NEWS

Kawasaki D-Tracker X, Penguasa Jalanan Kota Sesungguhnya

Kawasaki D-Tracker X, Penguasa Jalanan Kota Sesungguhnya Kawasaki D-Tracker X, Penguasa Jalanan Kota Sesungguhnya

Mengusung slogan “The Real Supermoto in Indonesia”, Kawasaki D-Tracker X seolah menahbiskan diri sebagai penguasa jalanan kota yang sesungguhnya.

Mengalami peningkatan mesin dari versi D-Tracker biasa, D-Tracker X memiliki tenaga yang lebih besar dan desain yang lebih garang.

Seperti apa keistimewaan jagoan urban dari Kawasaki ini? Simak review Kawasaki D-Tracker X dari sisi:

  • spesifikasi dan performa
  • desain dan kenyamanan berkendara

Inilah ulasannya.

Spesifikasi Mesin

Dimaksudkan sebagai supermoto, spesifikasi Kawasaki D-Tracker X menggunakan mesin 4-tak, DOHC dengan pendingin cairan.

Kapasitasnya sebesar 249cc dengan karakter mesin overbore. Ini berarti tenaganya akan cenderung lebih maksimal ketika di putaran menengah ke atas.

Benar saja, daya maksimum D-Tracker X tercatat sebesar 22 PS pada putaran 7.500 rpm. Adapun torsi maksimum mencapai 21 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Spesifikasi

D-Tracker X

Tipe Mesin

4 stroke, DOHC, liquid cooled

Kapasitas

249 cc

Diameter x langkah

72 x 61,2 mm

Daya Maksimum

22 PS/7.500 rpm

Torsi Maksimum

21 Nm/7.000 rpm

Performa

Performa Kawasaki D-Tracker X di jalanan aspal memberikan akselerasi sempurna dengan top speed yang menantang nyali.

Menilik spesifikasinya, tampak bahwa mesin D-Tracker X 250 ini sama seperti yang Kawasaki sematkan pada KLX 250. Baik dari tipe mesin, karakter, hingga keluaran daya dan torsinya, persis sama.

Meski demikian, performa bukan soal mesin saja, desain juga berpengaruh. D-Tracker X jelas memiliki desain yang khusus untuk jadi Supermoto Indonesia.

Akselerasi Kawasaki D-Tracker X untuk 0-60 km/jam dapat tercapai hanya dalam 3,28 detik. Adapun untuk akselerasi 0-100 km/jam, butuh hanya 8,3 detik saja.

Untuk top speednya jangan ditanya. Ini sangat tergantung pada nyali dan mental pengendara. Tapi yang jelas, kecepatan 150 km/jam dapat terlahap sempurna. Meskipun jika di jalanan sebenarnya, sangat jarang Anda bisa mencapai kecepatan tersebut.

Performa

D-Tracker X

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

3,28

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

8,3

Top speed (km/jam)

>150

Kapasitas tangki (liter)

7,5

Sebagai supermoto, D-Tracker X ini seharusnya perlu dicoba juga di jalur motocross yang berlandaskan tanah. Akan tetapi, performanya mungkin tak sebagus tipe KLX yang memang fokus di dual purpose.

Desain

Desain Kawasaki D-Tracker X menunjukkan kesan gagah dan berkelas.

Fasad depan tampak agresif dengan potongan yang tajam, mulai dari headlight, spion hingga spakbor. Suspensi depan menggunakan inverted fork 43 mm yang membuat kesan motor ini jadi makin berkelas.

Bagian dasbor sudah menggunakan speedometer full digital. Tampilannya pun lebih informatif daripada generasi sebelumnya.

Bagian mesin terlihat unik dengan selang berlekuk dan saluran pembuangan udara yang melintang. Dengan model dasar yang terbuka tanpa fairing, hal ini membuatnya makin terlihat gagah.

Body-nya tergolong ramping dibandingkan dengan motor 250cc keluaran Kawasaki lainnya. Ground clearance cukup tinggi di angka 225 mm, meski tak bisa dibandingkan dengan KLX 250 yang memang untuk motocross.

Dimensi

D-Tracker X

P x L x T (mm)

2,130 x 795 x 1,140

Wheelbase (mm)

1,420

Ground Clearance (mm)

225

Seat Height (mm)

860

Berat Isi (kg)

139

Ukuran velg 17”, baik depan maupun belakang, seperti pada adiknya, kelas 150. Adapun rem cakram depan belakang berukuran 300 dan 240 mm. terlihat mantap dan dapat diandalkan.

Kenyamanan Berkendara

Dari segi kenyamanan berkendara, Kawasaki D-Tracker X jelas terasa menyenangkan.

Selain performa  yang lebih memuaskan dengan kubikasi mesin yang lebih besar, desain D-Tracker Supermoto 250 pun tak terlalu menunduk. Jadi, terasa lebih ergonomis untuk perjalanan keliling kota.

Bagian jok memang tidak terasa terlalu istimewa. Akan tetapi, suspensi Unitrack Monoshock di bagian belakang terasa nyaman dan empuk, bahkan saat melahap gundukan di jalan.

Yang paling menyenangkan, tentu saja respon mesin yang sensitif pada putaran throttle. Jadi, Anda tak perlu khawatir adrenalin tak terpacu saat berkeliling kota menggunakan supermoto ini.

Kelebihan D-Tracker 250

Berdasarkan ulasan di atas, kelebihan Kawasaki D-Tracker 250 dapat disimpulkan sebagai berikut.

  1. Mesin 250cc yang responsif dan memberikan performa di atas rata-rata
  2. Desain gagah dan berkelas
  3. Posisi berkendara ergonomis dan nyaman untuk keliling kota dalam waktu lama

Jika hobi Anda adalah ngedrag keliling kota untuk mengisi waktu luang, maka D-Tracker 250 ini sangat cocok untuk Anda.

Harga

Harga Kawasaki D-Tracker X 250 2023 mulai dari Rp69 jutaan. Cukup terjangkau untuk nama besar Kawasaki.

Tapi, akan lebih terjangkau lagi jika Anda memesan lewat MOAS (MUF Online Auto Show). Cukup dengan angsuran sekitar Rp2 jutaan per bulan, Anda sudah bisa memiliki supermoto ini.

Hubungi call center WA 0821-1182-4010 untuk konsultasi pemesanan sekarang juga. Dapatkan bonus dan promo lainnya untuk pembelian Kawasaki D-Tracker X sekarang juga.

< Kembali