NEWS

Komparasi Toyota New Rush vs Daihatsu All New Terios Terbaru

Komparasi Toyota New Rush vs Daihatsu All New Terios Terbaru Komparasi Toyota New Rush vs Daihatsu All New Terios Terbaru

Seperti anak kembar, Toyota New Rush vs Daihatsu All New Terios memiliki banyak kesamaan, tapi juga beberapa sisi perbedaan.

Sebagai sesama SUV dari produsen otomotif yang berada dalam 1 grup bisnis, tentu wajar jika antara Rush dan Terios punya banyak kesamaan.

Akan tetapi, tentu tetap ada beberapa perbedaan yang membuat masing-masing kendaraan dari Toyota dan Daihatsu menempati spesifikasi pada market yang berbeda.

Bagaimana komparasi Rush vs Terios 2022 dari segi spesifikasi, desain, dan fitur?

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Mengingat berada pada kelas yang sama dari 1 grup Toyota, wajar jika dapur pacu keduanya sama.

Baik Toyota New Rush maupun Daihatsu Terios terbaru sama-sama menggunakan mesin 2NR-VE, 1.5L. Mesin tersebut memiliki 4 silinder, 16 katup, DOHC dan telah menggunakan teknologi VVT-i.

Dengan spesifikasi tersebut, daya maksimum pada 6.000 rpm sebesar 104 PS, sedangkan torsi maksimumnya ada di 4.200 rpm sebesar 139 Nm.

Spesifikasi

Rush & Terios 2022

Seri Mesin

2NR-VE

Tipe Mesin

4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder

1.496 cc

Daya Maksimum

104 PS/6.000 rpm;

Torsi Maksimum

139 Nm/4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel injection

Performa

Karena menggunakan spesifikasi mesin yang sama, praktis performa keduanya tidak  jauh berbeda.

Pada pengetesan, kecepatan 100 km/jam bisa tercapai dalam 14,4 - 14,9 detik dari posisi berhenti. Adapun untuk konsumsi BBM-nya berkisar di 12 km/liter untuk rute dalam kota dan 16 km/liter untuk rute luar kota.

Memang New Rush sedikit lebih unggul, tapi banyak faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM sehingga perbedaan kecil ini masih kurang signifikan.

Performa

All New Rush

All New Terios

Akselerasi 0-100 km/jam

14,4 detik

14,9 detik

Konsumsi BBM (dalam kota)

11-12 km/liter

12-13 km/liter

Konsumsi BBM (luar kota)

16-20 km/liter

16 km/liter

Kapasitas tangki

45 liter

45 liter

Desain Eksterior

Tren desain eksterior SUV saat ini yang memindahkan ban cadangan ke bawah mobil berdampak besar pada kelapangan dan kenyamanan penumpang.

Dimensi Rush vs Terios 2022 yang sama-sama berukuran PxLxT = 4.435 x 1.695 x 1.705 jadi terasa lebih luas dan lapang.

Dimensi

Rush & Terios 2022

Panjang (mm)

4.435

Lebar (mm)

1.695

Tinggi (mm)

1.705

Ground Clearance (mm)

220

Jarak Poros Roda (mm)

2.685

Sekilas, sulit untuk menemukan perbedaan Rush dan Terios 2022 di sisi eksterior. Selain dimensi yang sama, fasad depan, samping, dan belakang pun terlihat sangat mirip satu dan lainnya.

Bagian depan sama-sama menampilkan fasad trapezoid ke atas dengan bahan dark grill chrome yang elegan. Begitu juga, headlamp dan foglamp yang sama menggunakan Advance LED dengan desain yang mirip.

Fasad samping tak jauh beda dengan body curve yang serupa, bahkan hingga bentuk tutup tangki yang bundar. Pada varian tertinggi, keduanya juga telah memasang sensor smart keyless entry pada handle pintu.

Namun, sebenarnya ada beberapa detail yang berbeda.

Pertama, bagian samping New Toyota Rush memiliki side body moulding yang solid (tipe GR Sport). Sedangkan New Daihatsu Terios lebih memilih menyematkan side stone guard yang senada di samping bagian bawah.

Selain itu, velg Toyota New Rush tampak lebih atraktif dengan palang two tone yang miring. Sedangkan Daihatsu New Terios masih mempertahankan desain klasik.

Kedua mobil ini sama-sama memiliki 6 varian warna. Akan tetapi, hanya 4 varian warna yang sama, dari bronze, silver, putih, dan hitam. Sisanya, ada dark red dan deep maroon dari Rush, serta purple dan scarlet red metallic dari Terios.

Desain Interior

Desain interior All New Terios 2022 nyaris tak beda dengan dengan New Rush terbaru.

Tata letak bagian dashboard terlihat sama, futuristik dan sporty. Ada tombol Start Stop, Automatic Idling Time Stop, hingga roda kemudi yang sudah tilt steering.

Bisa dibilang, perbedaan dasbor interior Toyota New Rush vs Daihatsu New Terios hanya pada penempatan logo saja.

Memang, untuk tampilan jok New Rush terlihat lebih elegan dengan leather premium. Kemudian, bagian tengah baris kedua juga sudah memiliki headrest yang tidak ada di New Terios. Begitu juga dengan 8 surround sound system yang menggelegar dan membuat Rush lebih terasa sporty dan mewah.

Selain itu, hampir tidak ada perbedaan lain dari interio, baik dari fitur maupun accessories yang fungsional di dalamnya. Dari fitur speed sensing auto lock untuk mengunci pintu otomatis, hingga pantauan kamera belakang lewat head unit 7” pada dasbor.

Fitur Keamanan

Sebagai kelas SUV, kedua mobil ini sudah sangat mumpuni dari segi standar keamanan sebuah mobil. Sementara Rush memiliki Toyota Safety Sense, Terios juga memiliki Advance Safety Assist yang memiliki fitur tak jauh beda.

TSS Rush

ASA Terios

Pre-Collision System

Front Departure Alert

Pedal misoperation Control

Lane Departure Assist

Rear Crossing Traffic Alert

Blind Spot Monitoring

Collision Warning

Vehicle Departure Warning

Pedal Misoperation Control

Lane Departure Warning

Lane Departure Prevention

Hill Start Assist

Meski demikian, Toyota New Rush sedikit lebih unggul dengan menyematkan hingga 6 SRS Airbag yang mengelilingi seluruh kabin. Sementara itu, Daihatsu All New Terios hanya menempatkan dual airbag di bagian depan saja.

Perbedaan lainnya, Toyota Rush sudah menyediakan 7 seatbelt atau 1 di masing-masing kursi lengkap dengan sistem warning-nya. Sedangkan keunggulan Terios sudah menyematkan built-in immobilizer and alarm untuk keamanan mobil dari pencurian.

Harga Rush vs Terios

Sebagai anak perusahaan dari Toyota Group, mobil keluaran Daihatsu banyak dianggap sebagai versi terjangkau dari mobil keluaran Toyota. Begitu juga antara Daihatsu Terios vs Toyota Rush.

Karena itu, harga Daihatsu All New Terios 2022 termurah mulai dari Rp 230 juta-an untuk varian paling sederhana. Adapun, harga Toyota New Rush mulai dari Rp 275 juta-an untuk varian paling bawah.

Jika Anda memiliki kemampuan lebih, sangat baik untuk memilih Toyota New Rush sebagai SUV keluarga. Namun, jika dana masih terbatas, Daihatsu New Terios pun tak kalah dari segi performa.

Yang manapun yang Anda pilih, pastikan memesannya melalui MUF Online Auto Show (MOAS) untuk mendapatkan penawaran terbaik. Dapatkan tenor sampai dengan 7 tahun dan bunga mulai hanya 2,45% untuk pemesanan sekarang.

Nikmati juga layanan darurat 24 jam selama setahun secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Menarik, bukan?

Jangan lewatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit mobil Toyota dan kredit mobil Daihatsu lainnya yang disajikan MOAS.

Segera booking dan bandingkan sendiri antara Toyota New Rush vs Daihatsu All New Terios, mana yang lebih nyaman untuk Anda? Hubungi WA 0821-1182-4010 untuk respon cepat konsultasi pembelian Anda.

< Kembali