Mazda 6 Estate bukanlah nama baru di segmen wagon. Meski generasi ketiganya telah meluncur sejak 2018 di Indonesia,[1] model ini tetap punya daya tarik kuat.
Apa yang membuat mobil Jepang bergaya Eropa ini tidak ketinggalan zaman di tengah ketatnya pasar SUV dan crossover? Simak pembahasan lengkapnya.

Sejak kemunculan pertamanya, unit mesin Mazda 6 Estate 2018 belum berubah, bahkan hingga facelift terakhir pada 2021 dan edisi Anniversary ke-20 (2023).[2]
Mesinnya menggunakan SKYACTIV-G 2.5L, konfigurasi 4-silinder segaris DOHC 16 katup dengan tenaga maksimum 194 PS dan torsi 258 Nm.
Teknologi SkyActiv inilah yang meningkatkan efisiensi bahan bakar meskipun mesin berkapasitas besar.
Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan Skyactiv-Drive. Karakternya yang halus membuat perpindahan gigi tidak terasa. Respons mesin cenderung linier.
Bagi sebagian orang, ini memang bukan mesin yang agresif. Namun, untuk pengguna harian, kombinasi ini terasa pas.
|
Spesifikasi |
6 Estate |
|
Tipe Mesin |
SKYACTIV-G 2.5 |
|
Isi Silinder (cc) |
2.488 |
|
Daya Maksimum (PS) |
194 |
|
Torsi Maksimum (Nm) |
258 |

Begitu pedal gas diinjak, raungan mesin Mazda 6 Estate Indonesia terdengar sporty, tetapi tidak berisik.
Respons awalnya cukup cepat sehingga tenaga dapat terus mengisi sampai putaran atas tanpa kehilangan napas.
Akselerasi 0–100 kpj diraihnya dalam waktu sekitar 8,8 detik saja. Untuk mobil seukuran ini, angka tersebut tergolong impresif.[3] Sementara top speed-nya mencapai 210 kpj.
Poin menariknya, teknologi Cylinder Deactivation Mazda memungkinkan mesin bisa bekerja hanya dengan dua silinder saat beban ringan, seperti di jalan tol.[4]
Efeknya, konsumsi BBM jadi sedikit lebih irit. Dalam kondisi kombinasi macet dan jalan lancar, angkanya bisa menyentuh 14 kmpl.[5] Bukan yang paling irit, tetapi cukup efisien untuk mesin 2.5L naturally aspirated.
|
Performa |
6 Estate |
|
Akselerasi 0-100 kpj (detik) |
8,8 |
|
Kecepatan Maksimum (kpj) |
210 |
|
Konsumsi BBM Kombinasi (kmpl) |
14 |
|
Kapasitas tangki (liter) |
62 |

Banyak yang menganggap wagon hanya sedan dengan ekor lebih panjang. Namun, Mazda 6 menunjukkan trim Elite Estate punya ciri khas tersendiri.
Secara visual, pilar D Mazda 6 Estate wagon dibuat tegas. Bentuk atapnya panjang dan landai tidak membosankan. Garis bahunya yang dinamis juga menciptakan kesan aerodinamis sekaligus elegan.[6]

Mazda sendiri tidak memberikan ubahan signifikan pada eksterior saat facelift 2021. Jadi, apa yang Anda lihat di pasaran hari ini sudah eksis sejak 2018.
Bagian depannya tampil berani dengan gril chrome tebal dan desain headlamp LED yang menyipit serta terintegrasi foglamp. Lampu ini dilengkapi pula dengan fitur adaptive.

Di bagian kaki-kakinya, velg alloy berukuran 19 inci memberi kesan sporty sekaligus menunjang kestabilan berkendara. Cocok untuk bodi wagon.
Tambahan roof rail di atas juga bukan sekadar pemanis, melainkan benar-benar menjadi elemen yang fungsional bagi pengguna.

|
Eksterior |
6 Estate |
|
Dimensi Mazda 6 Estate (mm) |
4.800 x 1.840 x 1.480 |
|
Ground Clearance (mm) |
165 |
|
Wheelbase (mm) |
2.750 |
|
Velg (inci) |
19 |

Beralih ke bagian dalam, interior Mazda 6 Estate menyuguhkan kualitas premium. Kabinnya dominan warna gelap seperti hitam, cokelat, dan abu-abu.
Material yang digunakan pun mencerminkan kemewahan. Ada Alcantara, kulit asli dengan jahitan yang rapi, serta aksen aluminium trim.
Kemudian layout dasbornya terlihat modern. Sederhana, tetapi rapi.

Layar utama 8 incinya kini sudah mendukung integrasi smartphone secara nirkabel (Bluetooth). Fungsi hiburan dan komunikasi jadi bisa diakses secara praktis lewat Apple CarPlay atau Android Auto.[7]
Selain konektivitas, facelift lain yang didapat pada 2021 adalah peningkatan sistem audio BOSE 11 speaker. Sekarang ada sepasang woofer di pintu depan.

Selanjutnya, baris kedua sama nyamannya dengan baris pertama. Headroom lebih lapang dibandingkan sedan karena atap belakang yang landai.
Kursi belakang juga punya armrest, storage kecil, dan dua USB port. Sayangnya kursi belum bisa reclining. Namun, untuk perjalanan jauh, kenyamanan kursinya sudah lebih dari cukup.

Bagian bagasi menjadi keunggulan lain dari Estate. Dengan kapasitas 522 liter hingga 1.648 liter jika Anda melipat kursi belakang, ini sempurna untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu fokus pembaruan All New Mazda 6 Estate 2021 adalah meningkatkan standar keselamatan.
Meski bukan generasi baru, beberapa fitur ADAS dalam paket i-Activsense terbilang lengkap, di antaranya seperti LKA, RCTA, BSM, dan kamera 360 derajat.[8]
Sementara untuk keselamatan pasifnya, tersedia 6 airbags yang tersebar di seluruh sisi.
Namun, perlu dicatat bahwa fitur Adaptive Cruise Control belum hadir di model ini. Meski begitu, sistem bantuan lainnya sudah sangat memudahkan pengemudi.
Alasan konsumen masih menjadikan Mazda 6 Elite Estate pilihan di tengah tren SUV Tiongkok adalah eksklusivitasnya.
Mobil Jepang ini menawarkan desain menawan, performa yang stabil, serta fitur-fitur yang tetap relevan.
Dengan semua kelengkapan tersebut, harga Mazda 6 Estate saat ini ada di kisaran 730 jutaan.
Sebenarnya produksi Mazda 6 sudah berhenti sejak facelift terakhir, tetapi unitnya tetap tersedia resmi di pasar Indonesia.[9]
Jika Anda ingin memilikinya tanpa pusing soal pembayaran, program kredit Mazda 6 Estate fleksibel dari MUF Online Autoshow (MOAS) bisa jadi solusi. Silakan atur cicilan sesuai kemampuan Anda dan langsung meminangnya.