NEWS

Review Perbandingan Suzuki NEX II Cross vs Yamaha X Ride 125

Review Perbandingan Suzuki NEX II Cross vs Yamaha X Ride 125 Review Perbandingan Suzuki NEX II Cross vs Yamaha X Ride 125

Pasar sepeda motor matic memang tak pernah sepi. Begitu juga persaingan di antara Suzuki Nex II Cross dengan Yamaha X Ride 125 yang menggiurkan.

Jika Anda sedang berminat untuk membeli motor matic kelas, 2 jagoan ini perlu masuk perhitungan.

Agar semakin yakin, sebelum memilih, silahkan membaca ulasan perbandingan New Yamaha X Ride vs New Suzuki Nex II Cross berikut.

Mulai dari mesin dan performa, desain dan fitur, hingga harga Suzuki Nex II Cros dan Yamaha X Ride 125.

Suzuki NEX II Cross vs Yamaha X Ride 125

Mesin dan Performa

Sama-sama menggunakan mesin 4 tak dengan silinder tunggal dan 2 katup SOH, Nex II Cross memiliki kapasitas silinder yang lebih rendah.

Sementara X Ride menggunakan mesin dengan kapasitas 125 cc, Nex II Cross hanya mengandalkan mesin 113 cc. Di atas kertas, hal ini tentu saja membuat X Ride 125 lebih unggul dari segi performa.

Pada pengujian lab pun, tenaga maksimum dari Nex II Cross hanya mencapai 9,1 PS pada 8000 rpm. Sedikit di bawah X Ride 125 yang mencapai 9,3 pada rpm yang sama.

Sementara dari segi kecepatan maksimal, Yamaha X Ride 125 jauh mengungguli Suzuki Nex II Cross dengan kecepatan 137 km/jam berbanding 110 km/jam.

Tabel Perbandingan Mesin dan Performa Nex II Cros vs X RIde 125

Item

Nex II Cross

X Ride 125

Kapasitas

113

125

Jumlah langkah

4-Stroke

4-Stroke

Jumlah silinder

1

1

Katup Per Silinder

2

2

Konfigurasi Katup

SOHC

SOHC

Sistem pelumasan

Wet Sump

Wet Sump

Tenaga Maksimal

9.2

9.3

Torsi Maksimal

8.7 Nm

9.6 Nm

Kecepatan maksimum

110 km/h

137 km/h

RPM torsi maksimum

9000

5500

RPM Tenaga Maksimum

10500

8000

Meski sama-sama mengandalkan sistem bahan bakar fuel injection, X Ride 125 telah dilengkapi dengan teknologi Blue Core Yamaha. Ini membuat konsumsi bahan bakar X Ride 125 dapat mencapai 49 km/l.

Jauh lebih irit dibandingkan konsumsi bahan bakar Nex II Cross yang hanya mencapai 40 km/l. Meskipun Nex II Cros telah dilengkapi teknologi Suzuki Eco Performance.

Ditambah dengan kapasitas tangki yang mencapai 4,2 liter, X Ride 125 lebih dapat diandalkan untuk perjalanan jarak jauh. Sementara Nex II Cros hanya dilengkapi dengan tangki sebesar 3,6 liter saja.

Dengan demikian, di atas kertas, spesifikasi Suzuki Nex II Cross jelas masih di bawah Yamaha X Ride 125. Begitupun dalam uji coba, performa dari X Ride 125 jelas terasa beda kelasnya dibanding Nex II Cross.

Bisa dianggap bahwa dari segi mesin dan performa, 2 motor ini jelas beda kelas. Sementara X Ride 125 berada di kelas 125cc, Nex II Cross berada di bawahnya pada kelas 115cc.

Desain

Sekilas, desain Suzuki Nex II Cross terlihat lebih garang dibanding Yamaha X Ride 125, terutama berkat side wing yang lebih lebar.

Dimensi Nex II Cross yang berukuran 1.890 x 765 x 1.055 mm memang terlihat lebih panjang dan lebar. Sementara X Ride 125 justru lebih tampak ramping dengan dimensi 1.860 x 740 x 1.070 mm, 15 mm lebih tinggi dibanding Nex II Cross.

Komponen

Nex II Cross

X Ride 125

Panjang

1890 mm

1860 mm

Lebar

765 mm

740 mm

Tinggi

1055 mm

1070 mm

Bobot

94 kg

98 kg

Dari bagian depan, Yamaha terlihat bekerja lebih ekstra dengan menghadirkan desain LED dan Day Running Light menggunakan armored case. Karena itu meski lebih ramping, kesan garang dan kokoh masih tetap terlihat di sini.

Turun ke bawah, kedua motor sama-sama menggunakan ban tubeless dengan dual pattern. Begitu juga dengan sistem pengereman yang menggunakan jenis cakram di bagian depan dan drum di bagian  belakang.

Sementara Nex II Cross lebih menekankan pada desain caliper dan coil suspension yang atraktif, X Ride 125 melengkapi dengan subtank suspension. Ini membuat X Ride 125 lebih bebas dikendarai di berbagai kondisi jalanan.

Di bagian atas, Suzuki terlihat bekerja keras menghadirkan desain naked handlebar dengan dashboard digital.

Sementara X Ride 125 masih menggunakan dashboard konvensional dengan tambahan hazard light pada bawah stangnya.

Yamaha sepertinya membenamkan visi petualang pada motor andalannya. ini. Desain joknya dibuat adventurous dengan beda tone yang tidak terlalu besar, sehingga tidak terlalu melelahkan untuk perjalanan jauh.

Sementara Suzuki lebih memilih desain jok dengan dual tone yang lebih menyenangkan untuk menikmati perjalanan di kawasan urban.

Fitur

Dari segi fitur, Nex II Cross bisa dikatakan kalah jauh dibandingkan X Ride 125. Selain lebih berfokus pada tampilan, hampir bisa dikatakan tidak ada fitur yang terlalu menonjol dari matic andalan Suzuki ini.

Bisa dibilang, selain easy start system, hampir semua yang lain merupakan fitur standar yang bisa didapati pada motor matic kelas berapa pun.

Sedangkan X Ride 125 telah melengkapi diri dengan answer back system  yang dapat menjawab panggilan Anda. Ini termasuk fitur beda yang membuat Anda lebih mudah menemukan lokasi motor saat berada di antara puluhan motor lain di area parkir.

Selain itu, Yamaha X Ride 125 juga dilengkapi dengan bagasi yang lebih luas. Ditambah desain handle dan seat yang mengusung adventurous style, jelas keluaran pabrikan Yamaha ini menawarkan hal yang lebih dibanding saingannya.

Harga

Melihat dari kekurangan dan kelebihannya, mungkin terpikirkan harga Yamaha X Ride 125 akan jauh lebih tinggi dibanding Suzuki Nex II Cross.

Faktanya memang demikian. Harga Suzuki Nex II Cross dibanderol pada kisaran 17,9 juta-an. Sementara harga Yamaha X Ride 125 dibanderol pada kisaran 18,6 juta-an, selisih sekitar 600 ribu-an dibanding kompetitornya.

Kesimpulan

Lalu, di antara Suzuki Nex II Cross vs Yamaha X Ride 125, pilih yang mana?

Well, jika mobilitas Anda lebih banyak pada area urban dan perkotaan, Suzuki Nex II Cross sudah lebih dari mumpuni untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Sedangkan jika mobilitas Anda ditujukan untuk menjelajah area street dan road yang lebih menantang, jelas X Ride 125 lebih diutamakan. Tentunya dengan memperhatikan perbedaan harga antara 2 motor matic tersebut.

Demikian ulasan mengenai perbandingan antara New Yamaha X Ride vs New Suzuki Nex II Cross. Lengkap dari segi mesin, performa, desain, fitur, dan  harganya. Semoga bisa membantu Anda menentukan pilihan terbaik sesuai kebutuhan Anda. Apapun pilihannya, jangan lewatkan berbagai penawaran menarik dan promo kredit motor di MUF Online Autoshow yang dipersembahkan Mandiri Utama Finance.

< Kembali