NEWS

KIA EV6 GT Line, Mobil Listrik Bergaya Sporty Kelas Premium

KIA EV6 GT Line, Mobil Listrik Bergaya Sporty Kelas Premium KIA EV6 GT Line, Mobil Listrik Bergaya Sporty Kelas Premium

GIIAS 2022 bulan Agustus menjadi ajang perkenalan KIA EV6. Setelah menerima 100 lebih pesanan, mobil listrik ini resmi meluncur di akhir tahun.

Sementara produsen lain berlomba di pasar mobil listrik murah, KIA cukup percaya diri masuk segmen EV mewah. Ya, harganya terbilang fantastis.

Pabrikan Korea menawarkan tiga tipe, yakni Wind, GT dan GT Line. Akan tetapi, KIA Indonesia hanya menjual EV6 GT Line.

Meskipun mahal, tetapi peminatnya sangat ramai bahkan sejak belum resmi rilis. Banyak alasan mengapa EV6 mungkin adalah mobil listrik terbaik saat ini.

Untuk mengenal lebih jauh, berikut KIA EV6 review.

Spesifikasi

EV6 GT Line menggunakan motor penggerak ganda dengan konfigurasi All Wheel Drive (AWD). Maksudnya, tenaga disalurkan melalui roda belakang dan depan.

Motor bertipe PMSM di EV6 mampu menghasilkan daya sampai 325 PS dan torsi maksimum 605 Nm.

Di kategori kendaraan listrik baterai, KIA EV6 AWD mendapat sokongan dapur pacu sangat mumpuni. Perjalanan dekat maupun jauh bukan masalah.

Selain itu, mobil ini juga menggunakan platform E-GMP yang secara khusus dibuat Hyundai Group untuk kendaraan listrik.

Lalu baterainya Liquid Cooled Lithium-Ion bermuatan 77,4 kWh. Bagaimana performa yang disuguhkan mesin dan baterai tersebut?

Spesifikasi

EV6

Tipe Motor

PMSM

Kapasitas Baterai (kWh)

77,4

Daya Maksimum (PS)

325

Torsi Maksimum (Nm)

605

Performa

Selanjutnya, tarikan KIA EV6 GT Line sangat halus dengan transmisi single-speed otomatis. All electric-range (AER) mobil ini kurang lebih 506 kilometer.

“Jika baterai terisi penuh, berarti cukup untuk perjalanan Jakarta-Semarang atau lebih jauh tanpa harus mengisi daya.”

Jarak tempuhnya mengungguli kebanyakan mobil listrik keluaran terbaru. Jadi, Anda tidak perlu sering-sering nge-charge.

Kalaupun mendesak di tengah perjalanan, EV6 mendukung fitur fast charging 800V. Dari 10-80% cuma harus menunggu 18 menit. Setiap pengisian 4,5 menit cukup untuk perjalanan 100 kilometer.

Sangat menarik melihat bagaimana performa EV6 tidak jauh beda dengan SUV konvensional. Dual motornya itu mampu mencapai top speed 260 kpj.

Performa

EV6

Jarak Maksimum (km)

506

Kecepatan Maksimum (kpj)

260

Eksterior

KIA EV6 Indonesia tersedia dalam lima warna. Desainnya mengadopsi konsep mobil sport umumnya. Jadi, orang mungkin tidak mengira bahwa itu mobil listrik.

Beberapa fitur eksterior menjadi sorotan, pertama adalah headlamp. Pola lampunya bergerak seperti animasi. Frame lampu menyambung dari kanan ke kiri.

Kemudian di samping, EV6 sudah pakai pegangan pintu tersembunyi. Tenang saja, pegangan akan muncul dengan sensor sentuhan yang minim.

Desain unik tampak di bagian belakang. Lampu LED-nya melengkung bak pelangi dan memiliki detail menawan. Ini semakin menambah kesan sporty.

Sebagai tambahan, fog lamp juga sudah terpasang di depan dan belakang.

Di bagian atap terdapat spoiler yang terintegrasi dengan stop lamp, lalu di atasnya lagi Anda memiliki sunroof dengan tilt and sliding.

Secara umum, dimensinya cukup besar jika dilihat dari luar. Apakah bagian dalamnya juga lega?

Eksterior

EV6

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.695 x 1.890 x 1.550

Jarak Poros Roda (mm)

2.900

Interior

Setelah melihat eksterior, intip KIA EV6 interior. Pengaplikasian platform E-GMP membuat EV6 punya ruang kabin yang lega. Kurang lebih sama seperti SUV ukuran menengah.

Platform E-GMP sangat berguna untuk pergerakan yang lebih lincah saat manuver.

Kabin EV6 benar-benar nyaman sekaligus menyenangkan. Kursinya sangat empuk dan mudah diatur posisinya sesuai keinginan Anda.

Sambil menunggu pengisian daya, kursi bisa diposisikan rebah. Bisa juga untuk tidur sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

Canggihnya mobil elektrik, fitur-fiturnya juga futuristik. Kursi di EV6 ini dapat menyesuaikan dengan cuaca.

Untuk penumpang di baris kedua juga tidak perlu cemas. Ruang kakinya tersisa cukup lebar.

Cuma berkendara berdua dan bawa banyak barang? Kursi baris kedua bisa disulap menjadi ruang bagasi dengan kapasitas hingga 1.300 liter.

Fitur Keamanan

Pertanyaan selanjutnya, apakah KIA electric car EV6 cukup aman? Ya, fitur penunjang keamanan dan keselamatannya sudah lumayan lengkap.

Coba lihat satu persatu, mulai fitur RSPA atau bantuan parkir jarak jauh. Dengan teknologi pintar ini Anda bisa keluar kendaraan untuk memarkirkan mobil secara aman.

Kedua, headlamp yang digunakan ternyata punya fitur canggih. Lampu akan terus menyala, tetapi redup apabila sedang tidak gelap. Sorotannya saat malam hari pun tidak mengganggu konsentrasi mengemudi.

Lalu ada pula kamera dan radar yang berkombinasi mendeteksi potensi tabrakan. Fitur bernama FCA ini memungkinkan EV6 mengerem otomatis atau mengirim sinyal kepada pengemudi.

Terakhir, SEA membantu Anda “melihat” titik buta dengan sinyal digital.

Harga

Harga KIA EV6 GT Line memasuki 2023 yaitu di kisaran Rp1,3 miliar untuk OTR Jakarta. Untuk catatan, harga mungkin berubah tanpa pemberitahuan dan berbeda di dealer tempat Anda memesan EV6.

Mau tahu dapat KIA EV6 dengan cicilan ringan? Ajukan kredit di MOAS (MUF Online Auto Show). Di sini Anda bisa membeli EV6 baru, atau jika tersedia juga yang bekas.

< Kembali