NEWS

Mazda MX-5 RF: Cara Terbaik Bersenang-Senang dengan Gaya

Mazda MX-5 RF: Cara Terbaik Bersenang-Senang dengan Gaya Mazda MX-5 RF: Cara Terbaik Bersenang-Senang dengan Gaya

Mengusung tagline “The Redefinition of Driving Pleasure”, Mazda MX-5 RF (Retractable Fastback) seolah didesain untuk satu hal: bersenang-senang dengan gaya.

Mobil garapan Mazda ini seolah menjadi jawaban dari apa yang terjadi kalau Anda mengambil mobil sport klasik dan menggabungkannya dengan teknologi modern. Desain elegan, performa jempolan dan fitur yang menyenangkan.

Ingin tahu lebih jauh tentang mobil sporty dan stylish ini? Mari kita review Mazda MX-5 RF dari sisi spesifikasi, performa, desain, hingga fiturnya.

Spesifikasi

Spesifikasi Mazda MX-5 RF Indonesia menggunakan mesin SkyActiv 2.0L serta tersedia 2 model transmisi: manual dan otomatis.

MX-5 RF masih memakai mesin SkyActiv 2.0L dengan rasio kompresi 13:1. Karena itu, bahan bakar minimal yang RON 95, agar tidak knocking.

Daya maksimumnya meningkat dari generasi sebelumnya, yaitu 184 PS, dari sebelumnya 181 PS. Namun, torsinya tetap di 205 Nm.

Spesifikasi Mesin

MX-5 RF

Tipe

SkyActiv 2.0, 4 silinder inline, DOHC

Isi Silinder (cc)

1.998

Daya Maksimum (PS/rpm)

184/7.000

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

205/4.000

Mazda menyediakan 2 macam transmisi yang bisa Anda pilih, yaitu manual dan otomatis. Keduanya memiliki 6 tingkat kecepatan.

Performa

Akselerasi MX-5 RF cukup impresif, tapi konsumsi bahan bakarnya lebih impresif lagi.

Mazda menyiapkan banyak keunggulan untuk membuat performa mobil light sport ini menyenangkan. Bodi Skyactiv yang ringan dengan 50:50 balance, transmisi manual teringan di dunia, dan KPC (Kinematic Posture Control).

MX-5 RF mencatatkan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 7,4 detik, dan deselerasi 100-0 km/jam dalam 7,8 detik. Cukup impresif mengingat belum menggunakan Turbocharged Engine.

Performa

MX-5 RF

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

7,4

Top speed (km/jam)

250

Kapasitas tangki (liter)

45

 

Selain itu, fitur i-ELOOP nya mengubah tenaga yang hilang saat deselerasi menjadi listrik kembali. Lumayan untuk menyalakan sound system BOSE premium, AC, bahkan juga headlights.

Yang lebih menarik justru konsumsi bahan bakarnya. Di dalam kota memang hanya 12 km/liter, tapi untuk rute tol luar kota, bisa tembus hingga 20 km/liter. Sudah setara dengan LCGC!

Eksterior

Keunggulan desain KODO dari MX-5 RF akan membuat Anda mendapatkan perhatian semua pengguna jalan yang melihat.

Mazda tak pernah gagal dalam menyajikan mobil dengan desain yang mempesona. MX-5 RF pun demikian. Model klasiknya makin terlihat menawan dengan sentuhan bahasa desain KODO dari Mazda.

Fasad depan terlihat elegan dengan kap rendah, grill trapezoid lebar, dan LED headlamps auto levelling yang unik. Bentuk headlamps yang seperti mata tersebut membuat mobil ini seolah hidup.

Khas Mazda, desainnya menyambung dari depan, ke samping, dan belakang dengan halus. Smooth and seamless. U-shape rear combination lamp pun tampak ikonik.

Yang menjadi point of interest, tentunya hardtop aluminium MX-5 RF yang dapat dibuka secara elektrik. Perjalanan Anda pun bakal terlihat fun dan berkelas.

Mobil sport ini hanya muat untuk 2 orang saja. Tapi, ground clearance cukup tinggi, lumayan untuk Anda bawa ke luar kota.

Dimensi

MX-5 RF

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.917 x 1.735 x 1.245

Ground Clearance (mm)

150

Jarak Poros Roda (mm)

2.310

 

Interior

Interior MX-5 RF terasa simpel dan berkelas. Fiturnya sederhana, hanya yang penting untuk have fun saja.

Bagian dasbor terasa sekali kesan simpelnya. Head unit berukuran 7” dengan konektivitas smartphone sebagai commander control. Adapun meter cluster masih konvensional dengan desain sporty.

Kemudi berlapis leather, tilt telescopic, serta terdapat berbagai tombol untuk mengontrol bluetooth handsfree, audio & entertainment system, serta paddle shift. Tombol idle system pun terjangkau dengan mudah.

Knob juga sudah berlapis leather. Sedikit beda untuk yang automatic terdapat tombol untuk pengaturan gigi maju, mundur, atau normal.

Kesan classy tampak dari seat yang sudah berbalut leather premium dari Nappa. Secara keseluruhan terasa simpel dan berkelas.

Fitur Keamanan

MX-5 RF dilengkapi fitur stabilitas standar dan fitur keamanan aktif dan pasif yang lengkap.

Mobil ini sudah memiliki fitur pengereman elektronik seperti ABS+EBD+BA, serta kontrol stabilitas kendaraan (VSC). Selain itu, terdapat 6 SRS airbag dengan teknologi minimalisasi benturan pada struktur SkyActiv body-nya.

FItur i-ActivSense yang terpasang berupa adaptive light, blind spot monitor, rear traffic alert, dan lane warning system. Kemudian, ada juga alarm dan immobilizer, serta door auto lock.

Harga

Harga Mazda MX-5 RF 2023 mulai dari Rp800 juta-an. Antara varian automatic dan manual transmission hanya selisih Rp10 juta saja.

Mobil ini memang bukan sport car yang tercepat. Tapi, kalau Anda mencari yang berkelas, bergengsi, dan seru untuk have fun, maka tak ada pilihan lain lagi.

Untuk penawaran terbaik, Anda bisa pesan lewat MOAS (MUF Online Auto Show). Nikmati fasilitas kredit Mazda MX-5 RF dengan bunga mulai 2.99% plus tambahan bonus dan layanan lainnya. Jangan tunggu lama untuk memiliki Mazda MX-5 RF. Rasakan kesenangan penuh gaya dan berkelas dengan mobil sport klasik ini.

< Kembali