NEWS

KIA Sonet 2022: SUV Smart dengan Fitur di Atas Rata-Rata

KIA Sonet 2022: SUV Smart dengan Fitur di Atas Rata-Rata KIA Sonet 2022: SUV Smart dengan Fitur di Atas Rata-Rata

Cari SUV murah tapi dengan fitur di atas rata-rata? Tentu KIA jagoannya. Cek spesifikasi dan fitur KIA Sonet berikut jika Anda tak percaya.

Mengusung slogan “Forget Ordinary, Live Extra”, KIA Sonet 2022 seolah mengajak Anda untuk memecah rutinitas dan menikmati hidup lebih baik.

Dengan performa dan fitur di atas rata-rata, SUV ini layak menjadi pintu gerbang bagi pencinta SUV kelas new entry.

Lantas, seperti apa kelebihan SUV keluaran pabrikan asal negeri ginseng ini dari segi spesifikasi, fitur, dan performa?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Turun di kelas SUV segmen new entry, spesifikasi KIA Sonet sedikit berbeda dengan “kakaknya”, KIA Seltos.

Pada SUV ini, KIA menyematkan mesin Smart Stream generasi terbaru, Gamma II. Mesin ini memiliki spesifikasi DOHC, dual CVVT dan dual injeksi. Transmisinya ada 6 kecepatan dengan opsi CVT (intelligent transmission).

Meski menggunakan jenis mesin yang lebih rendah dari Seltos, tenaga KIA Sonet terbilang di atas rata-rata. Daya maksimalnya mencapai 115 PS dengan torsi 144 Nm.

Impresif, bukan? Bandingkan dengan Toyota New Raize yang daya maksimumnya masih di bawah 100 PS.

Spesifikasi

KIA Sonet

Seri Mesin

Smart Stream (Gamma II)

Tipe Mesin

DOHC, dual CVVT,

Isi Silinder

1.497 cc

Daya Maksimum

115 PS / 6.300 rpm

Torsi Maksimum

144 Nm / 4.500 rpm

Sistem Bahan Bakar

Dual Injection

Performa

Memiliki spesifikasi mesin di atas rata-rata barulah awal, lalu bagaimana dengan performanya?

Akselerasi KIA Sonet terbilang cukup impresif dengan mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi berhenti dalam 11,4 detik. Meski lebih unggul, tapi hanya terpaut sedikit dari rerata SUV saat ini.

Walau begitu, mobil terbilang irit di kelompok SUV mengingat konsumsi BBM KIA Sonet tembus 20 km/liter untuk rute luar kota.

Performa

KIA Sonet

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

11,4

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

14,9

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

20,4

Kapasitas tangki (liter)

45

Untuk pengalaman mengemudi yang lebih baik, Anda dapat memilih 3 mode mengemudi yang disematkan dalam SUV ini: Eco, Normal, dan Sport.

Selain itu, ada juga pilihan mode terrain Snow, Mud, Sand untuk memaksimalkan traksi dan grip. Jadi tak perlu khawatir meski kondisi jalan sedang hujan berlumpur, atau kering berpasir.

Desain Eksterior

Dari segi ukuran, dimensi KIA Sonet termasuk standar dengan PxLxT = 4.120 x 1.790 x 1.615 mm. Ground clearance-nya pun standar saja. Terlebih SUV ini masih menggunakan ukuran ban 16 inch sementara kompetitornya sudah banyak yang memakai ukuran 17 inch.

Dimensi

KIA Sonet

P x L x T (mm)

4.120 x 1.790 x 1.615

Ground Clearance (mm)

205

Jarak Poros Roda (mm)

2.500

Di sisi lain, desain KIA Sonet cukup unik khas mobil buatan Korea. Bumper depan terlihat kokoh dengan bentuk grill yang simetris. Headlamp-nya tentu sudah LED dengan daytime running light yang tampak eksklusif.

Sisi lain yang menari adalah body KIA Sonet yang penuh lekuk sehingga terkesan berotot. Velg bawaan berukuran 16 inch dengan aksen bumerang warna perak memberikan kesan sporty dan mahal.

Di sisi belakang, bumper berukuran besar tampak menunjukkan kegagahan. Sisanya tampak simpel saja, kecuali tambahan panoramic sunroof di bagian atas yang perjalanan yang lebih menyenangkan.

Desain Interior

Layaknya SUV modern, dasbor KIA Sonet tampak sophisticated dengan berbagai fitur yang menarik.

Head unit berukuran 8 inch memberikan berbagai informasi penting bagi pengemudi. Selain itu, ada tombol Start-Stop Engine dan roda kemudi yang sudah berbalut leather dengan fitur Cruise Control canggih.

Untuk kenyamanan penumpang, ada AC digital otomatis dan mood lamp yang sinkron dengan sound system. Bahkan, di baris kedua pun tersedia power outlet dan jalur AC tersendiri yang membuat penumpang di kursi belakang bakal makin betah.

Fitur Keamanan

Tak perlu menyebutkan fitur ABS+EBD dan HA yang sudah menjadi standar keselamatan mobil modern. Kia Sonet juga dilengkapi dengan sensor ultrasonik yang memudahkan saat memarkir kendaraan.

Selain itu, ada pula 6 SRS Airbag yang memberikan perlindungan lebih bagi pengemudi maupun penumpang dan Vehicle Stability Management. Ini sangat membantu untuk menghindari tabrakan atau kejadian tak diinginkan di perjalanan.

Harga

Untuk kelas SUV, harga KIA Sonet 2022 tergolong cukup terjangkau. Varian KIA Sonet termurah bisa Anda miliki hanya dengan Rp 247 juta-an. Terlebih SUV ini sudah dilengkapi dengan Intelligent Transmission atau CVT ala KIA.

Tentu saja, untuk membuatnya semakin terasa terjangkau, sebaiknya Anda memiliki SUV ini lewat MUF Online AutoShow (MOAS). Dapatkan promo gila kredit KIA Sonet dengan bunga rendah mulai 2,38% dan tenor hingga 7 tahun. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan layanan gratis Emergency Road Assistance 24 jam selama 1 tahun jika booking KIA Sonet sekarang. Chat langsung WA 0821-11824010 untuk respon cepat dengan staf kami.

< Kembali