Dirilis oleh Piaggio Indonesia pada awal September 2023, Motor Moto Guzzi V7 Stone Special Edition membawa peningkatan performa dan desain eksklusif.
Melanjutkan kesuksesan V7 Stone generasi terakhir yang meluncur tahun 2021, varian spesial ini menawarkan sentuhan unik namun tetap autentik.
Sebagai salah satu model paling laris secara global dari pabrikan Italia,[1] apa yang kali ini coba mereka tawarkan? Berikut ulasan lengkapnya.
Spesifikasi Moto Guzzi V7 Stone Special terbilang mengesankan dibandingkan dengan model standar.
Motor ini menggendong mesin 850 cc dengan konfigurasi 90-degree V-twin yang terpasang melintang, sebagaimana ciri khas Moto Guzzi.[2]
Akan tetapi, pada edisi spesial, V7 Stone mendapat peningkatan performa sebesar 1,5 HP menjadi 66,5 HP dan torsi maksimum di angka 75 Nm.
Peningkatan tersebut terjadi berkat rancangan sistem knalpot Arrow dan tailpipe Moto Guzzi khusus untuk edisi spesial ini.
Untuk menyalurkan output-nya, pabrikan Italia menyematkan transmisi manual 6-percepatan melalui penggerak poros (shaft drive).
Kombinasi ini membuat performa terasa lebih bertenaga, tetapi dengan suara yang tetap kalem.
Spesifikasi |
V7 Stone |
Tipe Mesin |
90° V-twin, 2 katup per silinder |
Isi silinder (cc) |
853 |
Daya Maksimum (kW) |
48,5 |
Torsi Maksimum (Nm) |
73 |
Dari sisi performa, tarikan motor terasa lembut dan responsif, bahkan ketika baru masuk gigi kedua.
Itulah mengapa meski bukan tergolong motor sport, akselerasi Moto Guzzi V7 Stone edisi khusus mencapai 5,46 detik dari 0 sampai 100 kpj.[3]
Sementara itu, top speed Moto Guzzi V7 Stone diperkirakan sekitar 175 kpj.[4]
Pada saat memutar tuas gas, getaran khas mesin V-Twin transversal juga terasa kuat. Hal ini memberikan sensasi berkendara yang unik bagi pengemudi.
Menariknya, efisiensi bahan bakar V7 Stone cukup irit. Konsumsi bahan bakar rata-ratanya 20,4 kmpl untuk penggunaan kombinasi.[5]
Artinya, dengan kapasitas tangki 21 liter, Anda bisa mengajak V7 Stone menjelajah jarak yang cukup jauh sebelum mengisi bensin kembali.
Secara keseluruhan, performa barusan menjadikannya pilihan solid bagi pengendara yang mendambakan motor klasik dengan performa agresif.
Performa |
V7 Stone |
Akselerasi 0-100 kpj (detik) |
5,46 |
Top speed (kpj) |
±175 |
Konsumsi rata-rata BBM (kpl) |
20,4 |
Kapasitas tangki (liter) |
21 |
Soal desain, Moto Guzzi mengusung gaya klasik khas cruiser Eropa. Warna khusus pada edisi spesial ini adalah Shining Black.
Warna hitam berkilau tersebut memberikan nuansa berbeda dari varian reguler yang umumnya menggunakan warna matte.
Salah satu detail pembedanya adalah tanda “Special Edition” di bagian stang dan tutup tangki.
Aksen merah pada bagian tangki, head mesin, box aki, serta suspensi belakang turut menambah kesan sporty. Sementara itu, elemen lainnya tetap bernuansa gelap.
Di luar itu, desainnya tidak terlalu banyak berubah, termasuk penggunaan panel instrumen digital bergaya klasik.
Bergeser ke bagian lainnya, jok bergaya cafe racer terlihat menawan dengan ukuran dudukan belakang yang lebih kecil. Meski begitu, motor ini dilengkapi footstep belakang untuk kenyamanan penumpang.
Sementara pada rodanya tersemat velg berukuran 18 inci (depan) dan 17 inci (belakang). Penggunaan ban Michelin menambah kesan premium pada motor ini.
Dimensi |
V7 Stone |
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
2.303 x 800 x 1.115 |
Wheelbase (mm) |
1.450 |
Ground Clearance (mm) |
150 |
Tinggi Tempat Duduk (mm) |
780 |
Selanjutnya, mari bahas bagaimana kenyamanan berkendara Anda pada saat menunggangi Moto Guzzi V7 Stone Indonesia edisi spesial ini.
Secara mengejutkan, dengan berat sekitar 218 kg, ternyata sensasi berkendaranya terasa ringan dan mudah dikendalikan.
Jok bergaya cafe racer tadi memang terlihat kecil, tetapi cukup nyaman untuk diduduki karena materialnya empuk.
Posisi duduk tegak dengan setang yang ergonomis juga sangat pas untuk perjalanan jarak menengah hingga jauh. Apalagi kedua kaki bisa menapak dengan baik ke tanah karena tinggi tempat duduknya cuma sekitar 78 mm.
Semua kenyamanan tersebut turut didukung oleh suspensi sesuai dengan karakter motor retro-performa. Konfigurasi ini nyaman untuk jalan aspal mulus dengan kecepatan sedang.
Kemudian untuk pengereman, Moto Guzzi menggunakan kaliper 4 piston Brembo, dan belakang 2 piston. Pengereman pun terasa pakem, tetap smooth, dan nyaman untuk kebutuhan riding.
Review Moto Guzzi V7 Stone di atas menunjukkan bahwa motor ini memang menawarkan banyak kelebihan yang layak dipertimbangkan, seperti:
Harga Moto Guzzi V7 Stone Special Edition di pasar Indonesia saat ini mulai Rp530 jutaan untuk OTR Jakarta.
Wajar jika angkanya lebih tinggi ketimbang versi reguler karena merek Italia menambahkan nilai performa dan eksklusivitas.
Intinya, V7 Stone edisi khusus ini akan menawarkan pengalaman berkendara yang unik bagi para penggemar motor cruiser bergaya retro-modern.
Jika Anda tertarik memilikinya untuk koleksi atau touring, jangan lewatkan penawaran kredit Moto Guzzi V7 Stone dari MUF Online Autoshow (MOAS)!