Jika Anda mencari motor listrik premium dengan desain sporty, Rakata NX8 mungkin satu-satunya model yang tersedia di pasaran. Motor ini adalah sebuah naked bike dengan sentuhan retro modern yang dirilis pada 2022 lalu oleh PT Artha Rakata Indonesia.[1]
Meskipun terbilang murah di kelasnya, kualitas dan fitur yang mereka tawarkan tergolong solid. Penasaran? Langsung saja simak lebih lanjut review Rakata NX8 berikut ini.

Sumber tenaga motor ini berasal dari dinamo BLDC (Brushless Direct Current) bertenaga 2.000 Watt. Posisinya terpasang menyatu pada hub roda belakang.
Untuk mendukung kepraktisan berkendara, NX8 menggunakan transmisi otomatis dengan mode start elektrik. Kemudian, tenaganya disokong oleh baterai jenis Lithium-ion sebesar 72V 50Ah, yang menawarkan jarak tempuh cukup jauh.
Satu hal yang menarik adalah Rakata Motorcycle mengklaim baterai dari produk-produk mereka merupakan buatan lokal. Hal ini tentu turut menekan harga jualnya di pasaran.[2]
Namun, pengisian daya dari kosong hingga penuh mungkin butuh waktu agak lama karena belum mendukung fitur fast charging.
Berikut ringkasan spesifikasi Rakata NX8:
|
Spesifikasi |
NX8 |
|
Tipe Motor Listrik |
BLDC Rear Motor |
|
Daya Maksimum Motor (Watt) |
2.000 |
|
Tipe Baterai |
Lithium-ion |
|
Kapasitas Baterai |
72V 50Ah |

NX8 memiliki tiga mode berkendara, yaitu Eco, Normal, dan Sport. Akselerasinya instan, yang memang menjadi ciri khas dari sebuah motor listrik.
Berdasarkan klaim salah satu media, akselerasi dari 0 ke 60 kpj NX8 tercatat hanya butuh waktu sekitar 6,5 detik.[3]
Sementara itu, top speed Rakata NX8 mampu menembus angka 80-85 kpj.[4] Bahkan dalam sebuah pengujian, kecepatannya bisa mencapai 90 kpj saat menggunakan mode Sport.[5]
Selain itu, kemampuan menanjaknya pun terbilang baik. Pabrikan mengklaim NX8 sanggup melibas tanjakan hingga 30 derajat.
Selanjutnya, hal terpenting dari sebuah motor listrik adalah jarak tempuhnya. Dalam kondisi baterai penuh, motor ini dapat menempuh hingga 100-110 km. Proses pengisian dayanya sendiri memakan waktu 6-8 jam melalui adaptor di bawah jok.[6]
|
Performa |
NX8 |
|
Akselerasi 0-60 (kpj) |
6,5 |
|
Top speed (kpj) |
80-85 |
|
Jarak Penggunaan Baterai (km) |
100 |
|
Durasi Charging (jam) |
6-8 |

Seperti yang sudah dikatakan di awal, molis Rakata NX8 mengusung konsep naked bike touring yang langka di pasar motor listrik Indonesia. Pendekatan desain ini menunjukkan karakter yang benar-benar berbeda dari kompetitor.
Pada bagian depan, terdapat lampu utama LED berbentuk bulat bergaya retro klasik Jepang berpadu dengan windshield tinggi dan spakbor yang sporty.[7]
Kemudian di bagian tengah, Anda akan menemukan setang model naked yang kokoh. Semua informasi berkendara juga ditampilkan dengan jelas melalui layar LCD digital yang modern.

Uniknya, area mirip tangki bensin yang berada di tengah ternyata berfungsi sebagai kompartemen untuk menyimpan charger atau barang bawaan lainnya.
Lalu di area buritan, joknya menggunakan model terpisah, lengkap dengan behel untuk pembonceng. Menariknya lagi, ada dua komponen plastik menyerupai knalpot di bagian bawah untuk mempermanis tampilan layaknya motor sport.
Motor ini juga sudah memakai ban tubeless dari IRC berukuran 110/70 ring 17 di depan dan 140/70 ring 17 di belakang. Sementara pilihan warnanya hanya ada dua opsi, yaitu hitam dan putih.

|
Dimensi |
NX8 |
|
Panjang x Lebar x Tinggi (mm) |
2.040 x 815 |
|
Wheelbase (mm) |
1.040 |
|
Ground Clearance (mm) |
165 |
|
Velg (inci) |
17 |

Ini merupakan pengalaman berkendara dari hasil test ride Rakata NX8.
Pertama, posisi duduk terasa ergonomis.[8] Posisinya mirip mengendarai motor sport 150cc seperti Yamaha MT-15. setang tegak membuat pengendara tidak cepat lelah saat berkendara jauh.
Jok juga lebar dan empuk, sangat nyaman untuk perjalanan jauh, baik saat berkendara sendiri maupun berboncengan. Kenyamanan ini turut didukung oleh karakter suspensinya yang empuk berkat penggunaan monoshock di belakang. Handling pun jadi lebih stabil.
Untuk sistem pengereman, tuas rem depan ada di setang kanan, sementara tuas rem belakang ada di setang kiri.
Jika Anda terbiasa memegang tuas kopling pada motor konvensional, mungkin perlu ada sedikit penyesuaian di NX8.
Sebagai pelengkap, tersedia pula fitur gigi mundur yang sangat praktis untuk parkir di area sempit.
Setelah menyimak berbagai aspek di atas, mungkin Anda perlu meninjau kembali motor listrik satu ini.
Berikut rangkuman keunggulan utama dari NX8:
Terakhir, harga Rakata NX8 di Indonesia saat ini ada di sekitar Rp54 jutaan. Sayangnya, NX8 tidak termasuk motor listrik yang mendapatkan subsidi pemerintah.
Akan tetapi, untuk sebuah motor listrik premium, harganya tergolong kompetitif karena NX8 bukan termasuk kelas entry-level.
Berbekal semua keunggulan tadi, motor ini jelas menjadi opsi yang sangat menarik di tengah banyaknya kemunculan skuter listrik baru.
Jika Anda tertarik memilikinya, jangan ragu memanfaatkan program kredit Rakata NX8 yang mudah dan cepat di MUF Online Autoshow (MOAS).