NEWS

NMAX Turbo dan NMAX Neo: Teknologi Baru Keluarga Maxi

NMAX Turbo dan NMAX Neo: Teknologi Baru Keluarga Maxi NMAX Turbo dan NMAX Neo: Teknologi Baru Keluarga Maxi

Yamaha kembali meramaikan pasar Indonesia dengan memperkenalkan varian terbaru keluarga Maxi, yaitu NMAX Turbo dan NMAX Neo.

Peluncuran dua varian Yamaha NMAX ini menjadi angin segar bagi para pecinta motor matic yang mendambakan performa dan fitur canggih dengan harga yang kompetitif.

Apa yang baru dari kedua varian ini?

Artikel ini akan mengulas varian All New NMAX Turbo & Neo yang baru meluncur, terutama dari sisi spesifikasi, performa, desain, dan fiturnya.

Spesifikasi

Spesifikasi Nmax Turbo menggunakan mesin yang sama dengan Nmax Neo, tapi dengan transmisi yang diperbarui untuk mendapatkan sensasi turbo.

Mesin pada varian Nmax Neo dan Turbo menggunakan Blue Core 155cc generasi terbaru yang memberikan daya sama besar dengan generasi sebelumnya, tapi torsi lebih kuat.

Daya maksimal tetap di 11,3 kW, tapi torsinya naik dari 13,9 Nm ke 14,2 Nm. Peningkatan torsi maksimal ini tentu saja membuat performa Nmax Neo dan Turbo lebih kencang dari sebelumnya.

Spesifikasi

Turbo

Neo

Mesin

155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT

155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC

Daya maksimum (kW)

11,3

11,3

Torsi maksimum (Nm)

14,2

14,2

Transmisi

YECVT

V-Belt

Khusus Nmax Turbo, tak lagi menggunakan roller untuk mengatur posisi puli utama. Sebagai gantinya, Yamaha menempatkan modul motor listrik untuk menggerakkan dan mengatur rasio putaran puli.

Ini menyelesaikan masalah yang sering muncul dari penggunaan roller yang memanfaatkan gaya sentrifugal.

Roller berat memberikan akselerasi yang kencang, tapi menurunkan potensi kecepatan maksimum. Sebaliknya, roller ringan membuat akselerasi berkurang, tapi kecepatan maksimumnya dapat lebih tinggi.

Dengan pengaturan secara elektronik, akselerasi maupun kecepatan maksimum dapat terdorong seoptimal mungkin sehingga seolah Anda merasakan sensasi turbo.

Yamaha menyebutnya sebagai YECVT atau Yamaha Electric Continuously Variable Transmission. Kontrolnya lewat tombol Y-Shift dengan mode T-mode dan S-mode.

Fitur ini hanya ada mulai varian Turbo ke atas. Untuk varian Nmax Neo S dan Neo belum tersemat.

Performa

Nmax Turbo 155 menjanjikan performa yang lebih baik, meskipun secara angka kurang signifikan.

Secara teori, seharusnya varian baru Nmax dengan sensasi turbo ini mampu memberikan performa yang optimal di putaran rendah maupun tinggi.

Hasil pengujian sesuai dengan perkiraan. Akselerasi 0-100 m dan 0-200 m menunjukkan peningkatan dari 7,43 ke 7,2 detik, serta dari 11,93 ke 11,56 detik. Capaian kecepatan di 200 m pun naik dari sebelumnya 86 km/jam ke 90 km/jam.

Tak berhenti sampai situ, pengujian di jalur tanjakan juga menunjukkan peningkatan performa. Pada kemiringan 100, untuk jalur 150 m, Nmax Turbo mencatatkan waktu 11,73 detik dari non-Turbo 12,33 detik. Capaian kecepatan di 150 m  juga naik dari 56 ke 60 km/jam.

Desain

Yamaha Nmax Turbo 2024 hadir dengan desain yang lebih agresif, futuristik, dan mewah.

Desain lampu depan baru dengan dua LED proyektor memberikan kesan tajam dan futuristik. Lampu sein yang sebelumnya menempel dengan bodi kini terletak di sisi headlight.

Sisi belakang juga terlihat lebih segar dan agresif. Tail light kini terpisah dari lampu sein yang berada di bawahnya, memberikan sentuhan yang lebih futuristik.

Sisi samping NMAX Turbo menampilkan garis-garis tegas. Ada beberapa aksen yang berbeda dari generasi Nmax ABS Connected sebelumnya seperti lekukan yang lebih besar, white spot, serta pijakan kaki yang lebih panjang.

Varian Turbo memiliki aksen emas di sisi samping. Mulai dari varian Tech Max, jok terasa lebih eksklusif dengan jahitan yang juga berwarna emas dan emblem Tech Max yang elegan.

Secara keseluruhan, desain Nmax Turbo 2024 memancarkan aura sporty, futuristik, dan mewah yang membuatnya berbeda dari Nmax versi sebelumnya.

Fitur

Nmax Turbo Indonesia dilengkapi dengan sederet fitur yang fungsional, baik untuk meningkatkan performa maupun kenyamanan.

Untuk peningkatan performa, terdapat Turbo Riding Mode dan Y-Shift Mode yang sangat berguna saat di tanjakan, turunan, ataupun menyalip kendaraan di depan.

Untuk kenyamanan, terdapat dasbor digital dengan layar TFT dan MID yang terkoneksi dengan Y-Connect. Electric Power Outlet, Stop Start System dan Keyless juga memberikan tambahan kenyamanan dan keamanan.

Kemudian, ada ABS dual channel dan sistem kontrol traksi yang memberikan kestabilan saat di tikungan atau kondisi jalan yang tidak rata.

Ban yang lebih lebar dan rear subtank suspension juga memberikan stabilitas tambahan saat bermanuver. Ada juga performance damper, sayangnya ini bersifat aksesoris yang terpisah.

Harga

Harga Nmax Turbo dan Nmax Neo berbeda sesuai varian. Rentangnya  mulai dari Rp32 juta-an untuk varian Neo, hingga Rp42 juta-an untuk varian tertinggi, Turbo Tech Max Ultimate.

Perbedaan ini karena dari sisi desain dan fitur juga berbeda. Fitur ini hanya ada mulai varian Turbo ke atas. Untuk varian Nmax Neo S dan Neo belum tersemat.

Fitur

Neo

Neo S

Turbo

Turbo Tech Max

Turbo Tech Max Ultimate

Stop Start System

Electric Power Outlet

Y-Connect

Smart Key System

-

YECVT

-

-

Dual channel ABS

-

-

Special Seat

-

-

-

Special TFT navigation  dan MID

-

-

-

Performance Damper

-

-

-

-

Tertarik memiliki keluarga baru Nmax ini? Gunakan fasilitas kredit Yamaha Nmax Turbo dan Neo dari MUF Online Auto Show (MOAS) untuk proses yang mudah dan cepat. Nikmati teknologi baru Yamaha Nmax Turbo yang membuat Anda semakin jauh di depan.

< Kembali