-3.[6]

Sebagian besar material interior terbuat dari bahan tahan air, terutama karet, untuk mengakomodasi penggunaan outdoor. Tombol-tombol fungsional pada setir dan dasbor juga tahan air.

Selama mengemudi, Anda bebas mengatur posisi paling nyaman karena setirnya sudah mendukung tilt dan telescopic.

Di dasbor, pusat infotainment terdapat di layar tengah berukuran 8,4 inci. Layar tersebut dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay.

Menariknya lagi, Jeep ternyata memberikan banyak ruang penyimpanan. Selain di konsol tengah dan dasbor, masih ada kompartemen tambahan di bawah kursi belakang.

Fitur Keamanan

Tidak hanya menyuguhkan performa yang tangguh, namun Rubicon juga membawa fitur-fitur keamanan canggih.[7]

Di dalam paketnya, Anda akan mendapat fitur asisten mengemudi seperti HDC, BSM, Adaptive Cruise Control, FCW, Rear Cross Path Detection, dll.

Selain itu, Gladiator Rubicon dilengkapi pula dengan sistem pengereman yang efektif. Disc brake di semua roda menguatkan daya cengkram dan jarak pengereman jadi lebih pendek, sehingga meningkatkan keamanan berkendara.

Kemudian untuk menunjang kemudahan parkir, Jeep menambahkan Parksense Rear Park Assist.

Semua itu membuktikan komitmen Jeep dalam menyediakan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Harga

Harga Jeep Gladiator Rubicon DC sekitar Rp2,3 miliar, sepadan dengan kemewahan, performa, dan fitur-fitur yang mengakomodasi kebutuhan Anda.

Anda tidak akan kecewa karena mobil ini menyuguhkan pengalaman berkendara terbaik yang mungkin sulit ditandingi di kelasnya.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, MUF Online Autoshow (MOAS) menawarkan kredit Jeep Gladiator Rubicon yang mudah dan ringan. Manfaatkan kesempatan ini jika Anda ingin merasakan sensasi berkendara Jeep Gladiator Rubicon DC yang legendaris.