NEWS

Kawasaki Stockman: Motor Offroad Tangguh untuk Kerja

Kawasaki Stockman: Motor Offroad Tangguh untuk Kerja Kawasaki Stockman: Motor Offroad Tangguh untuk Kerja

Mengusung slogan “Built Tough”, Kawasaki Stockman seolah menasbihkan diri sebagai motor yang cocok untuk petualangan di alam liar.

Kawasaki membekali Stockman dengan tenaga yang buas dan bodi yang kuat. Hasilnya, sepeda motor ini bisa jadi solusi efektif untuk Anda yang bekerja di medan berat atau sekadar cari tantangan di alam terbuka.

Seperti apa ketangguhan motor offroad ini? Simak review Kawasaki Stockman Indonesia berikut dari sisi spesifikasi, performa, fitur, dan kenyamanan berkendara.

Spesifikasi

Spesifikasi Kawasaki Stockman didesain untuk medan yang berat.

Kawasaki Stockman adalah motor trail yang dibuat untuk bekerja di medan yang berat seperti perkebunan, pertanian atau pertambangan.

Motor ini dibekali mesin tangguh dan bertenaga dengan spesifikasi 4-tak, camshaft tunggal, dan berpendingin udara. Mesinnya sama persis dengan yang Kawasaki sematkan pada KLX 230.

Spesifikasi mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 19 daya kuda, dan torsi hingga 19,8 Nm.

Spesifikasi

Stockman

Tipe Mesin

4 stroke, SOHC, air cooled

Kapasitas

233 cc

Diameter x langkah

67 x 666 mm

Daya Maksimum

19 PS/7.600 rpm

Torsi Maksimum

19,8 Nm/6.100 rpm

Motor trail ini menggunakan transmisi manual 6 speed yang membuatnya lebih responsif dan fleksibel saat berpindah gigi.

Dengan spesifikasi seperti di atas, Anda bisa mengendarai Kawasaki Stockman dengan nyaman dan aman di berbagai medan yang berat.

Performa

Stockman didesain untuk penggunaan di jalur offroad dan bukan untuk onroad.

Motor ini memang khusus untuk offroad sehingga Anda juga tidak perlu mengurus STNK-nya. Konsekuensinya, cukup sulit untuk mengukur performanya.

Akan tetapi, karena menggunakan mesin yang sama pada KLX 230 yang berfungsi untuk dual purpose. Artinya, kalau Anda mencobanya di jalur aspal, mungkin bisa mencapai 60 km/jam dalam 10 detik seperti KLX 230.

Performa

Stockman

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

10

Kapasitas tangki (liter)

7,5

 

Performa terbaiknya tentu muncul ketika Anda gunakan di medan offroad. Dengan mesin tangguh, ban tapak kasar, dan suspensi teleskopik 37 mm + , Anda dapat dengan mudah menaklukkan kontur jalanan yang ekstrim.

Desain

Kawasaki Stockman memiliki bodi yang tangguh, berlapis besi, dan fungsional untuk kebutuhan kerja berat.

Lampu depan masih menggunakan halogen, persis seperti KLX 230 yang lama. Di atasnya, ada rak yang memudahkan Anda untuk membawa barang.

Bagian speedometer sudah pakai digital. Ada pelindung handling yang terbuat dari besi serta pengunci tuas kopling untuk kebutuhan berhenti darurat.

Bagian mesin juga memiliki pelindung besi dan skid plate, tapi skid plate-nya terbuat dari bahan plastik. Standar samping ada 2: di kiri dan kanan. Ini juga cukup membantu ketika butuh berhenti darurat di kondisi jalan yang sulit.

Di belakang juga ada rak lagi dengan ukuran yang lebih panjang. Kemudian, tidak ada pijakan kaki bagi penumpang, yang berarti motor ini memang tidak bertujuan untuk membonceng orang, tapi khusus membawa barang.

Dari sisi dimensi, motor trail ini cukup ramping dengan hanya 840 mm. Tinggi joknya cukup lumayan, yaitu 845 mm. Ground clearance bahkan lebih tinggi dari KLX 230, yaitu 255 mm (vs 230 mm).

Dimensi

Stockman

P x L x T (mm)

2.105 x 920 x 1.110

Wheelbase (mm)

1.360

Ground Clearance (mm)

255

Seat Height (mm)

845

Berat Isi (kg)

137

Kenyamanan Berkendara

Stockman didesain untuk memberikan kenyamanan dan fungsional bagi kebutuhan kerja.

Suspensi depan teleskopik 37 mm dan belakang New Uni Trak dengan per adjustable, memberikan kenyamanan yang cukup saat melibas jalan berbatu sekalipun.

Meskipun bodi ramping, joknya juga cukup lebar dan datar sehingga memberikan kenyamanan dan keleluasaan untuk bergerak.

Pengendalian motor ini juga cukup mudah berkat adanya rem cakram depan belakang dengan tipe twin piston (depan) dan single piston (belakang).

Beberapa fitur lain yang memberikan kenyamanan bagi pengendara (sekaligus fungsional untuk kebutuhan kerja) antara lain:

  • Pengunci tuas kopling
  • Standar samping ganda
  • Ban tapak kasar dengan ukuran 21 dan 18 inchi
  • Spakbor belakang yang lebar
  • Pelindung knalpot di sisi atas

Harga

Harga Kawasaki Stockman 2023 berada di kisaran Rp60 jutaan. Segmen ini baru ada 1 varian dan 1 generasi karena merupakan segmen baru di bidikan Kawasaki.

Jika Anda bekerja di bidang peternakan, perkebunan, pertanian, atau pertambangan, maka jelas motor ini wajib Anda miliki.

Terlebih, harganya cukup terjangkau jika Anda mengambil fasilitas kedit dari MUF Online Auto Show (MOAS). Syaratnya mudah dan prosesnya cepat, serta banyak promo dan bonusnya. Segera hubungi customer service kami dan jadikan Kawasaki Stockman sebagai bagian dari penyokong kesuksesan bisnis dan pekerjaan Anda.

< Kembali