NEWS

KIA Sorento 1.6T HEV Premiere, SUV Premium Paket Lengkap

KIA Sorento 1.6T HEV Premiere, SUV Premium Paket Lengkap KIA Sorento 1.6T HEV Premiere, SUV Premium Paket Lengkap

Mengusung slogan “Electrifying Luxe”, KIA Sorento 1.6T HEV Premiere menjadi perwujudan elektrifikasi dari gaya kelas atas Sorento.

Sorento sendiri terkenal sebagai lini medium SUV yang penuh gaya dari KIA. Dengan hadirnya varian HEV bermesin turbo ini, kian menambah keunggulan dari SUV ini.

Apa saja keistimewaannya? Berikut review KIA Sorento Hybrid dari spesifikasi, performa, desain, dan fitur-fiturnya.

Spesifikasi

Spesifikasi KIA Sorento hybrid mengkombinasikan mesin 1.6L turbocharged dan motor PMSM bertorsi besar.

Mesinnya tipe Smartstream dengan dengan 4 silinder inline berbahan bakar bensin dan berteknologi turbo injeksi (T-GDI). Mesin ini mampu menyemburkan daya maksimal 179 PS dan torsi 265 Nm.

Selain mesin bensin, SUV ini juga mengusung motor listrik tipe permanent magnet synchronous motor dengan daya 60 PS dan torsi maksimal 264 Nm. Ada baterai 14 kWh sebagai unit pendukung dengan pengisian secara hybrid.

Ketika menyala bersamaan, SUV ini dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 227 PS dan torsi 350 Nm. Cukup buas untuk sebuah SUV berbodi bongsor dengan panjang hampir 5 meter ini.

Tenaga tersebut disalurkan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan shift by wire. Ada 3 mode berkendara (Eco, Smart, Sport) dan 3 mode terrain (Snow, Mud, Sand) terpasang di SUV ini.

Sebenarnya ada 3 tipe Sorento Hybrid: FWD, AWD, dan Plugin Hybrid. Ketiganya memiliki desain dan fitur sama, hanya beda mode penggerak dan mesin. Tapi, yang datang sebagai KIA Sorento Indonesia versi AWD saja.

Performa

Performa Sorento HEV Turbo ini tergolong bertenaga di kelas SUV.

Meski dengan bodi bongsor, akselerasi KIA Sorento 0-100 km/jam dapat tercapai hanya dalam 8,6 detik. Sementara itu, top speed KIA Sorento hybrid ini mampu mencapai 193 km/jam.

Tak hanya dari sisi performa, konsumsi BBM KIA Sorento hybrid ini juga tergolong irit, yaitu tembus 17,1 km/liter (mode Eco). Dengan kapasitas tangki 55 liter, daya jelajahnya bisa mencapai hampir 1.000 km dalam sekali pengisian.

Meski demikian, SUV ini lebih cocok untuk pemakaian di jalan aspal mengingat ground clearance hanya sekitar 176 cm. Walau memiliki 3 mode terrain, SUV ini jelas bukan untuk penjelajahan yang keras. Maksimal hanya light offroad.

Desain Eksterior

Eksterior Sorento HEV mengusung konsep modern dan ikonik.

Fasad depan masih mengandalkan grill “tiger nose” yang ikonik khas Sorento. Hanya saja agak lebar dengan ujung headlamp LED yang terang.

Di bagian samping, terdapat molding yang menyambung ke busur roda dengan skid plate satin elegan. Adapun velg menggunakan alloy 19” bergaya bold.

Bagian atas terdapat roof rail, power panoramic sunroof, antena sirip hiu dan spoiler standar. Pintu belakang sudah memiliki fitur smart power dengan LED combination unik berbentuk vertikal.

Desain Interior

Interior KIA Sorento HEV Premiere menghadirkan kesan canggih dan mewah.

Kabin Sorento HEV terasa mewah dengan sentuhan leather premium  dari Nappa bergaya one tone hitam. Aksen metalik di beberapa titik seperti console, handle, dan air vent juga memberikan kesan mewah dan elegan.

Bagian dasbor terlihat futuristik dengan head unit 10,25” LCD touch screen, 12,3” digital cluster meter, dan 8” head up display yang sudah berwarna. Navigasi, Android Auto, dan Apple Carplay sudah mendukung voice recognition (perintah suara).

Setir sudah multi switch dengan tombol Advanced Smart Cruise Control. Baik setir maupun jok depan juga sudah memiliki fitur heated dan ventilated yang membuat nyaman. Baris dua dan tiga bisa dilipat untuk memaksimalkan bagasi.

Berbagai fitur untuk kenyamanan tersemat di SUV hybrid ini. Contoh: wireless fast charging, 3 stage AC zone, power outlet, USB charging, BOSE 12 speakers, intercom, mood light 64 color, hingga audio suara alam bawaan.

Fitur Keselamatan

KIA Sorento HEV sudah memiliki fitur keselamatan ADAS.

ADAS merupakan kumpulan fitur canggih untuk membantu pengemudi mengatur jalur dan kecepatan mobil secara otomatis, serta mencegah kecelakaan.

Ada sekitar 30 fitur keselamatan aktif, termasuk tipe standar seperti ABS+EBD+BA, Hill Assist, Kontrol Stabilitas Kendaraan. Adapun fitur keselamatan lanjutan berupa Advance Smart CC, Lane Assist, dan Collision Avoidance dan lainnya.

Untuk fitur keselamatan pasif, setidaknya terdapat 6 fitur pada Sorento Hybrid., termasuk di antaranya: 10 SRS airbag, Load Limiters, hingga Side Door Impact Beams.

Harga

Harga Kia Sorento 2023 sekitar Rp968 jutaan, masih di rentang harga Palisade.

SUV ini menawarkan kemewahan desain yang elegan, mesin berperforma hebat, dan fitur canggih yang memanjakan dan memberi perlindungan optimal. Harga tersebut membuatnya jadi alternatif yang menarik untuk kelas SUV premium.

Tertarik membawa pulang si Hidung Macan ini? Manfaatkan fasilitas kredit KIA Sorento dari MUF Online Auto Show (MOAS) untuk mendapatkan skema penawaran yang menarik.

< Kembali