NEWS

Lexus LX VS Toyota Land Cruiser: Adu Supremasi Raja Offroader

Lexus LX VS Toyota Land Cruiser: Adu Supremasi Raja Offroader Lexus LX VS Toyota Land Cruiser: Adu Supremasi Raja Offroader

Membandingkan Lexus LX vs Toyota Land Cruiser ibarat mempertanyakan mana yang lebih layak menyandang gelar sebagai raja offroader.

Berada di deretan atas SUV mewah, kedua mobil dari Lexus dan Toyota ini memiliki segalanya: ketangguhan, kenyamanan, dan kemewahan.

Lantas, antara Toyota Land Cruiser vs Lexus LX mana yang lebih unggul? Berikut review komparasi keduanya dari sisi:

  • Spesifikasi mesin dan performa
  • Desain eksterior dan interior
  • Fitur masing-masing.

Simak ulasannya sampai akhir.

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi Lexus LX memiliki mesin dengan daya yang lebih kuat dari Toyota Land Cruiser, tapi torsinya masih kalah dari rivalnya tersebut.

Berada di golongan offroader kelas atas, baik Lexus LX maupun Land Cruiser sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 3.500 cc. Detailnya beda sedikit.

Hal ini membuat keduanya memiliki karakter yang agak berbeda. Lexus LX memiliki keunggulan dari sisi daya, sedangkan Land Cruiser lebih kuat dari sisi torsi.

Daya maksimal Lexus LX mencapai 409 hp, sedikit unggul dari Land cruiser dengan 300 daya kuda. Di sisi lain, Land Cruiser punya torsi maksimal 700 Nm, berbalik unggul dari Lexus LX dengan torsi 650 Nm.

Spesifikasi

Lexus LX

Land Cruiser

Jenis Mesin

V35A-FTS V6 twin-turbo

F33A-FTV DOHC V6

Isi Silinder (cc)

3.445

3.346

Daya Maksimum (PS/rpm)

409/5.200

300,8/4.000

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

650/2.000-3.600

700/1.600 - 2.600

Baik Lexus LX maupun Toyota Land Cruiser memiliki 2 varian, tapi hanya berbeda fitur saja. Adapun spesifikasi mesinnya sama.

Performa

Mesin twin turbo Lexus LX membuatnya mengungguli Toyota Land Cruiser dari sisi performa, tapi jadi lebih boros dari rivalnya tersebut.

Di atas kertas, akselerasi Land Cruiser seharusnya lebih unggul dengan torsi yang lebih besar, tapi dayanya akan tertinggal di putaran atas.

Pada pengujian, akselerasi Lexus LX justru lebih unggul dari Land Cruiser meski selisihnya tidak jauh. Pada 0-60 km/jam, Lexus LX mencatatkan 6,1 detik, sedangkan Land Cruiser 6,7 detik.

Di putaran atas, selisihnya bahkan mencapai 2,5 detik. Ini membuktikan supremasi mesin twin turbo Lexus LX tersebut.

Meski demikian, Land Cruiser lebih irit dari rivalnya itu. Konsumsi BBM Toyota Land Cruiser mampu mencapai 9,1 km/liter, bahkan 13,1 km/liter untuk rute tol/luar kota.

Sementara itu, Lexus LX mencatatkan 7,2 km/liter di penggunaan stop n go, serta 9,3 km/liter untuk rute luar kota.

Performa

Lexus LX

Land Cruiser

Akselerasi 0-60 km/jam (detik)

6,1

6,7

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

7

9,5

Konsumsi BBM dalam kota (km/liter)

7,2

9,1

Konsumsi BBM luar kota (km/liter)

9,3

13,1

Kapasitas tangki (liter)

110

110

Baik Lexus LX maupun Land Cruiser sudah memiliki mode terrain untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan. Sementara Land Cruiser menggunakan mode 4WD, Lexus LX memakan sistem penggerak AWD full time.

Desain Eksterior

Eksterior Toyota Land Cruiser dan Lexus LX sama-sama memancarkan kesan mewah, andal, dan classy.

Bertubuh bongsor dengan panjang di kisaran 5 meter membuat sensasi kehadiran kedua mobil ini begitu mendominasi.

Lexus LX sedikit lebih besar, tapi ruang kabinnya sama luas dengan wheelbase yang sama besar. Untuk ground clearance, SUV ini perlu mengakui keunggulan rivalnya, Land Cruiser, yang memiliki clearance 235 mm ini.

Dimensi

Lexus LX

Land Cruiser

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

5.100 x 1.990 x 1.895

4.985 x 1.980 x 1.945

Ground Clearance (mm)

205

235

Jarak Poros Roda (mm)

2.850

2.850

Fasad depan Land Cruiser tampil intimidatif mengandalkan grill honeycomb dengan aksen garis horizontal di samping dan bawahnya. Sementara itu, Lexus LX memberikan kesan 3D seamless dengan 7 floating bar horizontal tanpa rangka.

Layaknya SUV berbodi bongsor, moulding kap mobil membuat keduanya terlihat makin berotot. Ornamen lain seperti bumper, scuff plate, dan rear combination lamp juga terlihat dominan, membuat mobil lain terasa kehilangan aura.

Untuk kemudahan, kedua mobil juga sudah dilengkapi dengan power back door dan kick sensor. Sementara Land Cruiser memiliki sunroof sebagai elemen di bagian atas, Lexus LX punya moonroof yang juga eksotik.

Desain Interior

Interior Lexus LX dan Toyota Land Cruiser sama-sama memberikan kemewahan dan kenyamanan yang maksimal.

Bagian dasbor kedua SUV ini terlihat bersih dan canggih dengan panel yang multifungsi.

Pada Lexus LX, head unit 12,3” dengan fungsi touch screen membuatnya terlihat canggih. Lebih lagi dengan tambahan 7” climate & driving assistance display, serta colored heads up display.

Sementara itu, Land Cruiser juga punya head unit dengan ukuran dan fungsi setara serta heads up display. Namun, adanya video recorder bawaan memberikan nilai tambah tersendiri, baik untuk penjelajahan maupun keamanan.

Interior keduanya sudah memancarkan kesan mewah yang menawan.

Land Cruiser varian GR-S memiliki sentuhan dual tone dengan leather premium yang mewah. Hal ini senada dengan Lexus LX yang juga mengusung dual tone dengan aksen beige yang hangat.

Demi kenyamanan penumpang, kedua SUV ini sudah memiliki fitur 11” rearset entertainment yang memuaskan. Kedua mobil juga sudah memiliki beberapa USB port.

Land Cruiser sudah memiliki fitur wireless charging bawaan di semua varian. Adapun Lexus LX menyematkannya pada tipe VIP 4-seater bersamaan dengan konsol kabin di tempat duduk penumpang.

Fitur

Fitur keselamatan maupun keamanan Lexus LX maupun Toyota Land Cruiser merupakan yang terbaik di kelas SUV.

Lexus LX punya Lexus Safety System+, sedangkan Land Cruiser punya Toyota Safety System 3.0. Keduanya merupakan fitur safety yang canggih di kelas SUV, terdiri atas cruise control, lane assist, collision assist, blind spot monitor, 3600 camera view, dan lainnya.

Fitur standar seperti braking system, stability control, hingga fitur pasif seperti airbags pun hadir dalam versi sempurna (6-7 SRS).

Selain itu, fitur keamanan yang sama seperti smart keyless go, fingerprint authentication, alarm, immobilizer, hingga tracking system juga terpasang.

Harga

Dari hasil komparasi Lexus LX vs Toyota Land Cruiser di atas, tampak bahwa secara performa Lexus LX lebih memacu adrenalin. Adapun dari sisi fitur, keduanya relatif setara.

Melihat kesempurnaan dari kedua mobil tersebut, tak heran jika harga keduanya termasuk di jajaran teratas mobil mewah.

Harga Lexus LX 2023 mulai dari Rp3,3 miliar, sedangkan harga Toyota Land Cruiser 2023 mulai dari Rp2,4 miliar.

Tertarik dengan salah satunya? Chat saja MOAS (MUF Online Autoshow) lewat WA 0821-1182-4010 untuk mendapatkan skema penawaran menarik. Dapatkan layanan darurat gratis dan promo pembelian Lexus LX vs Toyota Land Cruiser lainnya hanya di MOAS.

< Kembali