NEWS

Jeep Wrangler: Legenda SUV yang Terus Berevolusi

Jeep Wrangler: Legenda SUV yang Terus Berevolusi Jeep Wrangler: Legenda SUV yang Terus Berevolusi

Jeep Wrangler telah berevolusi selama beberapa dekade, namun satu hal yang tetap konstan: komitmennya pada performa off-road yang luar biasa.

Generasi terbaru SUV legendaris ini kini tampil lebih canggih dan semakin trendi dengan mempertahankan DNA offroader Jeep dari masa ke masa.

Seperti apa keistimewaan SUV 4x4 yang telah melegenda ini? Simak review Jeep Wrangler berikut dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fitur, hingga akhir.

Spesifikasi

Spesifikasi Jeep Wrangler menggunakan 2 varian mesin: 2.0 Turbo Engine dan 3.6L PentaStar V6, semua dilengkapi ESS (Engine Stop-Start System).

Varian mesin pertama mampu mengeluarkan daya maksimal hingga 270 hp dan torsi 400 Nm. Adapun varian mesin V6 bisa menyemburkan daya maksimal hingga 285 hp dan torsi 352 Nm.

Spesifikasi

Mesin Turbo

Mesin V6

Tipe Mesin

2.0L Turbo Engine

3.6L Pentastar V6 Engine

Isi Silinder (cc)

1.995 cc

3.604 cc

Daya Maksimum (hp)

270

285

Torsi Maksimum (Nm)

400

352

Jeep Wrangler Indonesia hadir dalam 3 tipe untuk memenuhi kebutuhan spesifik yang berbeda: Jeep Wrangler Sport, Sahara, dan Rubicon.

Varian Sport merupakan tipe dasar yang cocok untuk penikmat offroad sebagai hobi, sedangkan Sahara menawarkan kenyamanan lebih dan fitur tambahan.

Adapun Rubicon, merupakan legenda tersendiri dalam dunia offroad, dengan kemampuan, fitur, dan desain yang sudah disesuaikan untuk penjelajahan alam.

Ketiganya menggunakan sistem traksi yang berbeda, yaitu:

  • Command Track yang merupakan tipe standar 4x4 sistem dengan pengalihan manual,
  • Select Track yang dapat berganti sistem 2H atau 4H secara otomatis sesuai dengan terrain, dan
  • Rock Track, yang terbaik dengan fitur tambahan differensial kunci elektronik dan kontrol sway bar untuk mengatasi medan yang sulit dan kasar.

Performa

Sebagai offroader, performa terbaik Wrangler baru terlihat saat menjelajah medan yang sulit.

SUV Wrangler jelas bukan tipe mobil sport yang fokus pada kecepatan, tapi pada torsi, traksi, dan kapabilitas mengatasi medan offroad. Untuk hal ini, performa Wrangler jelas mengagumkan, tak perlu ada keraguan.

Performa

Mesin Turbo

Mesin V6

Akselerasi 0-100 km/jam

6,4 detik

7 detik

Konsumsi BBM (rata-rata)

9,3 - 10,3 km/liter

7,3 - 10,4 km/liter

Kapasitas tangki

81 liter

81 liter

Mesin yang bertenaga, sistem penggerak dan traksi yang canggih, serta suspensi yang fleksibel menjadikannya opsi terbaik untuk petualangan di alam bebas.

Untuk kemudahan, ada fitur Select Speed Control untuk mengatur kekuatan torsi mesin dan tekanan rem secara otomatis. Untuk perlindungan, ada lapisan pelat baja di bagian bawah untuk menjaga bagian penting dari benturan, batu, dan semacamnya.

Khusus Rubicon, selain sistem Rock Track dengan fitur tambahan di atas, terdapat pula tombol Offroad+ di dasbor. Tombol ini akan mengaktifkan mode offroad on-the-go sehingga performa optimal SUV ini dapat terwujud dengan mudah.

Eksterior

Eksterior Jeep Wrangler mengusung konsep Open Air Freedom yang mengizinkan Anda merasakan sentuhan angin penjelajahan di wajah Anda.

Gril depan mempertahankan desain klasik 7 bilah lubang udara yang legendaris dengan bumper yang unik.

Masing-masing varian memiliki model bumper yang berbeda, dari tipe standar pada Sport, mewah pada Jeep Wrangler Sahara, hingga yang agresif pada Rubicon. Khusus Rubicon, terdapat ventilasi ganda di bagian kap mesin.

Di sisi samping, fender yang besar menjadi ciri khas. Khusus Jeep Wrangler Rubicon, bahkan dapat mengakomodasi ban hingga ukuran 33”. Selain itu, pintu yang mudah dilepas juga sudah menjadi ikon Wrangler yang tak tergantikan.

Bagian belakang terdapat ban cadangan dan bumper baja dengan tow hook. Sementara itu, di atas terdapat hood dengan berbagai pilihan tipe: soft top, three-piece hardtop, dan one touch sky top.

Setiap varian memiliki opsi 2 penumpang dan 4 penumpang. Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Dimensi

Wrangler 2H

Wrangler 4H

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.233 x 1.872 x 1.800

4.751 x 1.872 x 1.800

Ground Clearance (mm)

237

237

Jarak Poros Roda (mm)

2.424

2.947

Interior

Interior Jeep Wrangler memadukan antara gayanya yang ikonik dengan teknologi modern untuk memberikan pengalaman petualangan terbaik.

Bagian dasbor tampak sporty dengan panel gabungan analog yang mengapit MID digital 7”. Head unit 8,4” dan sudah terpasang sistem U-Connect yang fungsional menambahkan sentuhan modern dalam kokpit.

Elemen pemanas terdapat pada kemudi, jok depan, dan kaca spion yang lebar. Ini berguna untuk bertualang di cuaca hujan atau dingin.

Jok mendapat sentuhan kemewahan yang berbeda-beda, tergantung tipe. Paling tinggi, Rubicon, menggunakan Mckinley Leather Trim dan Maddox Embossed Cloth.

Untuk kenyamanan, terdapat AC otomatis dual zone dan audio system Alpine Premium. Sedangkan untuk kemudahan pengemudi, terdapat fitur sneak preview, start stop engine, dan keyless entry.

Fitur Keamanan

Semua Jeep Wrangler sudah dilengkapi dengan fitur safety standar, pasif, dan tambahan yang canggih.

Fitur standar termasuk sistem pengereman dan kontrol stabilitas, hill assist, serta sensor parking dan kamera belakang. Kemudian, ada fitur pasif berupa struktur yang diperkuat serta 6 airbags sebagai penahan benturan.

Untuk fitur advanced, tersedia blind spot monitor, cruise control, forward collision warning, dan lampu high beam otomatis.

Harga

Harga Jeep Wrangler masih terjangkau di kelasnya, dengan varian terendah Sport 2 pintu mulai Rp1,7 miliar, hingga Rubicon 4 pintu seharga Rp2,02 miliar.

Dengan semua keunggulan dan keistimewaannya yang melegenda, rasanya harga berapapun akan pantas untuk sebuah kebebasan dan petualangan yang tak terbatas.

Anda juga bisa menggunakan fasilitas kredit Jeep Wrangler atau kredit  dari MUF Online Auto Show (MOAS) dengan mulai dari Rp36 juta-an per bulan.

Jangan menunggu waktu menggerogoti usia Anda tanpa pernah bertualang. Jadikan setiap hari sebagai petualangan bersama Jeep Wrangler legendaris ini.