NEWS

KIA Carens 2022, Premium dengan Performa SUV dan Fitur MPV

KIA Carens 2022, Premium dengan Performa SUV dan Fitur MPV KIA Carens 2022, Premium dengan Performa SUV dan Fitur MPV

Setelah dipamerkan pada Maret lalu, KIA Carens akhirnya resmi meluncur di jalanan Indonesia pada Agustus 2022.

Turun di kelas MPV premium, mobil keluarga besutan KIA ini bakal bersaing dengan merek  asal Jepang, seperti Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander.

Lantas, apa yang menjadi modal MPV asal pabrikan Korea ini dari segi spesifikasi, performa, desain, dan fiturnya? Simak ulasannya berikut.

Spesifikasi

Pada Maret lalu, MPV ini sempat dipamerkan di ajang Jakarta Auto Week dengan opsi mesin bensin dan diesel. Namun, KIA Carens Indonesia akhirnya resmi menggunakan bahan bakar bensin.

Ada 2 varian mesin KIA Carens Indonesia, yaitu Kappa 1.4L Turbo dan Gamma 1.5L DOHC. Keduanya sudah menggunakan teknologi Dual CVVT yang membuat bahan bakar lebih irit dan menghasilkan emisi rendah.

Spesifikasi KIA Carens 2022 ini menghasilkan tenaga yang berbeda di tiap mesinnya. Selisih daya dan torsi antara mesin Turbo dan 1.5L DOHC tersebut mencapai 25 PS dan 98 Nm.

Transmisi kedua varian ini juga berbeda. Carens bermesin Turbo menggunakan transmisi Dual Clutch yang memberikan performa dan sensasi lebih mengesankan. Adapun Carens bermesin 1.5L menggunakan IVT yang lebih fokus pada penghematan bahan bakar.

Spesifikasi

Carens 1.4 Turbo

Carens 1.5L

Tipe Mesin

Kappa 1.4L Turbo

Gamma 1.5L DOHC

Isi Silinder (cc)

1.353

1.497

Daya Maksimum (PS/rpm)

140/6.000

115/6.300

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

242/1.500-3.200

144/4.500

Transmisi

7 Speed Dual Clutch

Intelligent VT

Performa

Meski tak sekencang KIA Seltos, performa KIA Carens sangat memuaskan.

Pada pengujian, varian yang menggunakan mesin Turbo berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik untuk akselerasi dari 0-100 km/jam. Angka ini hanya terpaut sedikit dari SUV murni KIA Seltos yang mencatatkan angka 9,72 detik.

Untuk sensasi yang lebih, Anda juga bisa memilih mode berkendara Eco, Comfort, atau Sport. Meski perbedaan performa antar mode tidak terlalu jauh, tapi responsivitas mesin terasa cukup berbeda.

Secara performa memang relatif lebih unggul, tapi konsumsi BBM KIA Carens sepertinya masih kurang irit daripada kompetitor. Untuk dalam kota hanya mencatatkan 8-10 km/liter, sedangkan luar kota masih bisa mencapai 14-16 km/liter.

Performa

Carens 1.4 Turbo

Akselerasi 0-100 km/jam

10,18 detik

Konsumsi BBM dalam kota

8-10 km/liter

Konsumsi BBM luar kota

14-16 km/liter

Kapasitas tangki

45 liter

 

Eksterior

Desain KIA Carens terinspirasi dari alam berpadu dengan kecanggihan teknologi dan inovasi yang berani.

Eksterior KIA Carens bagian depan mengingatkan pada wajah macan. Desain LED headlamp dan DRL di atasnya menampilkan bentuk tiger nose khas Carens.

Sementara itu, velg dual tone dengan crystal cut menjadi bagian menarik dari fasad sampingnya. Di bagian lain, bumper belakang berhiaskan pattern diamond yang terlihat elegan.

Yang membuat KIA Carens tampak makin SUV adalah adanya skylight sunroof di bagian atas. Para desainer KIA menyebutnya sebagai portal menuju dunia lain.

Interior

Tak hanya eksterior, desain interior KIA Carens juga impresif dan menampilkan kesan elegan sporty.

Bagian dalam kabin bernuansa dual tone yang sporty dan cantik. Dasbor dilengkapi dengan head unit 8” dengan konektivitas smartphone yang canggih. Selain itu, meter cluster sudah LCD dengan Advanced 4,2” color yang bisa menampilkan mode berkendara serta HTPM (Tyre Pressure) System.

Dengan dimensi 4.540 x 1.8000 x 1.700 mm, ruang kabin terasa cukup luas. Pengemudi dapat merasa lega, terlebih dengan desain kemudi yang menggunakan mode D-cut.

Selain itu, kursi baris 2 dan 3 bisa Anda lipat jika butuh ruang bagasi tambahan. Bahkan, Anda hanya perlu menekan tombol elektrik untuk melipat kursi tersebut.

Dimensi

All New Carens

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.540 x 1.8000 x 1.700

Ground Clearance (mm)

195

Jarak Poros Roda (mm)

2.780

 

Untuk kenyamanan, banyak sekali fitur tambahan dari KIA Carens. Sebut saja jok depan yang menggunakan desain ventilated, wireless charging, BOSE sound system, hingga outlet AC terpisah di baris kedua dan ketiga.

Fitur Keamanan

Safety feature KIA Carens cukup mumpuni dengan 6 SRS airbag, HTPM System, rem cakram seluruh roda, hingga sensor parking depan belakang.

Terlebih, rangka MPV ini menggunakan baja berkekuatan tinggi dengan teknologi hot stamping. Ini memberikan kekuatan pada rangka sekaligus mempertahankan bobot yang lebih ringan.

Selain itu, fitur standar keamanan mobil modern seperti ABS+EBD+BA, Hill Assist & Brake, serta Stability Control juga sudah tersemat.

Harga

KIA Carens 7 seater memiliki harga mulai dari Rp389 jutaan, sedangkan harga KIA Carens 1.4 Turbo 6 penumpang mulai dari Rp449 jutaan. Memang sedikit di atas Veloz maupun Xpander Cross, tapi keunggulan performa dan fiturnya juga cukup terlihat.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik, Anda bisa memesan di MUF Online Autoshow (MOAS). Tersedia skema menarik dengan bunga rendah dan cicilan ringan spesial untuk Anda.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil KIA yang disajikan MOAS.

Langsung saja hubungi WA 0821-1182-4010 dan miliki KIA Carens yang sporty, nyaman, dan canggih ini segera.