NEWS

Kawasaki KSR Pro, Si Mungil Andalan Untuk Fun Riding

Kawasaki KSR Pro, Si Mungil Andalan Untuk Fun Riding Kawasaki KSR Pro, Si Mungil Andalan Untuk Fun Riding

Mengusung slogan “The Joy of Riding in a Compact Package”, Kawasaki KSR Pro menawarkan agresivitas dalam balutan desain yang mungil.

Desain motor supersport mini ini memang compact. Tapi jangan salah, keandalan dan kelincahannya sudah terjamin oleh nama besar Kawasaki.

Apa saja yang menjadi faktor menarik dari motor sport ini? Ikuti review-nya dari sisi:

  • Spesifikasi dan performa Kawasaki KSR Pro 2022
  • Desain dan kenyamanannya saat dikendarai
  • Keunggulan dan harga

Simak ulasannya.

Spesifikasi Mesin

Turun di kelas motor yang sangat segmented, Kawasaki masih mengandalkan mesin berkubikasi 111 cc untuk KSR Pro. Jenis mesinnya 4 tak, SOHC, dengan silinder tunggal dan pendingin udara.

Sistem suplai bahan bakarnya masih menggunakan karburator, sedangkan transmisinya hanya mencapai 4 kecepatan.

Dengan spesifikasi Kawasaki KSR Pro tersebut, daya maksimumnya mencapai 8,7 PS dengan torsi maksimal di 8,4 Nm.

Spesifikasi

KSR Pro

Tipe Mesin

4 tak, SOHC, air cooled, carburettor

Kapasitas

111 cc

Diameter x langkah

53,0 x 50,6 mm

Daya Maksimum

8,7 PS/8.500 rpm

Torsi Maksimum

8,4 Nm/6.000 rpm

Sekilas, angka ini memang kurang memuaskan, terlebih untuk Kawasaki yang sudah terkenal unggul di kelas motor sport.

Akan tetapi, mengingat peruntukannya sebagai fun-riding, spesifikasi ini terasa cukup.

KSR 110 versi Pro ini sudah ada electric starter, berbeda dengan KSR 110 biasa yang hanya pakai engkol. Selain itu, versi ini juga sudah menggunakan kopling. Ini membuat sensasinya makin terasa sporty.

Performa

Melihat spesifikasinya, rasanya tak perlu berharap KSR Pro akan memberikan Anda performa yang sama unggul dengan motor sport Kawasaki lainnya.

Meski demikian, performanya cukup memuaskan untuk kelas motor 110 cc. Gigi satu saja bisa tembus 40 km/jam. Begitu juga dengan top speed-nya, mampu mencapai 100 km/jam.

Namun, sebaiknya Anda tidak memaksanya di kecepatan tinggi. Pasalnya, motor terasa bergetar ketika memasuki kecepatan 80 km/jam. Idealnya ada di 40-60 km/jam sesuai rekomendasinya untuk fun riding.

Singkatnya, untuk Anda adu dengan motor bebek juga tidak kalah. Bahkan, konsumsi BBM-nya tembus 45 km/liter. Untuk ukuran motor karbu, jelas masih terbilang irit.

Performa

KSR Pro

Top speed (km)

100

Konsumsi BBM (km/liter)

45

Kapasitas tangki (liter)

7,3

 

Desain

“Sebagai motor untuk fun riding, desain jadi salah satu poin menarik dari motor mini ini.”

Sebutan mini moto memang cocok untuk disematkan pada KSR Pro ini. Tingginya cuma semeter, lebih sedikit. Alhasil, menaikinya terasa seperti menaiki motor mainan, hanya saja setingkat lebih stylish.

Bodywork-nya mengingatkan pada keluarga KLX series. Headlamp agresif, suspensi long travel, cover garpu depan, semuanya memberikan tampilan racy.

Ukuran velg cast aluminium 12” membuatnya terlihat mungil, walau dimensi Kawasaki KSR Pro sendiri tidak begitu berbeda dengan motor bebek atau matic di Indonesia. Tetapi, ini juga yang menjadikannya unik dan berkesan.

Dimensi

KSR Pro

P x L x T (mm)

1,725 x 740 x 1,020

Wheelbase (mm)

1,170

Ground Clearance (mm)

225

Seat Height (mm)

750

Berat Isi (kg)

94

 

Kenyamanan Berkendara

“Untuk tujuan fun riding, ergonomisitas Kawasaki KSR Pro sangat dapat diandalkan.”

Handle bar yang tinggi dan lebar dengan seat yang rendah membuat handling motor sport ini cukup ringan. Bahkan pengendara kelas pemula yang baru lulus SIM tak akan mengalami kesulitan berarti.

Desain ini juga membuat pengendara lebih mudah bermanuver di tengah kemacetan. Jadi, untuk pemakaian di area urban yang sering membutuhkan stop and go akan sangat cocok serta nyaman untuk pemakaian harian.

Sayangnya, untuk pemakaian jarak jauh mungkin akan bikin pegal, terutama jika tinggi badan Anda di atas 175 cm. Selain karena postur motornya yang mungil, ada getaran ketika memacunya di kecepatan tinggi yang cukup mengurangi kenyamanan.

Tentu saja hal ini seharusnya bukan masalah karena sepertinya Anda juga tidak mungkin akan menggunakannya untuk touring. Tapi kalau untuk fun riding, motor ini sempurna dengan karakter berkendara yang menyenangkan.

Kelebihan KSR Pro

Dari review Kawasaki KSR Pro di atas, dapat disimpulkan kelebihannya sebagai berikut:

  1. Mesin karbu yang bertenaga dan irit
  2. Desain yang unik dan mengundang decak kagum
  3. Kontrol yang mudah dan lincah dalam bermanuver
  4. Ergonomis dan menimbulkan rasa senang saat berkendara

Harga

Harga Kawasaki KSR Pro 2022 berkisar di angka Rp40 jutaan. Cukup mahal mengingat motor ini diimpor penuh (CBU) dari Thailand.

Untuk Anda yang menginginkan motor sport murni tentu masih banyak pilihan lainnya di harga tersebut.

Namun, bagi Anda yang menginginkan pengalaman fun riding yang sempurna, maka KSR Pro ini sangat pas menjawab keinginan Anda.

Jika Anda tertarik, hubungi MUF Online Auto Show (MOAS) di WA 0821-1182-4010 untuk menjadwalkan test ride. Rasakan sendiri sensasi fun riding yang menggembirakan di atas Kawasaki KSR Pro.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit Motor Kawasaki yang disajikan MOAS.

< Kembali