NEWS

KTM RC 390 : Motor Supersport Khusus Dikembangkan untuk Racing

KTM RC 390 : Motor Supersport Khusus Dikembangkan untuk Racing KTM RC 390 : Motor Supersport Khusus Dikembangkan untuk Racing

Mengusung slogan “Race-Bred Performance”, New KTM RC 390 menegaskan diri sebagai motor sport yang khusus dikembangkan untuk racing.

Supersport yang rilis di Eropa tahun lalu ini akhirnya masuk juga ke Indonesia. Berbagai perubahan dari segi desain, spesifikasi, hingga penambahan fitur membuat performanya semakin jempolan.

Apa saja perubahan yang motor sport fairing buatan KTM ini bawa dan bagaimana performa serta kelebihannya?

Simak ulasannya.

Spesifikasi Mesin

Turun di kelas motor sport fairing mid level, KTM RC 390 Indonesia mengusung mesin berkubikasi 373cc dengan 1 silinder, 4 katup, DOHC. Mesin ini menggunakan pendingin cairan sehingga tetap stabil untuk pemakaian harian.

KTM sudah menyematkan teknologi Ride by Wire pada motor ini sehingga efisiensi bahan bakar pun semakin mantap. Selain itu, teknologi Slipper Clutch juga sudah tersedia yang membuat handling motor sport ini tetap stabil saat deselerasi.

Spesifikasi tersebut membuat motor ini mampu memuntahkan daya maksimal hingga 44 PS dan torsi maksimal hingga 37 Nm.

Spesifikasi

New RC 390

Tipe Mesin

1 Silinder, 4 Katup, DOHC, liquid cooled.

Kapasitas

373 cc

Diameter x langkah

89 x 60

Daya Maksimum

44 PS

Torsi Maksimum

37 Nm

Performa

Dari spesifikasi KTM RC 390, terlihat jelas bahwa performa motor ini akan sangat memuaskan.

Hasil pengujian menunjukkan demikian. Kemampuan akselerasinya mampu mencapai 100 km/jam hanya dalam 5,4 detik dari posisi berhenti. Bahkan, pada pengujian lainnya tembus 4,47 detik. Begitu juga top speed-nya yang mampu mencapai 180 km/jam.

Meski performanya begitu mengagumkan, konsumsi BBM KTM RC 390 terhitung hemat dengan mencapai rerata 25-28 km/liter. Untuk ukuran motor supersport yang cenderung digeber, ini tentu lumayan irit.

Apalagi kapasitas tangki kini semakin besar, hingga 13,7 liter dari sebelumnya yang hanya 10 liter saja.

Performa

New RC 390

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

4,47-5,4

Top speed (km/jam)

180

Konsumsi BBM (km/liter)

25-28

Kapasitas tangki (liter)

13,7

Desain

Desain KTM RC 390 2022 kian mengalami penyempurnaan dengan tetap berakar pada DNA Racing.

Dimensinya kini lebih aerodinamis dengan panjang bertambah dan lebar menyempit. Meski masih menggunakan tipe rangka yang sama, diameternya lebih kecil dan ringan namun tetap kokoh menopang berat yang bertambah.

Dimensi

New RC 390

P x L x T (mm)

2.145 x 760 x 830

Wheelbase (mm)

1.340

Ground Clearance (mm)

158

Seat Height (mm)

824

Berat Isi (kg)

150

Bagian dasbor sudah full digital dengan cahaya ambiens yang jelas terlihat di berbagai kondisi. Handlebar memiliki lebar yang pas dan adjustable 10 mm sehingga tetap nyaman untuk pemakaian harian setelah racing.

Sisi depan tampil lebih bold dengan menggunakan model headlamp yang menyatu, tak lagi terpisah seperti generasi sebelumnya. Sedangkan spion lebih lebar tapi tetap menyudut untuk mempertahankan aerodinamis keseluruhan.

Kenyamanan Berkendara

Seperti layaknya motor racing supersport, posisinya memang kurang ergonomis untuk perjalanan panjang. Namun sebaliknya, sangat aerodinamis untuk turun dalam balapan.

Suspensi dari WP Apex menjadi andalan untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara. Bagian depan upside down, sedangkan bagian belakang bertipe monoshock, masing-masing dengan kemampuan travel 120 & 150 mm.

Untuk kemudahan handling, KTM sudah menyematkan teknologi Traction Control, Cornering ABS dan Supermoto ABS pada RC 390 generasi terbaru ini. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur Quick Shifter secara opsional untuk kemudahan dalam oper gigi.

Yang tak kalah memberikan kenyamanan adalah desain seat bertingkat dengan busa yang tebal dan ergonomis. Ini membuat Anda tak perlu khawatir pantat tepos meski memacu tunggangan ini cukup lama.

Kelebihan RC 390

Dari ulasan di atas, kesimpulan tentang keunggulan RC 390 bisa disimpulkan dalam poin berikut.

  1. Desain makin aerodinamis dan sangat cocok untuk racing serta fleksibel untuk pemakaian harian.
  2. Performa terbaik untuk supersport under 400 cc dengan konsumsi BBM yang irit.
  3. Fitur terbarunya memanjakan para pecinta racing untuk memacu tunggangannya secepat mungkin.

Harga

Dengan semua kelebihan dari spesifikasi, performa, desain, maupun fitur di atas, tak salah untuk menyebut RC 390 sebagai supersport unggulan di kelasnya. Tak heran pula harga KTM RC 390 2022 di Indonesia mencapai Rp104 jutaan.

Untuk Anda yang ingin memilikinya dengan lebih terjangkau, pakai saja fasilitas kredit KTM RC 390 dari MUF Online Auto Show (MOAS). Cicilannya bisa mulai dari Rp4 jutaan saja.

Dapatkan juga berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor KTM yang disajikan MOAS.

Apalagi yang Anda tunggu?

Miliki motor supersport kelas internasional ini dengan cepat. Jadwalkan test ride KTM RC 390 dan konsultasikan pembelian Anda lewat WA 0821-1182-4010 dengan asisten kami. Nikmati layanan tambahan emergency 24 jam selama 1 tahun jika Anda membeli selama masa promo.

< Kembali