NEWS

MINI Countryman: Si SUV Wajah Klasik Fitur Modern

MINI Countryman: Si SUV Wajah Klasik Fitur Modern MINI Countryman: Si SUV Wajah Klasik Fitur Modern

MINI Countryman 2024 adalah SUV kompak yang menghadirkan perpaduan sempurna antara gaya, performa, dan kepraktisan.

Desain ikonik MINI yang tak lekang oleh waktu berpadu dengan mesin bertenaga dan teknologi canggih, menjadikannya pilihan menarik, lebih dari sekadar alat transportasi.

Seperti apa keistimewaan compact SUV ini? Simak review MINI Countryman dari spesifikasi, performa, desain, hingga fiturnya.

Spesifikasi

Spesifikasi MINI Countryman hadir dalam 3 varian dengan 1 mesin berkapasitas 1,5L dan 2 mesin berkapasitas 2,0L.

Varian MINI Cooper Countryman paling terjangkau dengan mesin Twin Turbo berkapasitas 1.499 cc dengan 3 silinder, 12 katup. Daya maksimal mencapai 136 PS dengan torsi 220 Nm.

Varian MINI Cooper S Countryman dan MINI John Cooper Works Countryman sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.998 cc. Tapi, keluaran daya dan torsi maksimalnya berbeda, yaitu 192 vs 306 PS dan 280 vs 450 Nm.

Spesifikasi

Cooper

Cooper S

John Cooper

Mesin

Twin Turbo 1.5L

Twin Turbo 2.0L

Twin Turbo 2.0L

Daya mesin (PS)

136

192

306

Torsi mesin (Nm)

220

280

450

Transmisi

Steptronic 7-percepatan

Steptronic 7-percepatan

Steptronic 8-percepatan

Khusus MINI Countryman Indonesia menggunakan transmisi Steptronic 7-percepatan (8-percepatan untuk varian John Cooper). Ada mode berkendara Green, Mid, Sport sebagai pilihan yang bisa kamu coba sesuai preferensi berkendara.

Performa

Performa MINI Countryman di atas rata-rata crossover dengan akselerasi yang hebat.

Penggunaan mesin turbo memberikan peningkatan performa yang luar biasa. Tambah transmisi Steptronic yang responsif, akselerasi 0-100 km MINI Cooper Countryman bisa mencapai 9,5 detik. Bahkan, varian tertinggi tembus di bawah 6 detik.

Tak hanya itu, crossover kompak ini juga dapat Anda pacu hingga di atas 200 km/jam. Bahkan, untuk varian John Cooper, kecepatan maksimumnya tembus 250 km/jam. Sangat impresif untuk ukuran sebuah crossover.

Untuk ukuran sebuah SUV, konsumsi BBM MINI Countryman juga tergolong irit. Varian tertinggi hanya butuh sekitar 7,1 liter untuk mencapai jarak 100 km. Bahkan, untuk tipe Cooper S, cukup 6,3 liter saja. Ini berarti rata-rata 1 liter bisa mencapai 15-16 km.

Eksterior

Eksterior MINI Countryman bisa dibilang menggabungkan beberapa konsep: klasik, modern, kompak, dan sporty.

Grill heksagonal dengan desain headlight membulat terasa klasik dan ikonik khas MINI. Begitu juga dengan bonnet stripes di kap mesin dan tail light beraksen Union Jack, selain menambah sporty, juga memberikan sentuhan klasik.

Sentuhan unsur modernnya nampak dari pemakaian pencahayaan LED, warna Piano Black yang tegas, serta bodi yang lebih “kekar: dari generasi sebelumnya. Aksen honeycomb pada bagian grill dan side scuttle juga membuatnya tampak lebih kekinian.

Di atas terdapat rail roof dan panoramic sunroof, sedangkan di bawah, ground clearance 165 cm. Kedua hal ini membuatnya tampak cukup kompak, walaupun secara dimensi, MINI Countryman generasi terbaru ini lebih “bengkak” dari sebelumnya.

Velg alloy plus fender yang besar, tail pipe ganda,  dan desain rear spoiler baru memberikan nuansa sporty. Apalagi varian John Cooper Works (JCW) yang memiliki body kit aerodinamis, emblem All-4D serta alloy wheel dan tailpipe yang lebih besar.

Interior

Interior Mini Countryman memancarkan kesan yang modern, menyenangkan, dan lega. Khusus JCW, tentu lebih mewah.

Dasbor terasa kecanggihannya dengan MINI Visual Boost 8.8” dan 5.0 Digital Instrument Cluster. Visual Boost menggunakan layar sentuh yang terintegrasi dengan berbagai fitur kendaraan.

Khusus JCW, terdapat head up display dengan kontras tinggi yang sangat informatif dan fungsional.

Selanjutnya, kemudi berbalut Nappa leather premium yang memberikan sensasi menyenangkan. Kesan menyenangkan lain juga terasa dari toggle switch yang membuat pengaturan iklim kabin dan kecepatan jadi lebih mudah.

Jok bergaya semi-bucket yang sporty dengan lapisan leather berjahit rapi makin menambah kesan mewah. Lebih lagi varian JCW yang menggunakan kombinasi Dinamica/Leather.

Fitur Keamanan

Mini Countryman sudah dibekali dengan beragam fitur keselamatan.

SUV kompak ini sudah memiliki sistem kontrol pengereman, stabilitas, hingga cruise control dengan fitur pengereman. Selain itu, sensor parkir dan kamera belakang untuk mencegah terjadinya benturan yang tidak diinginkan.

Fitur lain yaitu adanya sistem pengecekan mesin dan tekanan ban. Kemudian, terdapat sistem door sensing yang memberikan peringatan saat pintu berisiko terbuka pada kecepatan tinggi.

Untuk fitur pasifnya, ada 6 airbag di bagian depan dan samping yang memberikan perlindungan jika terjadi kecelakaan.

Harga

Harga Mini Countryman mulai dari kisaran Rp800 jutaan untuk varian MINI Cooper, hingga Rp1,5 miliar untuk varian John Cooper Works.

Dengan keunikan dan keistimewaan SUV kompak ini, harga tersebut terasa worth it, terutama untuk varian JCW.

Mau memiliki crossover ini dengan mudah? Ambil kredit MINI Countryman dari MUF Online Auto Show (MOAS). Cukup dengan Rp16 jutaan per bulan, bisa bawa pulang SUV kompak yang legendaris ini.

Ambil kesempatan mendapatkan berbagai bonus promo dengan langsung menghubungi tim kami sekarang. Miliki Mini Countryman dengan cepat dan mudah, hanya di MOAS.