NEWS

Kawasaki Ninja E-1, Motor Listrik Sport Ramah Pemula

Kawasaki Ninja E-1, Motor Listrik Sport Ramah Pemula Kawasaki Ninja E-1, Motor Listrik Sport Ramah Pemula

Kawasaki Ninja e-1 menjadi pembuka era baru motor listrik bagi Kawasaki. Apa saja keunggulan yang ditawarkan?

Mengusung slogan “Spark a New Era”, Kawasaki Ninja e-1 dengan jelas memperkenalkan diri sebagai pembuka era baru motor listrik bagi pabrikan ini.

Terkenal dengan produk motor sport yang stylish dan bertenaga, Kawasaki akhirnya memperkenalkan racikan barunya untuk pengendara pemula.

Mengambil basis dari Kawasaki Ninja 400, Ninja e-1 mengundang antusiasme yang besar dari pecinta motor sport.

Seperti apa keistimewaan motor listrik pertama dari Kawasaki ini? Simak ulasannya dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fitur berikut ini.

Spesifikasi

Spesifikasi Kawasaki Ninja E-1 menggunakan motor listrik yang setara dengan mesin bensin 125cc.

Mesinnya menggunakan tipe permanent magnet synchronous motor dengan daya maksimal 12 PS dan torsi 40 Nm. Motor ini mendapat daya dari 2 buah baterai Lithium-ion berkapasitas masing-masing 1,8 kWh.

Kapasitas sebesar ini membutuhkan waktu charging 4 jam untuk penuh, dan 2 jam untuk mengisi dari 20% ke 80%. Dalam kondisi penuh, masing-masing baterai bisa mengantar sejauh 66-72 km.

Berarti, jangkauan Kawasaki Ninja e-1 sekitar 150 km, bisa lebih dengan mode Eco.

Spesifikasi

Ninja e-1

Tipe motor

Permanent magnet synchronous

Daya maksimum

12 PS

Torsi

40 Nm

Kapasitas baterai

2 x 1,8 kWh

Charging time

3,5-4 jam (1,5-2 jam untuk 20-80%)

Ada 3 mode berkendara: Walk (termasuk gerakan mundur), Eco dan Road. Mode Eco akan membuat motor lebih hemat energi, tapi performa dikompromikan. Sebaliknya, mode Road membuat motor lebih laju, tapi konsumsi energi baterai juga cukup deras.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur e-Boost. Ini mirip seperti NOS, memberikan Anda semburan daya yang kuat sementara.

Tapi, fitur ini hanya bisa menyala sekitar 15 detik karena bisa membuat baterai cepat panas. Kemudian, setelah beberapa waktu off, fitur ini baru bisa tersedia lagi.

Performa

Performa Ninja e-1 termasuk yang terbaik di kelas motor listrik setara 125cc lainnya.

Nama Kawasaki jelas menjadi jaminan performa sebuah motor sport. Begitupun pada motor listrik pertamanya ini.

Kawasaki Ninja e-1 memiliki akselerasi 0-60 km/jam yang cukup cepat, yaitu sekitar 6 detik. Walaupun, ternyata ini masih kalah dari Kawasaki Z125 dengan mesin bensin (5,5 detik).

Meski demikian, tarikannya jelas lebih responsif karena menggunakan torsi instan dari motor listrik. Selain itu, top speed Kawasaki Ninja e-1 patut dipuji, yaitu mencapai 105 km/jam, lumayan untuk motor listrik setara 125cc.

Sayangnya, hal itu jika e-Boost aktif. Kalau tidak aktif, kecepatan maksimumnya hanya mentok di 88 km/jam.

Performa

Ninja e-1

Akselerasi 0-60 km/jam

6 detik

Top speed

Eco = 64 km/jam

Road = 88 km/jam

Road + e-Boost = 105 km/jam

Keunggulan lainnya dari motor ini yaitu pengendaliannya yang ringan serta suspensinya yang empuk dan nyaman. Jadi, ramah untuk pengendara pemula.

Desain

Desain Ninja e-1 mengambil basis motor sport fairing Kawasaki Ninja 400, tapi cukup ramah bagi pengendara pemula.

Kawasaki e-1 memiliki desain bodi yang sporty dan futuristik, mengambil basis Ninja 400. Bodi motor ramping dan aerodinamis, dengan lekukan-lekukan yang tegas dan elegan. “EV Ninja” tertera di sisi samping tanpa terlihat mencolok.

Warna-warna yang ditawarkan adalah silver dan hijau metalik, yang mencerminkan karakter motor listrik yang modern dan ramah lingkungan.

Lampu depan LED, terdiri dari 2 lampu utama dan DRL yang memiliki desain agresif. Begitu juga lampu belakang, LED bercover merah dengan desain shuriken segitiga yang tajam.

Di bagian atas, dasbor menggunakan layar TFT dan dapat terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi RIDEOLOGI THE APP. Anda bisa mengetahui informasi motor dengan lengkap, bahkan mendapatkan notifikasi pesan dan telepon.

Velg menggunakan ukuran 17”. Sudah tersemat rem cakram double piston dan fitur ABS yang mencegah roda terkunci saat pengereman.

Dimensinya cukup nyaman untuk dikendarai oleh postur orang Indonesia. Tinggi jok hanya 785 mm, seperti rerata motor Indonesia pada umumnya.

Dimensi

Ninja e-1

Wheelbase (mm)

1.370

Ground Clearance (mm)

160

Seat Height (mm)

785

Berat Isi (kg)

140 (dengan baterai)

Fitur

Ninja e-1 dilengkapi berbagai fitur canggih untuk manajemen mesin dan sasis.

Setidaknya ada 7 fitur Kawasaki Ninja e-1 yang menjadi keunggulan. Untuk pengaturan mesin, ada fitur Power Mode (Eco-Road), Walk Mode (with Reverse), dan e-Boost untuk memaksimalkan performa sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk manajemen sasis, ada fitur ABS yang mencegah slip saat pengereman. Lalu untuk kenyamanan, konfigurasi stang, jok, pijakan, dan lainnya mudah disesuaikan untuk mendapatkan posisi berkendara yang ergonomis.

Selain itu, ada fitur konektivitas smartphone yang memberikan Anda banyak kepraktisan dan kemudahan.

Yang tak kalah praktis, baterainya bisa dicopot sehingga Anda bisa charge dengan charging dock atau langsung di motor, lewat offboard charge.

Harga

Harga Kawasaki Ninja e-1 berada di kisaran Rp149 juta, cukup tinggi mengingat motor ini diimpor utuh (completely built in - CBU) dari Thailand.

Jika respon masyarakat bagus, bukan tidak mungkin Kawasaki akan melokalisasi motor ini sehingga harganya bisa lebih murah.

Berminat menjadi yang pertama-tama menikmati inovasi motor listrik dari Kawasaki? Hubungi layanan call center dari MUF Online Auto Show (MOAS) untuk bisa mendapatkan Kawasaki E-1 lebih cepat dan mudah.

< Kembali