NEWS

Komparasi All New Honda Brio vs Suzuki Ignis, Raja City Car?

Komparasi All New Honda Brio vs Suzuki Ignis, Raja City Car? Komparasi All New Honda Brio vs Suzuki Ignis, Raja City Car?

Kompetisi di kelas city car premium tak pernah jauh dari persaingan antara Honda Brio vs Suzuki Ignis. Kedua mobil dengan harga tak jauh beda ini memang menawarkan performa dan dan fitur yang cukup membuat bimbang.

Berminat untuk membeli salah satu city car terbaik dari Honda atau Suzuki ini? Baca dulu review komparasi antara New Honda Brio vs Suzuki New Ignis berikut ini.

Mesin dan Performa = Akselerasi vs Top Speed?

Sama-sama mengandalkan mesin berkapasitas 1.2 L, rasio kompresi Suzuki Ignis sedikit di atas spesifikasi Honda Brio dengan 11:1 vs 10:1. Ini berpengaruh pada torsi maksimum Ignis (113 Nm/4.200 rpm) yang sedikit lebih tinggi daripada New Brio dengan (111 Nm/4.800 rpm).

Namun, pada putaran maksimum 6.000 rpm, mesin L12B Honda Brio dengan teknologi i-VTEC mampu memberikan daya maksimum 90 PS. Ini mengungguli Suzuki Ignis yang mesin K12M di dalamnya memberikan daya maksimum sedikit lebih rendah, 83 PS pada 6.000 rpm.

Spesifikasi Mesin

Honda Brio

Suzuki Ignis

Jenis mesin

L12B

K12M

Rasio kompresi

10:1

11:1

Daya Maks

90 PS / 6.000 rpm

83 PS / 6.000 rpm

Torsi Maks

111 Nm / 4.800 rpm

115 Nm / 4.200 rpm

 

Di atas kertas, Suzuki Ignis lebih unggul dalam akselerasi dan tarikan di putaran rendah yang cocok untuk melibas berbagai medan. Sedangkan Honda Brio mengungguli Suzuki Ignis pada jalan bebas hambatan yang cocok untuk memacu kecepatan.

Pada uji lapangan, New Honda Brio mencatatkan keunggulan dalam konsumsi BBM yang mencapai 26-30 km/liter untuk berkendara jarak jauh. Adapun pengujian dalam kota menunjukkan konsumsi 13 km/liter.

Sementara itu, Suzuki Ignis menyusul sedikit di belakang dengan konsumsi 23 km/liter (luar kota) dan 10 km/liter (dalam kota).

 

Perbandingan

Honda Brio

Suzuki Ignis

Konsumsi BBM dalam kota

13 km/liter

10 km/liter

Konsumsi BBM luar kota

26-30 km/liter

22-23 km/liter

Kapasitas Tangki

36 liter

32 liter

Jarak terjauh (full tank)

750 km

720 km

 

Eksterior: Fabulous Sporty vs Urban SUV

Meski berada di segmen city car, Suzuki Ignis memiliki konsep desain crossover sporty ala SUV. Hal ini tampak dari ground clearance yang lebih tinggi (180 mm) dari New Brio (165 mm).

Dimensi

Honda Brio

Suzuki Ignis

Panjang

3.815 mm

3.700 mm

Lebar

1.680 mm

1.690 mm

Tinggi

1.485 mm

1.595 mm

Ground clearance

165 mm

180 mm

Wheelbase

2.405 mm

2.435 mm


Walau begitu, ground clearance New Honda Brio yang rendah justru lebih menonjolkan kesan fabulous sporty. Begitu juga tampilan fasad depan yang dominan trapezoid horizontal, semakin mengusung jelas konsep ini.

Secara keseluruhan, eksterior Honda Brio menampilkan konsep city car yang sporty yang minim dekorasi.

Sementara itu, Suzuki Ignis mengandalkan fasad depan trapezoid yang lebih tinggi. Ini bisa dilihat dari dari grill, foglamp, hingga bumper bawah. Dilengkapi dengan roof rails dan velg 15”, keseluruhan desain eksterior Suzuki Ignis menampilkan konsep urban SUV yang tangguh.

Jadi, lebih pilih sporty yang tangguh atau fun?

Interior: Fun vs Elegan

Kesan pertarungan desain fun vs tangguh tak hanya tampak dari eksterior, melainkan juga interiornya.

Interior Honda Brio tampak lebih ceria dengan konsep two tone dengan orange dan silver lining. Sementara itu, Ignis tampil lebih elegan dengan cover seat yang stylish dan dashboard yang tampak futuristik.

Perbedaan desain selanjutnya dipengaruhi oleh fitur kenyamanan maupun keamanan masing-masing.

Misalnya, Honda Brio menyematkan fitur Auto Lock Window with Speed, sedangkan Suzuki Ignis menyisipkan fitur console cup holder.

Fitur Kenyamanan: Setingkat Lebih Atas

Meski terkait desain kedua mobil ini mengambil pendekatan berbeda, namun tampaknya Suzuki Ignis lebih unggul dari segi fitur interiornya.

Sebagai kelas city car premium, kedua mobil ini sudah memiliki fitur tilt steering dan adjustable headrest yang membuat nyaman pengendara. Akan tetapi, beberapa hal membuat fitur Suzuki Ignis setingkat di atas Honda Brio.

Yang paling menonjol adalah ruang kabin yang terasa lebih lapang pada Ignis. Walaupun New Brio lebih besar dari yang lama, namun wheelbase Ignis yang lebih panjang membuatnya lebih lega.

Suzuki Ignis sudah dilengkapi dengan fitur keyless entry dan steering wheel switch control yang biasa di SUV kelas atas. Adapun New Brio menyematkan fitur praktis untuk memutar lagu, mengangkat telepon, mengatur volume, hingga membuka bagasi dengan sekali tekan.

Fitur Keamanan: Sesuai Segmen

Dari segi keamanan, kedua pabrikan tampak betul memperhatikan aspek ini dengan seksama.

Kedua mobil sudah dilengkapi dengan fitur keamanan standar terbaru seperti Anti Lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, hingga Dual Airbag.

Selain itu, sementara New Brio menggunakan frame G-CON ACE, New Ignis menggunakan rangka HEARTECT New Generation Platform yang setara.

Fitur New Honda Brio yang spesifik adalah Pretensioner with Load Limiter Seatbelt yang sangat bermanfaat saat memacu di kecepatan tinggi. Adapun New Suzuki Ignis lebih memilih fitur isofix child seat yang memberi keamanan ekstra untuk balita dan anak-anak.

Keunggulan: Honda Brio vs Suzuki Ignis

Untuk membandingkan kelebihan dan kekurangan kedua city car ini akan sangat sulit karena masing-masing membidik segmen yang berbeda.

New Honda Brio tampak membidik eksekutif muda dari generasi Z yang belum atau baru saja berkeluarga. Desain yang fabulous sporty dan fitur entertainment yang menyenangkan menunjukkan hal ini.

Di lain sisi, kelebihan Suzuki Ignis membidik generasi milenial yang membentuk keluarga kecil. Baik dari desain berkonsep urban SUV, fitur kenyamanan, maupun safety menunjukkan target ini.

Lalu, mana yang terbaik antara New Honda Brio vs New Suzuki Ignis?

Jika Anda belum atau baru berkeluarga, maka New Honda Brio jelas pilihan yang menarik karena mengadopsi adrenalin jiwa muda. Namun, jika Anda telah memiliki keluarga kecil, fitur fungsional dari New Suzuki Ignis dapat lebih memenuhi semua kebutuhan Anda.

Harga Honda Brio dan Suzuki Ignis

New Honda Brio memiliki 7 varian dengan kisaran harga antara Rp 150 jutaan, hingga Rp 200 jutaan. Adapun harga Suzuki Ignis New berkisar antara Rp 175 jutaan hingga Rp 200 jutaan yang terbagi dalam 4 varian.

Jika Anda tertarik memiliki Honda Brio atau Suzuki Ignis, manfaatkan fasilitas pembiayaan dari MUF Online Autoshow (MOAS). Ajukan kredit Honda Brio atau kredit Suzuki Ignis dengan dengan cicilan ringan mulai dari Rp 3 jutaan.

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Honda dan kredit mobil Suzuki yang disajikan MOAS.

Jadi, antara New Honda Brio vs Suzuki Ignis, mana yang menjadi pilihan akhir Anda?

< Kembali