NEWS

Kia EV9 GT Line, SUV Listrik Mewah Berkonsep Masa Depan

Kia EV9 GT Line, SUV Listrik Mewah Berkonsep Masa Depan Kia EV9 GT Line, SUV Listrik Mewah Berkonsep Masa Depan

PT KIA resmi memperkenalkan Kia EV9 GT Line, mobil listrik baru yang diluncurkan di pameran GIIAS 2023.

Mobil ini merupakan salah satu dari empat model elektrik yang dibawa Kia ke Indonesia dalam rangka mendorong elektrifikasi yang berkelanjutan.

Indonesia bahkan berkesempatan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang bisa menikmati EV9 GT-Line.

Hadir dengan desain modern, teknologi terdepan dan performa yang luar biasa, Kia siap menggebrak pasar SUV listrik Tanah Air.

Lantas, apa yang spesial dari Kia EV9 GT Line 2024? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Spesifikasi

SUV listrik EV9 GT-Line dibangun di atas platform E-GMP hasil kembangan Hyundai Group.

Platform E-GMP terkenal sangat fleksibel, sehingga cocok untuk berbagai jenis mobil di segmen yang berbeda.”

Dapur pacunya menggunakan baterai sebesar 99,8 kWh dengan 456 sel yang menjadi sumber tenaga untuk dua motor listrik yang kuat.

Sebagai gambaran, EV9 GT-Line dapat mengeluarkan power hingga 379,5 HP dan torsi 700 Nm. Angka ini termasuk tinggi untuk sebuah mobil listrik.

Tenaga tersebut kemudian disalurkan melalui sistem penggerak empat roda (AWD) yang andal serta transmisi otomatis.

Berikut ringkasan spesifikasi Kia EV9 GT Line yang menggunakan motor listrik:

Spesifikasi

EV9 GT Line

Tipe Mesin

PMSM

Daya Maksimum (HP)

385

Torsi Maksimum (Nm)

700

Baterai Lithium-Ion (kWh)

99,8

Performa

Selanjutnya, dari segi performa EV9 GT-Line adalah mobil listrik yang tangguh. Jarak tempuhnya cukup jauh berkat baterai besar dan motor listrik yang kuat.

Bisa dibilang juga EV9 GT-Line adalah mobil listrik yang hemat energi. Buktinya, mobil ini dapat menempuh 497 km hanya dengan sekali charge. Waktu pengisian daya AC adalah 645 menit, sedangkan DC hanya 23 menit.

Responsivitas mesinnya pun terbilang mengesankan. Dalam uji akselerasi, EV GT-Line bisa berlari dari 0 ke 100 kpj dalam 5,3 detik saja.

Selain akselerasi yang cepat, kenyamanan berkendara mobil ini juga mendapat perhatian khusus dari Kia.[5] Itulah kenapa suspensinya sangat halus dan stabil, serta memiliki pengaturan mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan.

Performa

EV9 GT Line

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

5,3

Kecepatan Maksimum (kpj)

200

Jarak Penggunaan Baterai (km)

497

Eksterior

Terinspirasi dari filosofi “Bold for Nature”, EV9 GT-Line memiliki desain eksterior yang minimalis, namun terkesan kuat.

Pertama, karena motif Digital Tiger Face pada grille yang sewarna body. Kemudian, lampu depan yang vertikal juga menambah nuansa futuristik.

Mengutip situs resminya, pilihan warna Kia EV9 GT Line ada 8. Dua warna di antaranya, yaitu Pantara Metal dan Iceberg Green, baru akan rilis tahun 2025 mendatang.

Penerapan teknologi terkini membuat grill di EV9 GT-Line dapat diubah-ubah bentuknya melalui aplikasi smartphone.”

Sementara dari sisi samping, area paling menonjol yaitu velg. Kia menggunakan velg 21 inci yang desainnya cukup unik.

Akan tetapi, tidak ada spion digital karena Indonesia belum mengizinkannya. Padahal, varian GT-Line di Korea Selatan sudah menggunakannya.

Bergeser ke sisi belakang, terdapat lampu LED yang menyatu dengan logo Kia.

Secara ukuran, EV9 GT-Line memang tergolong SUV berukuran sedang, namun Kia menawarkan kenyamanan dengan kabin yang luas.

Eksterior

EV9 GT Line

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

5.015 x 1.980 x 1780

Ukuran Velg (inci)

21

Jarak Pijak Roda Depan/Belakang (mm)

875/1.040

Wheelbase (mm)

3,100

Interior

Menyambung pembahasan sebelumnya soal kabin, EV9 GT-Line dapat menampung hingga tujuh penumpang. Selain luas, lantainya juga datar.

Interior Kia EV9 GT Line menggambarkan masa depan. Pengaturan joknya elektrikal, banyak ruang penyimpanan dan dilengkapi fitur-fitur canggih. Mari bahas satu per satu.

Secara umum, interiornya terasa mewah. Mobil ini dilengkapi dengan sunroof panoramik, lampu ambient dan sistem audio premium (14 speaker).

Selain itu, EV9 GT-Line juga menggunakan dashboard modern yang intuitif. Di situ terdapat dua layar, masing-masing 12,3 inci untuk infotainment dan instrumen.

Di sisi lain, ada pula head-up display (HUD) yang akan membantu Anda mengetahui berbagai informasi penting dari kaca depan.

Fitur-fitur menarik lainnya yaitu meliputi tempat pengisian daya wireless, Ventilated & Heated Seats serta Dynamic Body Care.

Fitur Keamanan

Terakhir, Kia menyematkan fitur ADAS Level 2, dalam upaya meningkatkan keamanan pengemudi dan penumpang. Beberapa fitur yang sangat penting, antara lain:

  • SCC,
  • LKA,
  • BCA,
  • RCCA,
  • RSPA.

Selain itu, tersemat pula 10 buah airbag di setiap sudut EV9 GT-LIne serta fitur pintar yang berguna untuk melakukan parkir.

Harga

Kesimpulannya, EV9 GT-Line adalah SUV listrik yang memiliki desain menarik dengan fitur dan performa yang canggih. Tidak heran harganya di atas 1 miliar.

Ya, harga Kia EV9 GT Line di GIIAS 2023 sekitar Rp1,9 miliar OTR Jakarta. Beberapa waktu mendatang, sangat mungkin harganya mengalami perubahan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Jika tertarik memboyong mobil listrik mewah ini, Anda bisa mengajukan kredit mobil di MUF Online Autoshow (MOAS).

MOAS menawarkan angsuran bulanan ringan dengan bunga mulai 2,25% untuk mobil baru Kia EV9 GT Line.

< Kembali