NEWS

Nissan Serena, Minivan Terbaik Favorit Keluarga Indonesia

Nissan Serena, Minivan Terbaik Favorit Keluarga Indonesia Nissan Serena, Minivan Terbaik Favorit Keluarga Indonesia

All New Nissan Serena masuk ke Indonesia pada 2019 setelah sebelumnya dipamerkan di Jepang. Sejak peluncurannya, mobil garapan Nissan ini telah meraih penghargaan medium van terbaik tahun 2020.

Di segmen mobil keluarga, Serena memang salah satu yang terlaris di Tanah Air. Selain harganya terjangkau, kenyamanan kabin menjadi faktor yang ditonjolkan.

Beberapa teknologi baru turut hadir pada All New Serena. Sebagai contoh foot sensor untuk pintu samping. Fitur ini dinilai sangat fungsional oleh konsumen.

Desain eksterior dan interiornya pun menawan, serta dibekali juga dengan mesin yang bertenaga. Lebih lengkapnya, berikut Nissan Serena 2020 review.

Spesifikasi

All New Serena masih mendapat suntikan mesin yang sama dengan generasi terdahulu yakni MR20 bertipe 4 cylinder DOHC.

Dari sisi dapur pacu, tampaknya Nissan belum melihat kebutuhan mendesak untuk peningkatan.

Mesin petrol berkapasitas 2L tersebut mampu memuntahkan daya hingga 150 PS dan torsi 199 kgm.

Ditambah, penyaluran tenaganya begitu efisien dan mulus berkat transmisi pintar CVT yang berkombinasi dengan ECO-driving.

Secara umum, spesifikasi ini sudah sangat mumpuni untuk penggunaan sehari-hari, baik dalam maupun luar kota.

Penjelasan bab performa mungkin membuat Anda paham mengapa mesin MR20 masih relevan untuk All New Serena.

Spesifikasi

All New Serena

Tipe Mesin

MR20 4 cylinder DOHC

Isi Silinder (cc)

1.997

Daya Maksimum (HP/rpm)

150/6000

Torsi Maksimum (kgm/rpm)

199/4400

Performa

Mobil keluarga tidak butuh tenaga sebesar SUV sebab Anda mungkin hanya akan memacunya di jalan raya. Jadi, tidak perlu mencemaskan soal mesin.

MR20 sendiri sudah terbukti ketangguhannya selama bertahun-tahun. Transmisi CVT sangat membantu mengefisienkan perpindahan gigi pada saat berakselerasi.

Catatan akselerasi mobil Nissan Serena dari 0-100 kpj memakan waktu 15 detik. Top speed-nya mencapai 165 kpj, yang mana sama sekali tidak mengecewakan.

Selanjutnya, mengenai penggunaan bahan bakar banyak yang bilang Serena boros. Kabar baiknya, PT NMI mengatakan ada perubahan.

Saat ini mesin All New Nissan sudah sesuai standar Euro 4. Dari hasil pengujian rute campuran, konsumsi BBM Nissan Serena yaitu 16,1 km/liter.

Apakah itu termasuk irit? Ya, Serena 7-seater sudah semakin efisien. Jika penggunaan BBM menjadi pertimbangan Anda, berarti ini pertanda baik.

“Dengan kapasitas tangki 60 liter, jika Anda mengisi penuh berarti dapat menempuh lebih dari 950 km. Cocok untuk kendaraan mudik.”

Performa

All New Serena

Akselerasi 1-100 km/jam (detik)

15

Konsumsi BBM (km/liter)

16,1

Kapasitas tangki (liter)

60

Eksterior

Dimensi Nissan Serena termasuk paling besar di antara pengisi segmen MPV. Panjangnya 4.700 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 1.865 mm.

“Pembaruan paling kentara pada All New Serena yakni pengaplikasian bahasa desain V-Motion.”

Sebagai penyeimbang, bagian depan dan belakang dilengkapi suspensi dengan stabilizer. Jadi, ketika terjadi goncangan penumpang tetap merasa nyaman.

Pembeda dari Serena 2015 yaitu desain grill dan bumper. Keduanya menggunakan desain 2.0 HWS.

Pembaruan lain di bagian depan yaitu headlamp bertipe LED Projector serta fog lamp. Kali ini lampu depan memiliki fungsi yang lebih canggih.

Bergeser ke samping, Serena punya lima buah pintu dengan panjang sumbu roda 2.860 mm. Seperti disebutkan di awal, pintu geser dilengkapi kick sensor.

Tampilan samping semakin menawan dengan velg ukuran 16 inci bergaya sporty dua warna.

Untuk sisi belakang, lampu LED-nya juga sudah menggunakan desain 2.0 HWS serta terdapat roof spoiler. Simpel, namun elegan.

Eksterior

All New Serena

Panjang x Lebar x Tinggi (mm)

4.770 x 1.740 x 1.865

Jarak Poros Roda (mm)

2.860

Ground Clearance (mm)

160

Interior

Berikutnya masuk ke interior Nissan Serena yang berkapasitas tujuh penumpang. Kenyamanan kabin untuk pengemudi dan penumpang menjadi poin utama.

Pada dasbor Anda akan melihat layar interaktif 7 inci yang dapat Anda hubungkan dengan smartphone untuk berbagai kebutuhan.

Segala fungsi di area depan sangat fungsional dan memudahkan pengemudi. Terdapat tombol Start/Stop mesin, pengaktifan mode ECO, cruise control, dll.

Salah satu sorotan fiturnya yaitu monitor cerdas untuk parkir dan melihat keadaan sekeliling.

Kemudian pada baris kedua dan ketiga, tempat duduknya menggunakan seat slide dan long slide. Jadi, kalau penumpang tidak penuh, area belakang bisa jadi bagasi.

Sistem hiburannya berupa layar LCD di atap berukuran 11 inci agar dapat terlihat oleh semua penumpang.

Kelengkapan fitur lainnya meliputi speaker, lubang USB charging, armrest, cup holder, dan sebagainya sebagai penunjang aktivitas Anda.

Kulit kursinya pun terbuat dari material berkualitas dan lembut. Itu tentu menambah kenyamanan selama perjalanan.

Fitur Keamanan

Review terakhir dari fitur pendukung keamanan dan keselamatan. Pertama, Anda mendapat teknologi pengereman mumpuni dengan ABS, EBD dan BA.

Tidak ketinggalan VDC untuk menstabilkan kontrol kendaraan melalui sensor yang tertanam di dalam Nissan Serena 2020.

Kursi di setiap baris juga mendapat sabuk pengaman 3-point ELR. Lalu posisi airbag tersebar di semua area pengemudi dan penumpang.

Baris depan mendapat front, side dan curtain airbag, sedangkan baris kedua dan ketiga hanya curtain airbag.

Harga

Harga Nissan Serena sekarang 530 jutaan dengan garansi resmi tiga tahun. Anda mungkin penawaran harga yang berbeda di dealer setiap daerah. Untuk harga bekasnya kemungkinan lebih murah sekitar 20%.

Jika ingin mendapat cicilan ringan, ajukan pembelian Nissan Serena melalui MOAS (MUF Online Autoshow). Bunga kredit mobil baru 2,99%, tersedia pula pembelian dengan pembiayaan syariah.

< Kembali