NEWS

Mercedes Benz GLA 200 AMG Line, Makin Sporty & Lebih Lengkap

Mercedes Benz GLA 200 AMG Line, Makin Sporty & Lebih Lengkap Mercedes Benz GLA 200 AMG Line, Makin Sporty & Lebih Lengkap

Mercedes Benz GLA 200, model SUV mewah, mendapatkan penyegaran pada tahun 2024 setelah akhirnya diproduksi secara lokal (TKD).[1]

Ini merupakan facelift pertama bagi generasi kedua GLA, yang membuatnya makin menarik bagi para penggemar compact SUV.[2]

Beberapa ubahan cukup signifikan, terutama dari sisi eksterior. Di sisi lain, interiornya masih sama dengan desain terdahulu.

Untuk lebih mengenal Mercedes Benz GLA 200 Indonesia, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi

GLA 200 AMG Line tidak mengubah konfigurasi mesin bensin 4 silinder segaris turbocharged dengan kapasitas 1.3 liter.

Memiliki daya maksimum 163 HP, mesin ini cukup mampu memberikan performa tangguh. Yang menarik, torsi puncaknya sekarang 270 Nm, naik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.[3]

Peningkatan torsi ini tentunya menjanjikan akselerasi yang lebih responsif serta meningkatkan pengalaman berkendara secara umum.

Untuk mentransmisikan tenaga ke roda, Mercedes menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD) dengan transmisi 7G dual clutch.

Pastinya, spesifikasi Mercedes Benz GLA 200 barusan bakal memberikan keseimbangan antara performa dan efisiensi.

Spesifikasi

GLA 200 AMG Line

Tipe Mesin

M282 I4, 4-cylinder Turbo

Isi Silinder (cc)

 1,332

Daya Maksimum (HP)

163

Torsi Maksimum Mesin (Nm)

270

Performa

Meskipun mesinnya bukan yang tertinggi, tetapi Mercedes Benz GLA 200 AMG Line menunjukkan performa mumpuni untuk sebuah compact SUV.

Mobil ini mampu memberikan dorongan cepat pada saat Anda membutuhkannya dengan akselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu 8,9 detik saja.

Untuk memenuhi kebutuhan kecepatan tinggi, seperti di jalan tol misalnya, top speed-nya mencapai 210 kpj. Cukup impresif, bukan?

Kabar baiknya lagi, performa kuat itu diimbangi dengan efisiensi BBM yang patut diacungi jempol. Konsumsi BBM kombinasinya berkisar 13,7 - 15,15 kpl.

Kapasitas tangki 43 liter turut berkontribusi untuk jangkauan jarak tempuh yang memadai. Ditambah, ada tangki cadangan 5 liter untuk situasi darurat.

Dari sisi kenyamanan, karakter mesinnya halus dan responsif. Manuver pun terasa mudah berkat dimensi yang compact.[4]

Tersedia beberapa mode berkendara, yakni Comfort, Eco, dan Sport. Anda bisa memilih mode sesuai preferensi.

Mode Comfort mengutamakan kenyamanan, Eco menekan penggunaan BBM, sedangkan mode Sport meningkatkan responsivitas mesin.

Performa

GLA 200 AMG Line

Akselerasi 0-100 kpj (detik)

8,9

Kecepatan maksimum (kpj)

210

Konsumsi BBM kombinasi (kpl)

13,7 - 15,15

Kapasitas tangki (liter)

43

Eksterior

Dimensi Mercedes Benz GLA 200 facelift tetap compact, memudahkan manuver di perkotaan tanpa mengorbankan kenyamanan.

Bedanya, bagian depan kini lebih segar dengan hadirnya headlamp LED baru. DRL LED mendominasi bagian atas lampu, menyerupai alis yang agresif.[5]

Bumper depan pun terlihat dinamis. Warnanya sudah senada dengan bodi, sehingga tampilannya makin seamless.

Dari sisi samping, profil ban juga tidak berubah. Mercedes menggunakan ukuran 235/50 dengan lingkar 19 inci. Desain velg lima palang dan lubang tengah menambah kesan sporty.

Perubahan lainnya yaitu pada warna fender. Jika sebelumnya berwarna hitam, sekarang menyatu dengan warna bodi seperti halnya bumper.

Pada bagian belakang, perubahan desainnya tidak terlalu signifikan. Namun, ada detail-detail kecil yang sedikit direvisi. Contohnya penambahan fitur hands-free access dan easy pack tailgate untuk meningkatkan kepraktisan membuka bagasi.

Eksterior

GLA 200 AMG Line

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.412 x 1.828 x 1.616

Ground Clearance (mm)

-

Wheelbase (mm)

2.729

Velg (inci)

19

Interior

Secara keseluruhan, interior Mercedes Benz GLA 200 masih sama, kecuali beberapa detail lama yang sepertinya memang perlu ditingkatkan.

Perubahan pertama adalah bentuk setir baru, lebih sporty dengan paddle shift, serta menggunakan touch control panel yang ternyata intuitif.[6]

Di dasbor, terdapat dua layar 12,3 inci untuk infotainment dan meter cluster. Tidak ada perubahan, hanya saja sistem MBUX-nya sudah update.

Di versi sekarang, Anda bisa menghubungkan smartphone secara wireless. Update software juga bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke dealer Mercedes.

Kemudian di konsol tengah tersedia sejumlah fitur termasuk wireless charger. Sayangnya, tidak ada lagi trackpad karena diganti dengan tempat penyimpanan.

Terakhir, fitur panoramic sunroof baru menambah kesan lapang di dalam kabin. Panel penutupnya terpisah untuk bagian depan dan belakang.

Fitur Keamanan

Mercedes Benz GLA 200 AMG 2024 mengedepankan standar keselamatan yang tinggi, dilengkapi berbagai fitur keamanan aktif dan pasif.[7]

Sorotan utamanya adalah fitur Driving Assistance and Safety Systems. Salah satunya, Blind Spot Assist (BSA) yang membantu mengurangi risiko tabrakan.

Ada pula Active Brake Assist, Cruise Control, TPMS, kamera mundur, Active Parking Assist, dan masih banyak lainnya.

Dengan fitur-fitur keamanan yang canggih tadi, Mercedes ingin memastikan pengalaman berkendara Anda selalu aman dan nyaman.

Harga

Berdasarkan info resmi terbaru, harga Mercedes Benz GLA 200 on the road saat ini sekitar 975 jutaan. Harga dapat bervariasi tergantung wilayah dan promo yang sedang berlangsung.

Tersedia tiga pilihan warna menarik untuk memenuhi selera Anda. Selain itu, ada pula berbagai aksesori resmi yang bisa ditambahkan sesuai kebutuhan.

Jadi, apakah Anda tertarik membawanya pulang? Jika iya, silahkan ajukan kredit Mercedes Benz GLA 200 dari MUF Online Autoshow (MOAS). Dengan MOAS, Anda dapat menikmati berbagai keuntungan seperti bunga rendah, cicilan ringan, proses pengajuannya pun mudah.