NEWS

New Citroën C3: SUV Kompak untuk yang Berani Beda

New Citroën C3: SUV Kompak untuk yang Berani Beda New Citroën C3: SUV Kompak untuk yang Berani Beda

Mengusung tagline “Dare to be Different”, New Citroën C3 seolah menantang masyarakat urban untuk berani tampil beda.

Dengan pilihan kustomisasi yang bebas dan bervariasi, Citroën memberikan kanal bagi para pecinta otomotif untuk mengekspresikan dirinya.

Tentunya, bukan cuma desain, tapi banyak keunggulan lain yang membuat mobil ini cocok untuk Anda gunakan di lingkungan perkotaan.

Simak review New Citroën C3 yang mengulas spesifikasi, performa, desain, dan fitur berikut untuk lebih lengkapnya.

Spesifikasi

Spesifikasi New Citroën C3 menggunakan mesin PureTech 82, 1.2L, 3 silinder.

Berbeda dengan versi sebelumnya yang memiliki 3 varian mesin bensin dan 2 varian mesin diesel, New Citroën C3 2023 hanya memiliki 2 varian mesin bensin. Keduanya yaitu mesin PureTech 82 dan PureTech 110 Turbocharged.

Untuk New Citroën C3 Indonesia, mesin yang digunakan adalah PureTech 82 yang mampu mengeluarkan daya maksimal 82 PS dan torsi 115 Nm.

Spesifikasi Mesin

C3

Tipe

PureTech 1.2L, 3 silinder,

Isi Silinder (cc)

1.198

Daya Maksimum (PS/rpm)

82/5.75

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

115/3.750

Selain itu, C3 Indonesia juga hanya memiliki 1 variasi transmisi, yaitu manual 5 percepatan (MT).

Mungkin karena ini pertama kalinya merek Citroën kembali ke Indonesia sejak 1994. Karena itu, spesifikasi yang mereka sediakan masih terbatas dan terpilih yang paling mungkin diterima pasar Indonesia.

Performa

Citroën C3 Indonesia 2023 memiliki performa yang cukup untuk fun to drive.

Citroën agaknya memang memposisikan crossover hatchback nya ini sebagai mobil yang fun to drive untuk pasar Indonesia.

Untuk tujuan tersebut, Citroën C3 Indonesia jelas berhasil. Suspensi yang empuk dengan transmisi yang lembut dan kemudi tilt & telescopic jelas memberikan pengendalian yang menyenangkan.

Namun, dengan hanya menghadirkan versi PureTech 82, performa C3 Indonesia ini jadi lumayan, bukan fenomenal.

Akselerasi 0 - 100 km/jam Citroën C3 Indonesia dengan mesin 82 PS butuh waktu sekitar 12,5 - 13,3 detik. Sedangkan top speed-nya mencapai 169 km/jam.

Bandingkan dengan versi mesin PureTech Turbo 110 yang mampu mencatatkan waktu 9,4 detik dan 198 km/jam untuk kategori yang sama.

Meski demikian, konsumsi BBM Citroën C3 yang irit bisa jadi nilai tambah. SUV kompak ini mampu mencatatkan angka hingga hampir 20 km per liter BBM.

Performa

C3

Akselerasi 0-100 km/jam (detik)

12,5-13,3

Top speed (km/jam)

169

Konsumsi BBM (km/liter)

19,8

Kapasitas tangki (liter)

30

Eksterior

Eksterior Citroën C3 berkesan sporty, dinamis, dan unik. Desainnya memenangkan penghargaan World Urban Car 2023, di New York.

Fasad depan cukup intimidatif dengan grill besar dan logo Citroën yang bersambungan. Desain LED dengan DRL dan fog lamp juga unik, apalagi dengan variasi warna yang bisa di-custom.

Fasia belakang juga cukup menarik dengan elemen spoiler dan rear combination lamp yang memberikan efek 3D.

Hal yang menarik, Citroën C3 memiliki 9 pilihan warna eksterior dengan 3 warna atap yang dapat dikombinasikan sesuai selera. Keunikan tersebut menciptakan kesan personalisasi dan variasi yang menjadi nilai tambah utama dari C3 ini.

Selain itu, pada kaca spion depan terdapat Connected CAM HD yang berguna merekam kejadian di jalan atau jika terjadi kecelakaan.

Interior

Lega dan nyaman menjadi nilai tambah dari interior compact SUV 5 seater ini.

Sebagai compact SUV 5-seater, dimensi mobil ini cukup melegakan. Selain itu, ground clearance juga tergolong cukup tinggi, mencapai 180 mm.

Dimensi

C3

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

3.981 x 1.733 x 1.586

Ground Clearance (mm)

180

Jarak Poros Roda (mm)

2.540

 

Kabinnya terasa luas dengan banyak ruang penyimpanan. Bagasinya bahkan mencapai 315 L. Selain itu, interiornya juga bisa diatur dual tone sehingga lebih dinamis dan modern.

Dasbornya berkesan sporty. Terasa canggih dengan head unit 10” yang mendukung Apple CarPlay dan Android Auto untuk navigasi, pesan, telepon, hingga kamera belakang.

Selain itu, mobil ini juga memiliki fitur AC otomatis, Engine Start Stop Button, sistem audio yang berkualitas.

Fitur Keamanan

Untuk ukuran compact SUV Rp200 juta-an, fitur safety dan comfortability Citroën C3 sangat mumpuni.

C3 sudah dilengkapi dengan sistem ABS (anti lock braking system) dan pendukungnya. SUV ini memiliki dual airbag yang melindungi pengemudi maupun penumpang.

Selain itu, terdapat kamera belakang, parking sensor dan crash sensor untuk mencegah tabrakan terjadi sejak dini.

Tentu saja alarm dan immobilizer juga sudah terpasang secara bawaan.

Harga

Harga Citroën C3 di Indonesia dibanderol mulai Rp225 juta. Bisa berbeda jika Anda memilih variasi warna dual tone dan kustomisasi tampilan lainnya. Angka ini tergolong murah untuk brand SUV compact yang prestigious asal Eropa.

Untuk Anda yang tinggal di kota, memiliki jiwa dinamis, ingin tampil beda dan tetap nyaman serta seru saat berkendara, SUV ini jelas cocok.

Dapatkan cicilan kredit Citroën C3 mulai dari Rp4 juta-an hanya melalui MOAS (MUF Online Auto Show). Ajukan pembiayaan Anda secara online segera karena Citroën C3 hanya tersedia melalui skema Pre-Order. Jangan tunggu lagi atau waktu indent-nya bakal lebih lama.

< Kembali